OTAK MANUSIA DALAM
KAJIAN MEDIS DAN ISLAM
Pendahuluan
Beruntunglah Manusia yang diciptakan Allah dengan segala
kesempurnaan, diberi pancaindra, Hati. Untuk bersyukur, dan akal untuk
berfikir, mencari rahasia alam, mengolahnya. Allah menciptakan manusia dari
tidak tahu apa-apa menjadi tahu, dengan belajar, otak berkembang dengan
berjalannya waktu. Dengan otak manusia berfikir, mempergunakan seluruh
pancaindranya dalam menangkap kebesaran dan ilmu Allah.
(S.16:78),“ Dan Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu
dalam keadaan tidak mengetahui sesuatupun, dan Dia memberi kamu pendengaran,
penglihatan dan hati, agar kamu bersyukur.”,.
Akal yang diciptakan Allah untuk berfikir dan mencari
rahasia alam semesta yang indah dan penuh dengan ilmu pengetahuan yang harus
dipelajari , digali dan dimanfaatkan untuk kepentingan umat manusia. Tampa
berfikir dan mempergunakan akalnya dan hatinya manusia tidak akan berkembang
sesuai dengan fitrahnya.
(S.13:3) “Dan Dia-lah Tuhan yang membentangkan bumi dan
menjadikan gunung-gunung dan sungai-sungai padanya. Dan menjadikan padanya
semua buah-buahan berpasang-pasangan, Allah menutupkan malam kepada siang.
Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi
kaum yang memikirkan
Manusia seperti disebutkan dalam Al-Quran, diberikan
kesempurnaan rupa, akal, pancaindra, hati. Untuk menjadi Khalifah dimuka bumi
ini manusia harus cerdas , tidak hanya cerdas otaknya saja , tapi juga cerdas
emosi dan spiritualnya.
Zohar dan Marshall menjelaskan tentang kecerdasan sebagai
berikut ini bahwa: Kecerdasan intelektual (IQ) ada di korteks serebrum atau
otak besar. Kecerdasan emosional (EQ) ada di sistem limbik atau otak dalam,
yang terdiri dari thalamus, hypotalamus dan hippocampus. Dan Kecerdasan
Spiritual (SQ) ada di frontal lobus
Secara Medis Otak manusia, adalah organ yang unik dan
dasyat, tempat diaturnya proses berfikir, berbahasa, kesadaran, emosi dan
kepribadian, secara garis besar, otak terbagi dalam 3 bagian, yaitu neocortek
atau cortex cerebri , system limbik dan batang otak, yang berkerja secara
simbiosis. Bila neocortex berfungsi untuk berfikir, berhitung, memori, bahasa,
maka sistek limbic berfugsi dalam mengatur emosi dan memori emosional, dan
batang otak mengarur fungsi vegetasi tubuh antara lain denyut jantung, aliran
darah, kemampuan gerak atau motorik, Ketiganya bekerja bersama saling mendukung
dalam waktu yang bersamaan , tapi juga dapat bekerja secara terpisah.
Kerusakan sedikit saja pada otak akan membawa dampak yang
luar biasa pada seseorang . seperti operasi otak, akibat stroke, pasien yang
pernah mengalami stroke, setelah sembuh banyak yang mengalami perubahan
kepribadian.
Otak yang pernah mengalami perdarahan, trauma, misalnya
seperti akibat stroke ataupun operasi contohnya pada otak depan atau frontal
bagian ventromedial akan timbul gejala si pasien akan kehilangan moral,
tatakrama, tidak bisa memdudukan diri pada posisi semestinya. Seorang laki-laki
bernama Gage usia 25 tahun bekerja di Burlington New England mengalami
kecelakaaan kerja, ketika sebuah besi baja menembus kepalanya dan merusak
frefrontal otak, ia lolos dari maut setelah operasi tapi setelah sembuh malah
menjadi orang baru , dari yang ramah , tidak mudah marah, disiplin menjadi
orang yang kasar, mudah tersinggung, tidak disiplin, Gage berubah menjadi orang
yang asing, yang kehilangan aspek moralitas.
Bagian limbik yang menjadi pusat emosi yang berada di
amygdala dan hippocampus berfungsi mengatur emosi manusia dan memori emosi,
menunjukan seorang penderita epilepsi yang mendapat terapi operasi otak dengan
diangkatnya amigdala dan hypocampus memperlihatkan gejala hiperseks dan rakus
setelah operasi.
Menurut seorang ahli bedah otak dari Amerika bernama
Vilyanur Ramachandran bahwa ada “God Spot “ di lobus temporalis. Orang yang
mengaku ateis secara lisan , hati kecilnya pasti akan mengakui bahwa ada Tuhan
yang mungkin tidak dikenalnya tapi dia rasakan, karena memang adanya Got spot
di bagian temporal manusia menunjukan bahwa Tuhan sebenarnya telah
memperkenalkan dirinya pada manusia, tapi kadang manusia lalai dan tidak mau
mengakui keberadaannya.
Otak manusia mempunyai berat 2% dari berat badan orang
dewasa (3 pon) , menerima 20 % curah jantung dan memerlukan 20% pemakaian
oksigen tubuh dan sekitar 400 kilokalori energi setiap harinya. Otak merupakan
jaringan yang paling banyak memakai energi dalam seluruh tubuh manusia dan
terutama berasal dari proses metabolisme oksidasi glukosa. Jaringan otak sangat
rentan terhadap perubahan oksigen dan glukosa darah, aliran darah berhenti 10
detik saja sudah dapat menghilangkan kesadaran manusia. Berhenti dalam beberapa
menit , merusak permanen otak. Hipoglikemia yang berlangsung berkepanjangan
juga merusak jaringan otak.
