Kamis, 30 Januari 2020

12 Manfaat Cincau Hijau dan Hitam yang Segar dan Menyehatkan


12 Manfaat Cincau Hijau dan Hitam yang Segar dan Menyehatkan


Bukan hanya segar diminum saat cuaca panas, cincau hijau dan hitam punya banyak khasiat untuk kesehatan. Ketahui manfaat selengkapnya berikut ini!

Manfaat Cincau – Cincau lebih nikmat diminum saat siang hari. Apalagi kalau dicampur santan dan gula merah, akan membuat cincau menjadi minuman segar saat matahari sedang terik-teriknya.

Cincau sendiri terdiri dari dua jenis, yaitu cincau hijau dan cincau hitam. Cincau hijau berasal dari tanaman Mesona procumbens. Sedangkan, cincau hitam berasal dari Mesona palustris BL. Namun, meski keduanya berasal dari tanaman berbeda, keduanya tetap sama-sama memberikan manfaat baik bagi kesehatan.

Cincau hijau dan hitam diketahui memiliki kandungan yang mampu membantu tubuh mengatasi penyakit, meredakan inflamasi hingga meningkatkan daya tahan tubuh. Untuk lebih jelasnya, yuk simak penjelasan berikut!

Manfaat Cincau Hijau

1. Tuntaskan Masalah Pencernaan

Cincau dipercaya tinggi serat, sehingga pencernaan menjadi lancar. Jika kamu punya masalah sembelit, cincau sangat baik untuk mengeluarkan racun pada sistem pencernaan.
Enggak cuma itu aja, kandungan vitamin B dan vitamin C pada cincau juga mampu mencegah diare dan mengurangi gejalanya.

2. Atasi Masalah Darah Tinggi

Cincau hijau memiliki kandungan kalium dan serat yang tinggi, keduanya dapat menurunkan tekanan darah.

Hal ini disebabkan karena kandungan serat yang tinggi dapat membantu mengeluarkan garam dan lemak dalam tubuh sebagai penyebab darah tinggi.

3. Menurunkan Demam

Cincau hijau mengandung lemak, polifenol, saponin, alkaloid, fosfor, vitamin A dan vitamin 

B. Kandungan ini dipercaya berfungsi sebagai efek anti demam dan anti racun.

Cara menggunakannya cukup dengan merebus daun cincau hijau dengan air kemudian minum air tersebut setelah matang.

4. Meredakan Masalah Otot

Kandungan dimetil kurin-1 dimetoidida dari daun cincau dapat mengatasi masalah pada otot yang kaku, nyeri dan pegal.

Kamu bisa menggunakannya sebagai salep dengan cara menumbuk daunnya atau mengkonsumsinya dengan cara meminum rebusan air dari daunnya.

5. Mencegah Osteoporosis

Cincau sangat kaya akan senyawa kalsium fosfat yang terbentuk dari kalsium dan fosfor. Senyawa ini sangat berguna untuk menguatkan dan menutrisi tulang. Jika diminum Toppers akan terhindar dari osteoporosis di hari tua.

6. Anti Inflamasi

Dalam hal ini, cincau berfungsi sebagai anti inflamasi karena mengandung klorofil yang tinggi. Inflamasi atau yang biasa disebut bengkak merupakan kerusakan pada bagian jaringan tertentu pada tubuh.

Cara menggunakannya adalah dengan menumbuk daun cincau, tambahkan garam, dan dioleskan pada bagian tubuh yang bengkak.

Manfaat Cincau Hitam

7. Kurangi Risiko Diabetes

Kandungan klorofil pada cincau dapat menyerap gula dan menjaga kadar insulin di dalam tubuh. Selain itu, kandungan serat larut air pada cincau juga dapat mengikat gula yang dapat menurunkan risiko diabetes.

Meski begitu, untuk mengurangi risiko salah satu penyakit paling berbahaya ini, Toppers juga sudah tentu harus menerapkan gaya hidup sehat. Seperti mengurangi makanan manis dan rajin berolahraga.

8. Netralkan Asam Lambung

Cincau mengandung antioksidan yang dapat melindungi kerusakan pada asam lambung. Zat flavonoid pada cincau juga dipercaya dapat menurunkan asam lambung.

Senyawa yang ada pada cincau hitam mampu menurunkan aktivitas enzim, sehingga asam lambung yang terbentuk juga menjadi menurun.

9. Sembuhkan Sakit Tenggorokan

Minuman yang berwarna pekat ini mengandung kalsium, fosfor, dan karbohidrat serta vitamin A, vitamin B1 dan vitamin C yang dipercaya dapat menghilangkan sakit tenggorokan.

10. Kurangi Diare

Cincau hitam dipercaya mampu untuk menghambat bakteri penyebab diare dan juga membersihkan bakteri pada saluran pencernaan.

Dengan begitu, dengan meminum minuman ini maka akan mengurangi nyeri pada perut yang disebabkan diare.

11. Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Cincau hitam memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, sehingga tubuh menjadi kuat kebal terhadap radikal bebas.

Walaupun tubuh mampu memproduksi antioksidan sendiri, namun menambah jumlahnya dengan mengkonsumsi cincau akan bermanfaat untuk melindungi seluruh tubuh.

12. Tangkal Malaria

Selain dengan daun pepaya, ternyata sebuah penelitian menemukan bahwa senyawa pada cincau dapat menjadi anti malaria.

Hal ini disebabkan karena kandungan alkaloid yang ada pada daun cincau, sehingga mampu untuk melawan malaria.

Itulah Toppers beberapa manfaat yang dapat dirasakan dari cincau hijau dan cincau hitam. Namun, ada baiknya mengonsumsi cincau tanpa tambahan gula atau pemanis lainnya ya, agar manfaatnya bisa kamu rasakan secara maksimal.

https://www.tokopedia.com



0 komentar:

Posting Komentar