Selasa, 12 Maret 2019

Metode dan Cara Menghafal AlQuran Dengan Cepat Mudah dan Lancar


Metode dan Cara Menghafal AlQuran Dengan Cepat Mudah dan Lancar



Cara Menghafal Al-Qur’an – Menghafal Al-Qur’an adalah impian semua orang yang memahami keutamaan bagi orang-orang yang menghafal Al-Qur’an. Dan menghafal Al-Qur’an itu, karena Allah sendiri yang mengatakan bahwa Al-Qur’an itu mudah. Ini berlaku bagi siapa pun, termasuk anda.

Meskipun Allah telah menjamin bahwa menghafal Al-Qur’an itu mudah, nyatanya banyak juga orang yang sangat sulit untuk menghafal Al-Qur’an. Bahkan untuk mengahfal satu ayat saja, mereka membutuhkan waktu yang sangat lama, dan setelah hafal juga cepat lupa.

Nah, bagi anda yang merasa termasuk salah dari mereka yang kesulitan menghafal Al-Qur’an, bergembiralah karena pada kesempatan kali ini, kami akan memaparkan dengan rinci cara menghafal Al-Qur’an dengan sangat mudah. Dengan mempraktekkan poin-poin pada tulisan ini, anda akan bisa menghafal Al-Qur’an 30 juz dengan cepat dan mudah.

Cara Menghafal Al-Qur’an Dengan Mudah dan Cepat

cara menghafal alquran

Saat anda menghafal Al-Qur’an dan merasa kesulitan mengahafal ayat demi ayat, ketahuilah bahwa bukan ayatnya yang susah, tapi mungkin cara anda menghafal yang mesti dirubah. Tidak ada ayat yang sulit, ini telah diterangkan langsung oleh Allah dalam Al-Qur’an bahwa Al-Qur’an itu mudah.

Berikut ini beberapa cara mengahfal Al-Qur’an dengan mudah, cepat dan lancar:

1. Niat Ikhlas Karena Allah

cara cepat menghafal al quran
Sumber: pinterest.com
Sebelum memulai menghafal Al-Qur’an, niat harus menjadi perhatian utama. Untuk apa anda menghafal Al-Qur’an? Apakah anda menghafal Al-Qur’an karena ingin dikatakan Hafizh? ataukah anda ingin menghafal Al-Qur’an agar bisa mendapatkan pekerjaan atau melanjutkan pendidikan dengan mudah? Apakah anda ingin mengahafal Al-Qur’an semata-mata untuk menyenangkan hati orangtua?

Bila niat anda menghafal Al-Qur’an karena hal-hal tersebut, maka sangat wajar bila anda merasakan kesulitan dalam menghafal. Dalam menghafal Al-Qur’an, niat harus benar-benar murni karena ingin mendapatkan ridho Allah Ta’ala. Ada pun nikmat dunia, insya Allah akan berikan kepada para penghafal Al-Qur’an.

Kemudian bila anda merasa telah ikhlas semata karena anda menghafal, lalu masih merasa kesulitan, bersabarlah. Mungkin beberapa waktu kemudian anda akan benar-benar merasakan kemudahan dalam menghafal, atau Allah menghendaki pahala yang banyak kepada Anda dengan terus mengulangi ayat demi ayat Al-Qur’an.

2. Mulai Dari Sekarang

cara menghafal cepat al quran

Kalau anda tidak segera mulai menghafal, kapan anda dapat menyelesaikan hafalan tiga juz. Tidak perlu menunggu momen yang tepat. Mulailah menghafal sedikit demi sedikit dari sekarang. Menunda-nunda waktu akan membuat semangat anda untuk khatam 30 juz perlahan akan luntur.