Otak mengatur dan mengkordinir sebagian besar, gerakan,
perilaku dan fungsi tubuh homeostasis seperti detak jantung, tekanan darah,
keseimbangan cairan tubuh dan suhu tubuh. Otak juga bertanggung jawab atas
fungsi seperti pengenalan, emosi. ingatan, pembelajaran motorik dan segala
bentuk pembelajaran lainnya.Otak terbentuk dari dua jenis sel: glia dan neuron.
Glia berfungsi untuk menunjang dan melingungi neuron, sedangkan neuron membawa
informasi dalam bentuk pulsa listrik yang di kenal sebagai potensial aksi.
Mereka berkomunikasi dengan neuron yang lain dan keseluruh tubuh dengan mengirimkan
berbagai macam bahan kimia yang disebut neurotransmitter . Neurotransmitter ini
dikirimkan pada celah yang di kenal sebagi sinapsis. Avertebrata seperti
serangga mungkin mempunyai jutaan neuron pada otaknya, vetebrata besar bisa
mempunyai hingga seratus milliar neuron.
Manusia pun diberi akal untuk berfikir dan mencari
rahasia alam semesta yang indah dan penuh dengan ilmu pengetahuan yang harus
dipelajari , digali dan dimanfaatkan untuk kepentingan umat manusia
Bab II
Otak Dan Fungsinya
A.Lima Pembagian utama Otak Manusia Secara Anatomi
1. Telensefalon (endbrain)
Hemisferum serebri
Korteks serebri
Rhinensefalon (sistem limbik)
Basal Ganglia
Nukleus Kaudatus
Nukleus lentikularis
Klaustrum
Amigdala
2. Diensefalon (interbrain)
Epitalamus
Talamus
Subtalamus
Hipotalamus
3. Mesensefalon (midbrain)
Korpora quadrigemina
Kolikulus superior
Kolikulus inferior
Tegmentum
Nukleus ruber
Substantia nigra
Pedunkulus serebri
4. Metensefalon (afterbrain)
Pons
Serebelum
5. Mienlesefalon (marrow brain)
Medula Oblongata
Ketika lahir seorang bayi telah mempunyai 100 miliar sel
otak yang aktif dan 900 miliar sel otak pendukung, setiap neuron mempunyai
cabang hinggá 10.000 cabang dendrit yang dapat membangun sejumlah satu
kuadrilion (angka 1 diikuti dengan 15 angka nol) koneksi.
komunikasi.perkembangan otak pada minggu-minggu pertama lahir diproduksi
250.000 neuroblast (sel saraf yang Belum matang), kecerdasan mulai berkembang
dengan terjadinya koneksi antar sel otak, tempat sel saraf bertemu disebut
synapse, makin banyak percabangan yang muncul, makin berkembanglah kecerdasan
anak tersebut, dan kecerdasan ini harus dilatih dan di stimulasi, tampa
stimulasi yang baik , potensi ini akan tersia-siakan.
Human Brain
Weighing about of 1.3 kg (3 lb) and containing 100
billion neurons, the human brain is a marvel of evolution. Complex interactions
between neurons produce psychological processes, including learning, memory,
emotion, thinking, and perception.
Oxford Scientific Films/London Scientific Films
Microsoft ® Encarta ® 2006. © 1993-2005 Microsoft
Corporation. All rights reserved.
B. Fungsi Otak kanan dan kiri
Roger Sperry ahli syaraf yang mendapat nobel tahun 1982,
menyatakan bahwa didalam di kepala manusia ini ada 2 otak yang dibagi dalam 2
bagian yaitu otak kiri dan kanan sehingga ada 2 pikiran yaitu pikiran rasional
dan intuitif.
Ada 8 kecerdasan yang kita kenal sampai saat ini seperti
kecerdasan verbal, kecerdasan intrapersonal , kecerdasan kinestetik, naturalis,
dan lain-lain. Pada dasarnya setiap orang berpotensi mempunyai beberapa jenis
kecerdasan.
Orang yang dominan otak kanannya cenderung berprofesi
sebagai pelukis, seniman, penyanyi, pemain musik.
