Senin, 20 Januari 2020

9 Khasiat dan Manfaat Ubi Ungu yang Mengejutkan


9 Khasiat dan Manfaat Ubi Ungu yang Mengejutkan


 Manfaat ubi ungu ternyata tidak sepopuler dengan jenis umbi-umbian lainnya, seperti ubi jalar atau kentang. Apalagi makanan ini ternyata bukan asli Nusantara melainkan dari Amerika yang dikembangkan di Jepang.

Ubi ungu (Ipomoea batatas L) juga dikenal dengan nama purple sweet potato, purple yam, atau Okinawa sweet potato karena Jepanglah yang menyebarkan. Nama potato dikenakan karena bentuknya yang mirip kentang.

Dibandingkan ubi jalar biasa, ubi ungu memang banyak perbedaannya. Selain warnanya, aroma ubi ungu lebih khas. Begitu juga rasanya yang bervariasi dari manis, agak manis, pahit, dan agak pahit.

Yang membuat unik ubi ini adalah warna ungunya yang disebabkan kandungan antosianin dan antioksidannya. Kandungan ini pula yang sangat berkhasiat bagi kesehatan dan menyembuhkan penyakit.

Kandungan Ubi Ungu

Selain antosianin dan antioksidan yang menyebabkan umbi ini berwarna ungu, ternyata banyak juga kandungan nutrisi lainnya. Karena itulah banyak manfaat ubi ungu untuk kesehatan.

Ubi ungi diketahui kaya dengan zat gizi makro seperti karbohidrat kompleksdan protein. Umbi ini juga kaya vitamin, seperti vitamin A, vitamin B1, B2, B3, B6, B9 (folat), E, dan vitamin K.

Begitu pula kandungan mineralnya juga beragam, dari kalsium, kalium, magnesium, fosfor, zat besi, sodium, dan potasium. Kadar mikronutrien umbi ini juga seimbang.

Yang menarik kandungan lemak dalam ubi ungu sangat minim, bahkan dianggap tidak ada. Sebaliknya, ubi ini mengandung banyak serat makanan. Karena itulah makanan ini sangat baik untuk kesehatan.

Manfaat Ubi Ungu Bagi Kesehatan

Dengan beragam dan lengkapnya kandungan nutrisi dalam umbi ini tentunya banyak manfaatnya untuk manusia. Berikut ini beragam manfaat ubi ungu bagi kesehatan yang mengagumkan.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kandungan antioksidan dalam ubi ungu berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan juga menangkal radikal bebas. Bahkan antosianin dan polifenol ubi ini mampu merangsang tubuh dalam mengeluarkan racun dari tubuh.

Menangkal Penuaan Dini

Kandungan antosianin dan polifenol dalam umbi ini juga berguna dalam proses regenerasi sel-sel kulit. Mengonsumsi ubi ungu secara rutin mampu menghalau kerutan, flek hitam, maupun tanda penuaan dini pada wajah.

Mencegah dan Mengatasi Kanker

Manfaat ubi ungu juga ampuh dalam menangkal beragam jenis kanker. Sejumlah penelitian menemukan khasiat ubi ini dalam menekan pertumbuhan sel-sel kanker. Ini tntunya merupakan kabar gembira bagi banyak orang.

Melancarkan Pencernaan

Kandungan antosianin dalam ubi ini juga berguna dalam melancarkan metabolisme pencernaan. Jika anda mengalami gangguan pencernaan bisa mencoba makan umbi yang satu ini.

Meredakan Peradangan

Nutrisi dalam ubi ungu ternyata juga bersifat antiinflamasi yang berguna untuk meredakan peradangan. Konsumsi ubi ungu rebus untuk mengurangi radang tenggorokan, radang sendi, maupun radang tubuh lainnya.

Menangkal Pembekuan Darah

Keistimewaan lain dari ubi ungu adalah adanya kandungan asam klorogenik yang berkhasiat dalam mencegah dan menangkal pembekuan darah. Asam ini dapat mencegah pembentukan benang fibrin saat darah membeku.

Menyembuhkan Asam Urat

Manfaat ubi ungu bagi kesehatan lainnya adalah kemampuannya dalam menyembuhkan penyakit asam urat. Kandungan antosianin dalam ubi ini mampu menurunkan dan menekan kadar asam urat tubuh.

Melancarkan Program Diet

Ubi ungu yang kaya serat dan tanpa kandungan lemak tentunya harus menjadi bagian penting dalam menu diet anda. Selain membuat kenyang, diet pun akan lebih berhasil dengan makanan dari ubi ungu ini.

Mengatasi Beragam Penyakit Mematikan

Ubi ungu juga berkhasiat dalam mencegah maupun mengatasi beragam penyakit mematikan, seperti hipertensi, stroke, diabetes, dan problem kolesterol. Ubi ini bahkan ampuh mencegah kerusakan sel hati.

Demikianlah berbagai khasiat dan manfaat ubi ungu bagi kesehatan maupun untuk mengatasi berbagai penyakit. Mengonsumsi ubi ini dengan cara yang benar dan rutin akan sangat baik untuk kesehatan anda. (R9/HR-Online)

Oleh Muhafidz



1 komentar:

Haloo kami datang lagi dengan program menarik hanya 20 rb bisa dapatin hadiah jutaan rupiah penasaran
yuk bergabung dengan kami di DEWALOTTO ya buruan... :)
ADD WA +85569312579 Terima Kasih admint...:)

Posting Komentar