3. Menghafal Dari Satu Cetakan Mushaf

cara menghafal alquran

Menghafal Al-Qur’an dari cetakan yang sama akan sangat berpengaruh pada kecepatan menghafal anda. Hafalan akan lebih mudah lengket dalam memori anda, bila mushaf yang anda gunakan dari satu cetakan yang sama. Sangat tidak disarankan bergonta-ganti mushaf dalam menghafal, karena sangat mempengaruhi kecepatan hafalan, maupun kekuatan hafalan.

elain Cetakan yang sama, gunakan Al-Qur’an yang lebih mudah anda baca. Anda bisa membeli Al-Qur’an dari cetakan-cetakan yang terkenal lalu konsisten menggunakan mushaf tersebut, baik saat masih menghafal maupun setelah anda selesai menghafal dan mulai masuk apda tahap murojaah.

3. Baca Berulang-Ulang

cara menghafal quran

Tidak orang yang bisa menghafal banyak ayat-ayat Al-Qur’an bila malas membaca dan mengulang-ulang ayat tersebut. Ketahuilah mereka yang terkenal cepat hafalannya, kesungguhannya mengulang-ulang ayat yang mereka hafal itulah kuncinya. Semakin sering anda mengulangi satu ayat, akan lebih mudah ayat tersebut lengket diingatan anda.

4. Menyetorkan Hafalan Dihadapan Qori Yang Lebih Mahir

cara mudah menghafal alquran

Berapa pun ayat yang anda hafal, setorkan kepada orang yang bacaannya bagus dan faham ilmu tajwid. seperti imam-imam masjid, guru tahfiz, guru ngaji di mana pun. Usahakan menyetorkan hafalan Al-Qur’an minimal satu kali setiap hari. Agar anda bisa lebih cepat menyelesaikan hafalan tiga puluh juz sempurna, disiplinlah dalam menyetorkan hafalan, jangan lewat satu hari tanpa menyetorkan hafalan.

Untuk menyetor hafalan Al-Qur’an, tidak mesti menunggu sampai satu lembar atau satu halaman baru menyetorkannya. Kalau dalam satu hari cuma bisa hafal satu ayat, setorkan yang telah anda dapat hafal hari itu. Dengan menyetorkan hafalan, motivasi untuk menambah hafalan baru akan lebih meningkat.

cara-menghafal-al-quran

Setorkan hafalan anda pada orang yang memang bacaannya bagus dan faham ilmu tajwid. Jangan setorkan hafalan kepada orang yang bacaannya tidak baik, apalagi kalau dia tidak faham ilmu tajwid. Ini akan sangat berpengaruh pada bagus tidaknya hafalan anda. Bila anda menyetorkan hafalan kepada orang yang tidak ahli, boleh jadi dia melewatkan kesalahan yang anda lakukan dalam menghafal, dan anda pun tetap dalam kesalahan tersebut.

5. Menghafal Pada Waktu Terbaik untuk Menghafal

cara menghafal alquran dengan mudah
Secara umum, waktu terbaik untuk menghafal adalah sebelum dan setelah fajar. Pada waktu ini, otak masih segar dan keadaan juga tenang, sehingga hafalan akan lebih cepat masuk saat menghafal pada waktu-waktu tersebut.

Bukan berarti anda hanya menghafal pada itu saja, karena sebagian orang merasa hafalannya lebih mudah masuk pada waktu dhuha, yang lain mengatakan lebih suka menghafal setelah zuhur, sebagian mengatakan hafalannya lebih cepat masuk setelah asar, atau magrib, atau setelah isya. Setiap orang memang memiliki perbedaan dalam hal ini.

6. Tidak Menghafal banyak sekaligus

cara mudah menghafal quran
Sumber: isalmicwisdom.net
Saat baru mulai menghafal, jangan paksakan diri anda menghafal Al-Qur’an dalam jumlah yang banyak sekaligus. menghafal sedikit demi sedikit secara konsisten jauh lebih baik.
Anda boleh-boleh saja menghafal dan menyetorkan hafalan setiap hari dengan jumlah yang banyak, misal seperempat juz, namun hal itu harus diimbangi dengan waktu murojaah yang lebih banyak pula. Hal ini untuk tetap menjaga kekokohan hafalan anda.