Seorang genius seperti Eisteins selain memiliki
kecerdasan matemátika, iapun mempunyai kecerdasan musik, spasial. Habibie mantan
menteri reset dan tehnologi dan mantan presiden Republik Indonesia kita,
mempunyai kecerdasan matemátika, musik dan mempunyai hobi fotografer yang juga
berapresiasi seni yang tinggi
Walaupun keliatannya simetris secara struktur, tapi
keduanya mempunyai fungsi yang berbeda, bila Otak kiri bertanggung jawab
terhadap proses berfikir logis, berdasar realitas, mampu melakukan penafsiran
secara abstrak, dan simbolis, cara berfikirnya sesuai untuk tugas tugas verbal,
menulis, membaca, menempatkan detail, fakta. Sedangkan cara berfikir otak kanan
lebih bersifat acak, tidak teratur,intuitif, holistik, bersifat non verbal,
kearah perasaan dan emosi, kesadaran yang berkenaan dengan perasaan (merasakan
kehadiran suatu benda atau orang), pengenalan bentuk, pola, musik, kepekaan
warna, kreativitas, visualisasi. (Bobbi De Potter,1999, 37 – 38)
Kedua belahan otak penting artinya , orang yang
memanfaatkan kedua belah otak ini cenderung seimbang dalam setiap aspek
kehidupannya, Belajar dapat dengan mudah bagi mereka karena mereka mempunyai
pilihan untuk menggunakan bagian otak yang diperlukan dalam setiap pekerjaan
yang mereka hadapi. Emosi yang positif akan mendorong kearah kekuatan otak
kearah yang lebih berhasil (Bobbi De Potter, 1999, 38)
Ned Herrman melakukan penelitian puluhan tahun terhadap
1000 orang , ia memformulasikan instrumen yntuk menentukan kecenderungan otak
seseorang, akhirnya ia membuat pembagian 4 kuadran otak , ia juga membagi 2
komponen utama , korteks otak yang menata fungís-fungsi kognitif, serta limbik
sistem yang menata fungsi emosi
C.Anatomy dan gejala akibat stroke
Otak kita terdiri dari 3 komponen: otak besar (cerebrum),
otak kecil (cerebellum) dan batang otak (brain stem)
Bagian otak yang bila dirusak oleh stroke Gejala
kerusakan
Wernicke’s area ( pusat bahasa) Kesulitan berbicara,
memahami pembicaraan bingung membedakan kiri dan kanan, sulit dalam membaca,
menulis, menamai obyek, berhitung.
Broca’s area (berbicara) Kesulitan dalam berbicara dan
kadang-kadang menulis.
Lobus Parietal kiriHilangnya koordinasi antara lengan
kanan dan tungkai
Facial and limb areas of the motor cortex on the left
side of the brain Paralisis lengan kanan dan tungkai dan bagian kanan wajah
Facial and arm areas of the sensory cortex Hilangnya
sensasi lengan kanan dan bagian kanan penglihatan pada kedua mata
E.Law of Attaction
Law of attraction sebuah teori yang diranngkum dari buku
yang berjudul secret karangan Rhonda Byrne, dalam buku yang menjadi best seller
tersebut dikatakan jika berfikiran baik maka pikiran itu akan memancar
keseluruh alam semesta dan kembali lagi kepada kita dalam bentuk kenyataan,
begitu pula ketika mengeluh akan hidup kita dan menyatakan tidak, maka pengaruh
negatip akan menarik kearah kita, itu lah yang disebut hukum gaya tarik, ketika
kita berpikiran positif maka yang positif akan mempengaruhi kehidupan kita.
Kekuatan berfikir mempengaruhi alam semesta. Secara ilmiah pikiran positif
mempunyai kehebatan yang luar biasa, kita harus menikmati hidup dan pikiran
kita, kita pencipta pikiran kita sendiri, kita hidup didunia ini semua yang ada
yang disekeliling kita, bahwa kita menarik apapun yang ada dipikiran kita,
pikiran mempengaruhi emosi kita, ada perasaan negatip seperti marah, cemburu,
dendam , kebencian, ini disebut getaran yang negatif, apa yang kita pikirkan
itu yang akan berbalik kekita, kita kan mendapatkan apa yang kita rasakan. Gaya
berfikir kita mempengaruhi orang lain dan sekitar kita, alam semesta bereaksi
dengan pikiran kita, apa yang kita pikirkan dan yang kita rasakan, Winston
Churchill (1874-1965) mengatakan anda menciptakan alam semesta sendiri
sepanjang perjalanan hidup anda, “ you create your own universe as you go along
.
Pada saat kita merasakan kesedihan, putarkan sebuah lagu
yang indah, maka kita akan mulai merasa lebih baik, kita melihat anak kita tau
hewan peliharaan kita, kita akan merasa senang, hidup ini sangat luar biasa.
Bayangkan cerita aladin , ketika dia menggosok lampu
ajaibnya ada 3 keinginan tapi keinginan itu tidak terbatas, alam semesta adalah
jin Jiny dan jin Jiny selalu mengatakan your are wish is my comend, , alam
semesta bereaksi dengan alam pukiran kita.
Bagaimana proses gaya tarik ini bertama ketika kita
mengingikan sesuatu kita akan :(1 ). ask. Ketika bertanya apa yang kita
inginkan , misalnya seorang anak kecil berumur 6 tahun ingin mempunyai sepeda;
(2) unswer, alamsemsta mulai mengatur diri kita terhadap apa yang kita
inginkan, anda tidak perlu tahu bagaimana alam semsta ini berekaksi , alam
semsta menjawab, (3) menerima, bila itu tidak terlaksana maka kita menyadari
keinginannkan, kita wujudkan sedikit-sedikit apa yang kita inginkan, seperti
cerita anak kecil tadi , dia dapat menggambar sebuah sepeda dan menggambar dia
menaiki sepeda tersebut, dan suatu hari orang tua atau kakeknya mengetahui, dan
terjadilah apa yang diinginkannya, karena fansasi itu akan berubah jadi
kenyataan .
