Sabtu, 11 Januari 2020

Manfaat Kegunaan Rimpang Kunyit untuk Kesehatan


Manfaat Kegunaan Rimpang Kunyit untuk Kesehatan


Kunyit adalah salah satu tanaman rimpang berwarna kuning asli dari wilayah asia tenggara ini selain sebagai bahan pewarna alami makanan ternyata kunyit banyak mengandung banyak khasiat.

Rimpang dari kunyit memiliki banyak efek farmakologis pada manusia. Wanita yang mengalami masalah dengan haid dapat menggunakan kunyit untuk mengatasinya karena, efek farmakologis yang dapat melancarkan darah dan haid. Ia juga akan mengurangi rasa nyeri dan lelah datang bulan. Rimpangnya kunyit adalah antikoagulan alami, yang dapat menghalang pembekuan darah dan mencegah terjadinya thrombosis. Ia juga dapat menurunkan tekanan darah. Antara khasiat lainnya adalah mengobati diare, sakit lambung, asma, usus buntu, dan rematik. Ia juga merupakan analgesik alami karena menghambat Cox-2 yang mencetus rasa nyeri. Kunyit disebut antiinflamasi, karena dapat mengobati arthritis dan rheumatoid arthritis.

Beberapa manfaat kunyit sebagai berikut:

1.sebagai ramuan anti perasan usus

Hal ini merupakan salah satu manfaat kunyit untuk pencernaan, khususnya mengobati radang usus.

2.mengobati asam lambung

kunyit juga bermanfaat untuk melindungi dan melapisi dinding lambung, dengan cara meningkatkan produksi lendir

3.mengurangi gas pada pencernaan Manfaat. kunyit untuk pencernaan yang bermasalah ini, ampuh untuk mengurangi tekanan gas dalam perut. Senyawa kunyit berfungsi mengurangi asam pada perut yang berlebih, yang juga membuat perut menjadi kembung.

4.mengurangi mual

Kandungan phytochemical pada kunyit ini, berfungsi untuk menghadirkan antioksidan di tubuh yang berfungsi memerangi racun sehingga mual Anda bisa diredakan.

5.meredakan diare

Kandungan magnesium dan kalium pada kunyit membantu melawan dehidrasi dan menyeimbangkan cairan tubuh yang terkuras akibat serangan diare.

Cara mengelola kunyit sebagai obat antara lain:

*Mengobati Demam Dengan Kunyit

Siapkan rimpang kunyit 20 gr dan air matang 100 ml. Bersihkan rimpang kunyit, setelah itu diparut. Campur hasil parutan kunyit dengan 100 ml air. Kemudian peras dan saring ampasnya. Air hasil perasan kunyit tadi dapat diminum sebanyak 2 kali dalam sehari.

*Mengobati Diare Dengan Kunyit

Rimpang kunyit yang telah diiris kemudian dicampur dengan satu sendok air kapur sirih. Rebus dan aduk campuran tersebut sampai rata. Setelah mendidih, kemudian didinginkan dan juga saring ampasnya. Minum 3 x sehari sampai sembuh.

*Mengobati Keputihan Dengan Kunyit

Parut kupasan kunyit tua kira-kira sebanyak 15 gram. Campurkan parutan tersebut dengan 150 ml air asam dan juga gula jawa, kemudian aduk semuanya sampai merata. Peras campuran bahan-bahan tersebut kemudian saring ampasnya dan minum setiap hari.

*Mengobati Radang Amandel Dengan Kunyit

Kunyit dengan ukuran kira-kira setengah jari diparut kemudian dicampur dengan 2 sendok air minum. Aduk kedua campuran tersebut dan diperas. Buang ampasnya, kemudian hasil perasan tersebut dicampur dengan 1 buah kuning telur ayam kampung dan juga sedikit air kapur sirih. Aduk ramuan tersebut sampai merata dan minum 1 hingga 2 kali sehari.

*Mengobati Radang GusiDengan Kunyit

Campurkan irisan kunyit sebesar ibu jari orang dwasa dengan 3 potong gambir yang telah diiris kemudian rebus dengan 2 gelas air. Tunggu sampai rebusan mendidih hingga air tersisa sekitar 1 gelas. Air ramuan tersebut digunakan untuk berkumur 3 sampai 4 kali sehari.