7. Mengutamakan Durasi

cara mudah menghafal al quran
Komitmenlah pada durasi waktu anda mengahfal, bukan pada jumlah ayat yang harus anda hafal. Bila anda biasanya menghafal selama dua jam setiap hari, komitmenlah dengan dua jam tersebut. Berapa ayat pun yang anda hafal, yang terpenting anda harus mengahfal selama dua jam.

8. Menghafal Dengan Metode Yang Paling Cocok Dengan Anda

hafalan alquran
Setiap orang punya cara yang lebih mudah untuk meghafal. Jangan paksakan mengikuti suatu metode menghafal hanya karena orang lain bisa menghafal cepat dengan metode tersebut. Anda boleh mencobanya, bila sesuai, ikuti. Bila tidak sesuai, sebaiknya pakai metode yang lain.

9. Mengulangi Hafalan Setiap Waktu Sholat

menghafal al quran
Manfaatkan waktu sebelum atau sesudah sholat wajib lima waktu untuk menghafal atau mengulangi hafalan. Sisihkan waktu minimal 15 menit dan konsistenlah. Anda bisa manfaatkan waktu menunggu waktu sholat sambil mengulangi hafalan. Dengan demikian, anda juga bisa sholat tepat waktu lima kali sehari.

Bila anda konsisten mengulangi hafalan 15 atau 20 menit sebelum atau sesudah sholat wajib lima kali sehari, maka insya Allah hafalan anda bisa tetap terjaga tanpa memberatkan anda terkait dengan waktu mengahfal.

10. Meluangkan Waktu Khusus Untuk Mengulang Hafalan

menghafal al quran sendiri
Selain waktu sholat wajib 5 kali sehari, anda juga harus meluangkan waktu khusus setiap ahri untuk murojaah hafalan. Ini demi kelancaran dan kekokohan hafalan anda. Semakin banyak hafalan anda, semakin banyak pula waktu yang harus anda alokasikan untuk mengulang.

11. Mengurangi Makan, Berbicara, dan Tidur

tips menghafal al quran
Tanpa disadari, hal-hal diatas sangat berpengaruh pada kecepatan hafalan dan kemampuan mengingat hafalan. Banyak tidur, makan, dan berbicara akan membuat otak menjadi lemah dalam menghafal, terutama dalam menghafal Al-Qur’an.

12. Menghafal Untuk Setia, Bukan Untuk Khatam

metode menghafal al quran
Saat mulai menghafal, niatkan untuk menghafal bukan untuk khatam tapi untuk setia dengan Al-Qur’an, agar setelah menyelesaikan hafalan 30 juz, anda tidak meninggalkan Al-Qur’an dan tetap semangat mengulang hafalan. Tetap menjaga metode dalam Cara Menghafal Al-Qur’an yang kamu sukai karen dengan demikian akan lebih membuat kamu senang dengan Al-Qur’an.

13. Banyak Berdoa

cara cepat menghafal alquran
Kita sebagai manusia hanya bisa berusaha Cara Menghafal Al-Qur’an, Allah yang menentukan dengan kehendaknya. Karena itu, perbanyaklah doa memohon kekuatan hafalan. Gunakan waktu-waktu doa mustajab untuk memohon agar Allah memberikan anda semagat dan kemudahan dalam menghafal kitabNya.


Kesimpulan

Dalam cara menghafal Al-Qur’an bagi seorang muslim merupakan suatu amalan yang akan sangat baik bagi dirinya dan untuk orang lain. Tidak hanya itu. mulai mempelajari membaca Al-Qur’an sejak dini kepada anak dan diri sendiri juga menjadi hal yang sangat baik. Jadilah orang-orang yang disenangi oleh Allah karena kecintaan kalian  kepada Al-Qu’ran


1 komentar:


Izin ya admin..:)
Main dan Menangkan permainan bersama kami di ARENADOMINO 8 permainan poker online tanpa robot silahkan main dan buktikan sendiri jika kesulitan bisa
dibantu dalam pendaftaran silahkan langsung bergabung untuk info lebih jelas WA +855 96 4967353

Posting Komentar