Jangan mengatakan aku ingin ini, tapi merasakan tidak
bisa., kita harus langsung bereaksi dengan kecepatan , kita harus memperhatikan
apa yang kita inginkan, contohnya kita seperti kita naik mobil dalam malam yang
, dengan jarak pandang hanya 6 meter dari lampu mobil , dan itulah kehidupan,
kita berjalan sedikit-demi sedikit menggapai tujuan kita, dan semua rahasia
kehidupan terbuka sedikit demi sedikit didepan kita sebagai sesuatu yang kita
sendiri akan tercengang mendapatkannya…
Jangan menduga-duga, bertindaklah, itu tugas kita, , anda
akan menarik yang anda inginkan, berilah perhatian yang penuh pada yang anda
inginkan, anda mulai perlahan-lahan dari yang tidak ada, dengan cara yang tidak
ada menjadi sesuatu yang ada
Dr. Luther Martin King Jr. mengatakan Take the first step
in faith, you don’t have to see the whole staircase , just take the first step,
ambilah langkah pertama dengan penuh keyakitan , anda tidak harus melihat semua
anak tangga cukup langkah di anak tangga pertama.
Kapan dapat terwujud, berkaitan dengan hubungan
keselarasan kita dengan alam semesta.. bagaimana kita menarunya, bayangkan
tempat yang anda inginkan dan anda akan mendapatkannya, banyak orang yang
merasa terpenjara dalam dirinya, karena kita terus berfikir itu terus menerus,
kita memikirkan itu hukum daya tarik bekerja, kebanyakan ,kita mendapatkan yang
kita pikirkan.
Budha mengatakan, all that we are is the result of what
we have thought , kita adalah hasil dari apa yang kita pikirkan.
DR. Joe Vitale MSC. D (metaphysician) Powerful processes
: 1 gratitude (mulai dengan membuat daftar hal-hal yang anda syukuri.
Menghargai dan bersyukur akan menarik hal hal yang baik bagi dirikan, focus
pada hal yang kita hargai dari pada diri kita. Jangan berfikir terhadap yang
tidak kita miliki , tapi yang kita punya, 2. visualize (processes membayangkan
dalam pikiran. Dr Denus Wattley Ph.D Psychologist. Mengadakan penelitian
seorang atlit di suruh membayangkan dia sedang berlari . dengan visulisasi sama
ketika mereka bertanding, didapatkan otot-otot mereka bereaksi sama dengan
ketika mereka berlari, hal ini karena otak tidak dapat membedakan apakah ini
dilakukan secara khayal atau secara real.
TIM POWER BRAIN INDONESIA mengeluarkan buku bagaimana
kita dapat melatih otak kita mininal 10 menit dalam sehari selama 30 hari
dengan metode Frits”Brain,(2005), antara lain dibab ini akan disebutkan
beberapa latihan, yang dilakukan tiap hari.
A. Latihan mengolah otak
Hari 1
Latihan asosiasi persamaan
Buatlah asosiasi persamaan dari kata-kata : tiang listrik
– ban mobil, (karena keduanya memiliki elemen logam), petunjuk: umur 5 -10
tahun : cukup menjawab 8 jawaban , umur 10 – 15 tahun : cukup dengan 10
jawaban, diatas > 15 tahun , cukup dengan 12 jawaban
Hari 2
Latihan Asosiasi perbedaan, contoh kata-kata: laki-laki ,
perempuan, pentunjuk sama seperti diatas.
Hari 3
Daya Ingat, hafalkan kata-kata dibawah ini , menghafal 5
menit (umur >15 tahun , 3 menit) daftar kata-kata seperti meja, pintu, televisi,
pensil. Garpu, lagu , buku, baru, rakus, cuka. Petunjuk, umur 5-10 tahun cukup
ingat 6 kata, 10- 15 tahun cukup 10 kata,> 15 tahun mengingat 10 kata dalam
waktu 3 menit.
Hari 4
Kecerdasan musikal, dengarkan 2 lagu klasikm tulis
kesannya terhadap lagu tersebut dalam kalimat panjang tidak lebih dari 5 kata.
Contohnya, keduanya sangat menggugah perasaanku.
Hari 5
Keseimbangan otak kiri dan kanan, buatlah gambar seperti
contoh berikut dengan ketentuan : – bagi yang biasa menggunakan tangan kanan
untuk kegiatan ini gunakan tangan kiri, begitu juga sebaliknya, apabila selesai
menggambar dengan ketentuan diatas gambar lagi dengan ke dua tangan diatas
Hari 6
Koordinasi dan Kecerdasan Kinestetik, untuk melatih
koordinasi, lemparkan sehelai kertas yang telah diremas-remas kedalam keranjang
sampah dengan jarak 3 meter, tingkatkan atau kurangi jarak untuk menyesuaikan
tinggkat kesulitan, Petunjuk, umur 5-10 tahun , jarak kuran gdari 2 meter, umur
10 – 15 tahun , jarak kurang dari 3 meter, umur diatas 15 tahn , jarak
keranjang 4 meter.
Hari 7
Kecerdasan Inter dan Intra personal, tuliskan /sebutkan 5
orang nama teman-teman and a beserta sifat-sifat baik mereka.
Hari 8
Asosiasi persamaan, buatkan asosiasi persamaan antara
kata-kata : globe (bola dunia) , kue donat. petunjuk: umur 5 -10 tahun : cukup
menjawab 8 jawaban , umur 10 – 15 tahun : cukup dengan 10 jawaban, diatas >
15 tahun , cukup dengan 12 jawaban
Hari 9
Asosiasi perbedaan, buatlah asosiasi ini dengan
kata-kata, garpu, sendok, Pentunjuk sama seperti diatas.