*Mengobati Nyeri Haid Dengan Kunyit

Siapkan kunyit dan daun sigading (15 gram), biji pala dan kapulaga (10 gram), jinten hitam, ketumbar dan cengkeh (5 gram). Rebus semua bahan tersebut dengan 3 gelas air. Tunggu sampai mendidih hingga air tersisa sekitar 1 gelas. Saring hasil rebusan tersebut kemudian bagi menjadi tiga untuk diminum pada pagi hari, siang dan juga sore hari.

*Mengobati Perut Mulas pada saat HaidDengan Kunyit

Siapkan 1 rimpang kunyit kira-kira sebesar 4 cm, 1 rimpang jahe kira-kira sebesar 4 cm, 1/2 rimpang kencur kira-kira sebesar 4 cm. Parut semua bahan tersebut, kemudian peras dan ambil air hasil dari perasannya. Hasil perasan tersebut dicampur dengan air perasan jeruk nipis. Setelah itu seduh dengan setengah gelas air yang panas dan kemudian disaring ampasnya.

*Menjaga Kesehatan Kulit Dengan Kunyit

Sediakan rimpang kunyit segar sebanyak 100 gram, air jeruk nipis sebanyak 100 ml, 1,5 sendok makan madu dan juga air secukupnya. Tumbuk kunyit atau haluskan dengan blender. Kunyit yang sudah halus tersebut kemudian diberi campuran madu dan juga air jeruk nipis. Tambahkan air puti secukupnya dan kemudian minum secara teratur 1 hingga 3 kali sehari.

*Mengobati Tifus Dengan Kunyit

Siapkan 2 rimpang kunyit, satu bonggol sere dan 1 lembar daun sambiloto. Semua bahan tersebut dicampur kemudian tumbuk atau blender hingga halus. Peras campuran dari bahan yang sudah dihaluskan tersebut untuk diambil airnya. Perasan ditambah dengan 1 gelas air masak yang masih hangat. Minum ramuan tersebut selama 1 minggu berturut-turut.

*Mengobati DisentriDengan Kunyit

Campurkan irisan rimpang kunyit 1 -- 2 buah, gambir dan juga kapur sirih yang direbus dalam 2 gelas air hingga mendidih dan airnya tersisa tinggal 1 gelas, kemudian angkat. Saring hasil rebusan tersebut untuk diminum 1 hingga 2 kali sehari.

*Memperlancar ASI Dengan Kunyit

Tumbuk 1 buah rimpang kunyit hingga halus kemudian oleskan pada pay*dara sebanyak 1 kali setiap 2 hari sekali.

*Mengobati Cacar AirDengan Kunyit

Tumbuk hingga halus atau blender 2 rimpang kunyit dengan 1 genggam daun eceng kemudian oleskan pada bagian tubuh yang terkena cangkrang.

*Mengobati Mencret Dengan Kunyit

Siapkan rimpang kunyit kira-kira 1/2 jari, rasuk angin sebanyak 1/2 sendok teh, ketumbar sebanyak 3 biji, buah kayu ules satu biji dan daun trawas 1 helai. Tumbuk hingga halus atau blender semua bahan tersebut, kemudian campur dengan air kira-kira 115 ml dan panaskan hingga mendidih. Saring hasil rebusan tersebut. Minum pagi dan sore hari.

Nah,jadi bagaimna menurut anda sekalian,betapa pentingnya kesehatan anda yang kita miliki saat ini.

Setelah tahu banyak manfaat kunyit,masikah ada alasan anda untuk tidak mengkosumsinya?

Dan dengan demikian yang saya sampaikan mengenai kesehatan menggunakan kunyit semoga anda semua selalu menjaga.

Terimakasih, Wasalam.
MERY ANGGRAINI
Prodi:EKONOMI SYARI'AH 1B Eksklusif
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM SYEKH HALIM HASAN AL ISHLAHIYAH BINJAIko


1 komentar:

Izin ya admin..:)
Hanya Ada di DEWALOTTO semua bisa jadi jutawan jadi tunggu apa lagi yukkk...
ADD WA +85569312579 Terima Kasih admint...:)

Posting Komentar