Selasa, 24 September 2019

USIA BIOLOGIS DAN PERBEDAANNYA DENGAN USIA KRONOLOGIS

USIA BIOLOGIS DAN PERBEDAANNYA DENGAN USIA KRONOLOGIS


Kapan hari ulang tahun anda?. Kita pasti merayakan hari kelahiran kita setiap tahunnya. Dengan begitu kita dapat menghitung dan mengetahui berapa usia kita. Tapi baru-baru ini para peneliti telah menemukan bahwa tubuh biologis kita juga memilki usia.

Apa itu usia biologis? dan bagaimana kita bisa mengetahuinya?. Simak terus ya.

Apa Itu Usia Biologis

Usia biologis atau disebut juga fisiologis usia adalah ukuran dari seberapa baik atau buruk tubuh kita berfungsi terhadap usia sebenarnya. Misalnya, anda mungkin memiliki usia kronologis 65, tapi 
karena sehat, aktif dan menerapkan gaya hidup sehat tubuh Anda secara fisiologis lebih mirip dengan seseorang dengan usia kronologis 55. Jadi usia biologis anda adalah 55.

Faktor yang Mempengaruhi Usia Biologis

Usia biologis dipengaruhi oleh banyak faktor seperti gaya hidup. Kebiasaan yang sehat dapat berdampak signifikan pada umur yang lebih panjang dan usia biologis kita. Termasuk kebiasaan olahraga, kebiasaan makan, tingkat stres, alkohol, tingkat pendidikan, jumlah tidur, hubungan seksual, faktor keturunan.

Faktor keturunan atau gen juga bertanggung jawab terhadap usia biologis. Sama seperti penyakit yang diturunkan dari dalam keluarga begitu juga dengan umur panjang.

Bagaimana Cara Mendeteksi Usia Biologis

Melalui tes urin

Peneliti di Cina mengatakan mereka telah menemukan cara untuk mendeteksi penuaan biologis melalui tes urin yang sederhana. Mereka berharap tes ini dapat digunakan dalam obat untuk pencegahan dan menentukan risiko seseorang terhadap kemungkinan mengalami penyakit tertentu yang berkaitan dengan usia.

Penelitian terhadap hewan telah ditemukan bahwa urin dapat digunakan untuk mendeteksi usia biologis. Dr Jian-Ping Cai, seorang peneliti yang terlibat dalam penelitian ini bersama rekan-rekannya melihat apakah ini juga dapat diterapkan bagi manusia.

Jae Hur PhD, Asisten Profesor Biologi Harvey Mudd College di California, mengatakan “Apa yang saya pikir paling menjanjikan dari penelitian ini adalah bahwa jika ada cara untuk secara akurat dan secara konsisten dapat menghitung usia fisiologis seseorang atau organisme, akan memberikan sebuah alat untuk mempelajari lebih lanjut perawatan melawan penuaan.

Itu berarti bahwa kita bisa mengikuti pengobatan untuk beberapa bulan atau tahun untuk menentukan efektivitas umur dari subjek.”

Metilasi tingkat masalah

Cara lain untuk menentukan umur biologis manusia adalah dengan metilasi DNA. Jurnal Nature mendefinisikan, metilasi adalah alat sinyal epigenetik umum yang menggunakan sel untuk mengunci gen dalam posisi ‘off’.” Peneliti menambahkan belum diketahui peran aktif dari metilasi, tetapi tampaknya metilasi DNA penting untuk diferensiasi sel dan perkembangan embrio. Ini menjelaskan bagaimana melihat sel-sel hati dan otak dapat berfungsi secara berbeda.

Tes seperti ini sebenarnya tidak begitu kita perlukan hanya untuk mengetahui usia bioligis. Bagaimana minat dan pilihan gaya hidup anda sendirilah yang berhubungan dengan kesehatan yang lebih baik. Seperti misalnya kita tahu bahwa merokok berdampak buruk terhadap kesehatan, kita tidak perlu melakukan tes kesehatan usia biologis jika kita masih merokok.

Usia Kronologis Dengan Usia Biologis

Usia kronologis

sia kronologis didefinisikan sebagai jumlah tahun seseorang telah hidup. Atau disebut juga sebagai usia dalam tahun kalender bumi mengelilingi matahari. Contohnya usia manusia 5 tahun adalah sebagai anak-anak, usia 16 tahun adalah memasuki usia remaja ke dewasa, 20 tahun ke 30 tahun disebut dewasa dan diatas 50 tahun sebagai orang tua.

Usia Biologis

dapat direkam. Bukan berdasarkan hari kelahiran yang dapat dihitung melalui kalender.

Manusia pada dasarnya memiliki jalan biologis yang sama. Misalnya pada masa awal pubertas dan peningkatan hormon seks. Kenaikan dan penurunan hormon pertumbuhan manusia, kejadian mielinasi di otak, dan degradasi jaringan tertentu seiring bertambahnya usia.

Penuaan adalah satu-satunya faktor resiko terbesar untuk pengembangan beberapa penyakit seperti kanker, diabetes tipe 2, gagal ginjal, kegagalan paru-paru, gagal jantung, dan banyak lagi.

Penuaan masih menjadi sebuah misteri bagaimana dan pada tingkat apa usia tubuh dapat diukur. Semakin dewasa secara biologis seseorang maka semakin berkurang kemampuan mereka dalam menghadapi tekanan biologis pada tubuh mereka. Sehingga rentan terhadap terkena penyakit.

Bagaimana Cara Terbaik Untuk Memaksimalkan Usia

Faktor lingkungan memegang peranan penting terhadap usia. Lingkungan yang aman dan sehat dengan infrastruktur kesehatan umum yang baik, memiliki dokter kepercayaan untuk konsultasi kesehatan dengan baik, serta menerapkan kepedulian terhadap gaya hidup sehat adalah beberapa hal yang bisa memaksimalkan usia.

Menerapkan perilaku sehat untuk membuat usia biologis anda lebih muda dari usia berdasarkan kalender anda. Beberapa hal yang bisa anda lakukan adalah :

  • Tidak Merokok
  • Istirahat cukup
  • Menghindari atau meminimalkan stres
  • Menikmati hidup
  • Perbanyak Makan buah dan sayuran
  • Meningkatkan kualitas hubungan sosial
  • Menjaga tekanan darah tetap normal
  • Menghindari alkohol,
  • Menghindari konsumsi berlebihan gula, garam, lemak jenuh dan
  • karbohidrat yang diproses
  • Mengurangi racun lingkungan seperti asap dan polusi
  • Berolahraga secara teratur, termasuk kekuatan pelatihan dan kardio untuk jantung dan paru-paru
Kesimpulannya, menjaga kesehatan adalah sangat penting. Kesehatan tidak hanya dapat mempengaruhi usia kronologis kita tetapi juga usia biologis. Kita sudah paham betul jika kita dapat menjaga kesehatan dengan baik maka menurunkan resiko terhadap berbagai penyakit yang dampaknya kita bisa berumur lebih panjang.




0 komentar:

Posting Komentar