Hari 10
Daya ingat, sama seperti petunjuk diatas, hari ke-3, tapi
menggunakan gambar.
Hari 11
Kecerdasan musikal dan kecerdasan logis matematika,
dengan mendengar lagu klasik (khususnya mozart), saat mendengar lagu, lakukan
pengurangan didalam pikiran anda contoh 100-7=93, 93-7=86, sampai tidak dapat
dikurangi lagi, kemudian tulis kesan anda dengan 5 kata.
Latihan ini akan berulang dilakukan sampai 30 hari
B.TEORI LATIHAN
1. Asosiasi persamaan dan perbedaan ditujukan untuk
meningkatkan fungsi kreativitas otak dan kecerdasan verbal, fungsi ini penting
dilatih tiap hari, sehingga otak selalu berfikir, jawaban yang lucu juga tidak
dilarang selama masih ada logikanya. Jangan takut berimajinasi.
2. Daya Ingat, merupakan hal yang penting bagi semua
orang, bahkan keluhan dari kebanyakan adalah masalah daya ingat yang menurun,
latihan ini akan menguji daya ingat terbaru/recent memory. Kemampuan daya ingat
ditentukan antara lain bagaimana kita menyimpanm bagaimana, otak memanggil
kembalim fakto atensi, konsentrasi.
3. Koordinasi merupakan salah satu fungsi oleh otak
kecil, dengan latihan ini secara tidak langsung kita, menstimulasi otak kecil.
4. Stereognosis, merupakan kemampuan mengenal bentuk
benda melalui perabaan. Dan kemampuan ini tiap orang berbeda
5. Fungsi keseimbangan, dipertahankan dengan 3 komponen :
yaitu indera penglihatan dan organ keseimbangan baik secara statis maupun
dinamism yang keduannya terletak di dalam telingan dan diteruskan ke syaraf
kepala vestbulocochlearis
6. Kecerdasan musikan, musik dianggap bahan asupan bagi
otak kita bila tidak di penuhi maka aspek bermusik otak kita tidak akan
berkembang. Musik dapat mempengaruhi mood, sehingga menjadi tenang, perasaan
menjadi damai.
7. Keseimbangan otak kiri dan kanan, aspek musik terletak
di otak kanan, aspek kata-kata di otak kiri,
C.Macam-macam kecerdasan
1. Kecerdasan Verbal merupakan salah satu bagian dari
multi kecerdasan yang disebutkan oleh Gardner, orang yang memiliki kecerdasan
verbal yang tinggi tidak saja mampu mengolah kata-kata dengan efektif tapi juga
mampu menginterprestasikan sesuatu yang tersurat dengan baik.
2. Kecerdasan Intrapersonal, memahami diri sendiri ,
mengenali kelebihan dan kekurangan yang ada pada diri sendiri, dia tidak akan
mau melakukan sesuatu diluar batas kemapuannya. Kesuksesan juga ditentukan oleh
bagaimana kita mengenal diri sendiri;
3. Kecerdasan Interpersonal, merupakan suatu kemampuan
untuk membina hubungan dengan orang lain, kesuksesan berawal dari langkah
tersebut.
4. Kecerdasan naturalis, kecerdasan ini memberikan
kemampuan kita mengenali segala macam benda yang mati dan hidup. Guna mencapai
tujuan dan kesuksesan kita. Contohnya yang sederhana , film Mc Giver , seorang
yang dapat menggunakan alat sekitar yang sederhana untuk memcari jalan
menyelamatkan diri.
5. Kecerdasan Spasial , kemampuan menentukan arah dan
posisi merupakan bakat yang diusung oleh orang-orang dengan kecerdasan spasial
yang baik. Bila tidak di latih, kita siap-siap nyasar saat membawa kendaraan
dan tidak dapat mengambil keputusan berdasarkan logika.
6. Kecerdasan Ekstensial, bahwa kecerdasan ini bahwa ia
memberikan kita kemampuan untuk selalu menghargai apa yang ada dan apa yang
menimpa kita agar dapat kita olah menjadi sesuatu yang bermanfaat.
7. Kecerdasan logis Matematis, kecerdasan ini paling
sering diukur dalam tes IQ, bila kecerdasan ini tinggi, dia akan sanggup
menggunakan akal dan logika dalam memecahkan masalah. Walaupun demikian kita
tidak boleh memberi kesimpulan seseorang bodoh hanya karena faktor IQ saja.
8. kecerdasan Kinestetik, kecerdasan ini terdiri dari
olah tubuh, olah raga, bila kita ingin sehar maka dengan olah raga dan pola
hidup yang seimbang maka kita dapat lebih sehat
G. OPTIMALKAN OTAK KITA
Ada 6 cara untuk mengoptimalkan fungsi otak ALISSA yaitu:
1. A =Amankan , selalu lindungi otak karena otak sangat
rentan terhadap penyakit dan trauma fisik.
2. L = Latihan Fisik, lakukan latihan fisik yang membuat
otak menjadi kuat
3. I = Informasi dan gizi , selalu berikan suplai
informasi dan gizi pada otak
4. S = Santai , buatlah otak rileks dengan menikmati
seni, berimajinasi , atau
bermeditasi
5. S = Sosialisasi , bergaul , bercengkrama , dan
berdiskusi untuk mengoptimalkan
otak
1. A = Aku mencintai, mencintai dengan tulus, karena
ampuh melawan stress yang
merusak otak.
Saran-saran Jean Casper untuk cerdas dengan makanan
seperti yang di sari oleh Jalaluddin Rahmat dalam bukunya berjudul Belajar
Cerdas , belajar berbasis otak.dibawah ini. Hanya 9 yang dimasukan oleh
penulis, kiat ke 10 menjadi tambahan yang di ganti oleh penulis.
1.Makan multivitamin,
Penelitian membuktikan bahwa vitamin dan mineral yang
secukupnya dapat memelihara otak , meningkatkan kemampuan intelektual, tidak
hanya bayi, orang tua juga perlu vitamin dan mineral, menunjang otak yang
menua, penelitian membuktikan orang tua yang makan vitamin bertahun-tahun punya
fungsi kognitif yang lebih baik.
Vitamin B sangat penting merawat otak yang menua dan
mencegah dimensia , depresi., Vitamin B12 adalah makanan otak , terlibat dalam
pembuatan sintesis protein, yang membentuk selubung pelindung yang mengelilingi
neuron dan memungkinkan neuron mencatat serta menarik kembali ingatan. Michael
Freedman , kepala bagian geriatri di New york University Medical Centre
meyakini bahwa 7 – 15 % dari seluruh jumlah manula menderita kekurangan B12
karena kandungan asam lambung berkurang dengan sejalan usia sehingga pencernaan
vitamin B 12 lebih sulit dilakukan.(Kennet Giuffree, Theresa, 1999: 67 )
2.Makan vitamin anti oksidan
makan pil multivitamin aja enggak cukup tampa Vit E dan C
yang , asam alfa lipotik, dan koenzim Q 10, beberapa penelitian membuktikan
orang yang hanya minum multivitamin saja tampa vitamin E akan mengalami
penurunan fungsi kognitif. Dan tidak satupun orang tua yang makan vitamin E dan
C menderita alzeimer.. kalau perlu anda mengambil anti oksidan sekaligus kata
Dr. Lester Packer dari Universitas California , karena anti oksidan tidak
bekerja sendirian, kekuatan antioksudan menjadi lebih kuat bila digunakan bersama-sama.
3.Makanlah makanan yang mengadung anti oksidan dengan
kadar yang tinggi
Berarti buah dan sayuran yang dipenuhi anti oksidan,
penelitian membuktikan binatang yang diberikan makanan anti oksidan tinggu
lebih lambat kerusakan otaknya. Lebih tinggi kemampuan mentalnya. Lebih mampu
mengembalikan memorinya dalam usia tua. Sangat menabjubkan bahwa sayuran dapat
meremajakan otak, umumnya buah-buahan kaya dengan anti oksidan, jika camilan
kita ganti dari keripik ke apel , prem , kismis maka kemampuan intelektual dan
kebahagian emosional dapat ditingkatkan.
4.Minum Teh
Dr. John Weisburger , peneliti di American Health
Foundation, bahwa minum teh adalah cara termudah dan tercepat memasukan anti
oksidan kedalam tubuh dan otak, dengan minum teh dalam waktu singkat masuklan
1200 ORAC antioksidan, 1/3 dari jumlah yang disarankan untuk kebutuhan harian.
5. Hindari Lemak yang buruk
Lemak yang buruk seperti yang ada pada makanan siap saji,
seperti burger , lemak tersebut akan menurut penelitian akan merusak konfigurasi
membram sel saraf, melumpuhkan pertumbuhan synaps dan mengguncangkan biokimia
dari neurotransmiter, pembawa pesan dalam otak. Sama bahayanya terhadap sel
adalah minyak goreng yang terlalu jenuh yang mengandung OMEGA 6 , disinyalir
omega 6 dapat menimbulkan rangkaian peradarangan kronis didalam jaringan otak
yang pada akhirnya menimbulkan kerusakan otak dan serangan otak dan penyakit
alzheimer. Memakan asam lemak yang terdapat dalam makanan yang diolah seperti
margarine, donat, kentang cepat saji dapat merusak pembuluh darah ke dalam
otak.
6. Ambilah minyak ikan yang mengandung OMEGA 3
Dengan memakan ikan dengan suplemennya, lemak yang
dibutuhkan ini menjadi suplemen otak, membangn struktur otak, dan membantu
metabolisme otak, menumbuhkan dendrit dan sinaps, membuat hati senang dan
tenang. kegagalan mendapatkan omega 3, berakibat rendahnya IQ pada taraf
selanjutnya. Sejarah membuktikan untuk menghancurkan bangsa Indonesia Belanda
mempropaganda bahwa ikan tidak baik untuk di konsumsi , bisa menyebab kan cacingan,
mata belekan, anak korengan , ASI akan bau amis. dan lain-lain.
Salah satu minyak ikan yang mengandung DHA, terbukti
meningkatkan kekuatan otak, memori, mencegah dan mengobati Alzheimer.
7. Hati-hati dengan gula dan karbohidrat
Makan terlalu banyak gula dan karbohidrat tidak bagus
untuk badan dan otak karena kelebihan gula dapat menimbulkan resistensi
insulin, bisa menyebabkan kenaikan gula darah , bila terus menerus meningkat di
darah, pembuluh darah mudah rusak, bila terjadi di pembuluh darah otak
menyebabkan kerusakan permanen pada sel otak, yang menimbulkan malfungsi otak.
8. Batasi Kalori dan turunkan berat badan,
kelebihan berat badan menimbulkan resistensi insulin ,
tekanan darah tinggi dan diabetes melitus, kerusakan memori, mengurangi kerusakan
otak dari perusakan radikal bebas dengan mengurangi kalori.
9. Hindari stress, dan berolah raga
Stress mental , biasanya akan membajiri otak dengan,
adrenalin, dan kortisol yang menimbulkan stress,ini dapat menimbulkan kerusakan
neuron otak. Olah raga membuktikan meningkatkan aliran darah keotak ,
membebaskan darah dari penggumpalan, memperbesar memori dan kemampuan belajar.
Olah raga meningkatkan kadar serotonin dasar dalam otak, ini menurunkan depresi
dan memperbaiki pola tidur, juga menurunkan kortisol yang biasanya jumlah nya
berlebihan pada saat depresi dan stress.
10.Hindari rokok
Rokok adalah radikal bebas yang mengandung jutaan racun
yang lama-lama akan menghancurkan system metabolisme tubuh, menyebabkan kanker,
dan mempermudah terjadinya arteriklerosis pada pembuluh darah, yang lama-lama
dapat merusak organ yang diperdarahinya, bila mengenai otak akan menyebabkan
stroke, bila ke jantung menyebabkan jantung koroner, dan lain-lain.
H. HUBUNGAN IQ, EQ, Dan SQ
Manusia yang paripurna harus mempunyai kecerdasan otak ,
kecerdasan secara emosional dan spiritual.
Goleman mengemukakan lima pengelolaan emosi untuk
mencapai kecerdasan emosi yaitu:
1. Mengenali emosi diri
2. Mengelola emosi
3. Memotivasi diri sendiri
4. Mengenali emosi orang lain
5. Membina hubungan
Danah Zohar menyebutkan tanda-tanda seseorang yang
memiliki kapasitas SQ yang berkembang sebagai berikut :
1. Kemampuan bersikap fleksibel (adaptif secara spontan
dan aktif).
2. Tingkat kesadaran diri yang tinggi.
3. Kemampuan untuk menghadapi dan melampaui rasa sakit.
4. Kemampuan untuk menghadapi dan memanfaatkan
penderitaan.
5. Kualitas hidup yang dilhami oleh visi dan
nilai-nilai..
6. Mempunyai kecenderungan untuk melihat sesuatu secara
holistik.
7. Keengganan untuk menyebabkan kerugian yang tidak
perlu.
8. Kecenderungan nyata untuk bertanya “Mengapa?” dan
“Bagaimana?” untuk mencari jawaban yang mendasar.
9. Menjadi apa yang disebut oleh para psikolog sebagai
“bidang mandiri” / field independent.
Kecerdasan spiritual dalam Islam didapat dengan ibadah.
Pengelolaan terhadap Hati. Hati Menurut al-tirmidzi, hati memiliki empat
stasiun : dada, hati, hati-lebih-dalam, dan lubuk hati terdalam. Keempat
stasiun ini saling bersusun bagaikan sekumpulan lingkaran. Dada adalah
lingkaran terluarnya, hati dan hati-lebih-dalam berada pada kedua lingkaran
tengah, sedangkan inti dari hati terletak di pusat lingkaran.(Frager, Syekh
Raqib al-jerahi,2003:57)
Ditambahkan lagi menurut Frager, bahwa tiap-tiap stasiun
mewadahi cahaya sendiri. Dada mewadahi cahaya alamiah dari bentuk praktik
setiap agama, hati mewadahi cahaya iman. Hati-lebih-dalam mewadahi cahaya
makrifat, atau pengetahuan akan kebenaran spiritual. Lubuk-hati-terdalam
mewadahi cahaya, cahaya kesatuan dan cahaya keunikan, yang merupakan wajah
Ilahi. Tiap-tiap stasiun juga dikaitkan dengan tingkat spiritual yang
berbeda-beda, tingkat pengatahuaan serta pemahaman yang berbeda, juga tingkat
nafs yang berbeda (Frager 2003:58)
Tabel 2. Perbedaan Dada, Qalb, Fuad dan Lubb
Dada/Shadr Qalb Hati-lebih-dalam
(Fuad) Lubuk-hati terdalam (Lubb)
Cahaya alamiah
Cahaya iman
Cahaya makrifat
Cahaya kesatuan dan keunikan
Pencarian
Beriman
Arif
Bersatu
Pengetahuan tentang tindakan yang benar
Pengetahuan batiniah
Penglihatan batiniah
Sikap ilahiah
Tirani
Penuh penyesalan
Terilhami
Tenteram
Qalbu atau hati manusia itu menurut Ahmad Tafsir seperti
lilin yang menyala, mulanya nyala itu kecil saja. Lilin menyala itu terletak
dalam sirr, sirr itu dalam lubb, lubb itu didalam syaghaf , syafgaf itu didalam
fu’ad dan fu’ad itu didalam qalb (kalbu ) dan seterusnya.(Tafsir,2006:29)
Menurut Hadist , bahwa Rasulullah bersabda dalam hadist
qutsi : ” aku jadikan pada manusia itu ada istana (qash). Didalam istana itu
ada (shadr) , didalam shadr itu ada kalbu (qalb), didalam qalb itu ada Fu’ad ,
didalam fu’ad itu ada syaghaf, didalam syaghaf itu ada lubb, didalam lubb ada
sirr, dan didalam sirr itu ada aku (Ana). Susunan itu lebih jelas dalam gambar
diatas. Hadist ini menjelaskan bahwa aku menjadi inti. Aku didalam hadist ini
adalah Allah yang bersifat Ilahiyah
Gambar 1. 4 Stasiun Hati
Qashr
Hati menentukan tingkah laku, hati yang bersih akan
terlihat dari tingkah laku .dan kepribadian. Otak yang cerdas bila tidak
dibarengi dengan kecerdasan emosional dan spiritual tidak akan membentuk manusia
yang paripurna.
KESIMPULAN
Otak adalah organ unik manusia yang sangat penting untuk
mengatur proses berpikir, kesadaran, memori, emosi, kepribadian. Secara garis
besar terdiri atas, korteks cerebri, batang otak dan sistem limbik. Korteks
cerebri berfungsi untuk berfikir, berhitung, memori, bahasa. Sistek limbik
berfugsi dalam mengatur emosi dan memori emosional. Batang otak mengarur fungsi
vegetasi tubuh antara lain denyut jantung, aliran darah, kemampuan gerak atau
motorik.
Otak manusia yang terbagi kanan kiri mempunyai fungsi
berbeda, otak kiri berfungsi untuk berfikir secara rasional , berkaitan dengan
matematika, berbahasa, menganalisa, kontrol tangan kanan. Otak kanan berkaitan
dengan berfikir intuitif, seni, estetika, musik, kontrol tangan kiri. Orang
yang kidal mempunyai dominasi terhadap otak kanan.
Otak harus dioptimalisasi kerjanya, dengan latihan
keseimbangan otak kanan dan kiri , kita dapat melakukan latihan otak seperti :
: latihan asosiasi persamaa, latihan Asosiasi perbedaan, daya Ingat, kecerdasan
musikal, keseimbangan otak kiri dan kanan, koordinasi dan Kecerdasan
Kinestetik, Kecerdasan Inter dan Intra personal, asosiasi persamaan’dan
seterusnya berulang seperti diatas
Ada 10 sehat untuk mencerdaskan otak:
1.Makan multivitamin,
2.Makan vitamin anti oksidan
3.Makanlah makanan yang mengadung anti oksidan dengan
kadar yang tinggi
4.Minum Teh
5. Hindari Lemak yang buruk
6. Ambilah minyak ikan yang mengandung OMEGA 3
7. Hati-hati dengan gula dan karbohidrat
8. Batasi Kalori dan turunkan berat badan,
9. Hindari stress, dan berolah raga
10.Hindari rokok
Ada 6 cara untuk mengoptimalkan fungsi otak ALISSA yaitu:
Amankan , selalu lindungi otak karena otak sangat rentan
terhadap penyakit dan trauma fisik, lakukan latihan fisik yang membuat otak menjadi
kuat, selalu berikan suplai informasi dan gizi pada , buatlah otak rileks
dengan menikmati seni, berimajinasi , atau bermeditasi Sosialisasi , bergaul ,
bercengkrama , dan berdiskusi untuk mengoptimalkan otak, mencintai dengan
tulus, karena ampuh melawan stress yang merusak otak.
Law Of Atractian , kita selalu berfikiran positif,
beraksi/iktiar, dan bersyukur terhadap yang ada pada kita, karena apa yang kita
pikirkan dan kita usahakan adalah apa yang akan kita dapatkan, kesuksesan
adalah buah pikiran positif kita dalam memjalankan hidup ini. Kita adalah apa
yang kita pikirkan kata Budha, atau kata Winston Churchill anda menciptakan
alam semesta sendiri sepanjang perjalanan hidup anda, “ you create your own
universe as you go along .
Untuk membentuk manusia yang paripurna tidak hanya cukup
dengan cerdas pada intelegensia atau otak saja tapi manusia juga harus cerdas
emosi dan spiritual.
DAFTAR PUSTAKA
www. wikipedia
Indonesia, ensiklopedia bebas berbahasa Indonesia
Price, Wilson
,Anatomi dan Fisiologi System Saraf , Penerbit EGC, Jakarta 2006
Microsoft ®
Encarta ® 2006. © 1993-2005 Microsoft Corporation.
Bobbi De Porter
dan Mike Hernacki, Quantum Learning.Kaifa, 2005
TIM POWER BRAIN
INDONESIA, Latihan Otak.Nuansa, 2005
Taufik Pasiak,
Manajemen Kecerdasan , memberdayakan IQ,EQ, dan SQ Untuk
Kesuksesan Hidup,
Mizan, 2006
Daniel Goleman,
Emotional Intelligence, Alih Bahasa T. Hermaya, Penerbit Gramedia
Jakarta, 1997
Armahendi Mahzar,
Kecerdasan Spiritual Danah Zohar, Sebuah Telaah Kritis tentang SQ, Journal of
Psyche, Desember 2002, Paramartha
Frager R (Syekh
Ragib al-Jerahi Hati Diri dan Jiwa , Psikologi Sufi untuk Transformasi,
(Heart, sefl,
& Soul) Penerjemah Hasmiyah Rauf, Penerbit Serambi, Jakarta,
2003
1 komentar:
Izin ya admin..:)
Yuk dapatkan hadiah ny dengan modal 20rb saja sudah bisa menikmati semua permainan poker di ARENADOMINO loh yuk langsung saja.. WA +855 96 4967353
Posting Komentar