Rabu, 25 September 2019

Tujuh Manfaat yang Didapat dari Tadarus


Tujuh Manfaat yang Didapat dari Tadarus


Halo apa kabar? Bagaimana puasanya hari ini? Semoga masih tetap semangat ya. Menjalani ibadah puasa bukan berarti membuat kita harus bermalas-malasan lho. Puasa harus dijalani dengan semangat, melakukan aktivitas seperti biasanya. Bahkan di bulan penuh berkah ini kita bisa melakukan aktivitas tambahan yang bermanfaat dari hari-hari biasanya.

Apa itu? Tadarus. Ya di bulan ramadan ini tadarus menjadi salah satu kegiatan yang banyak dilakukan sambil menunggu waktu berbuka datang. Tadarus artinya membaca dan mempelajari isi Al Qur'an. Tadarus ini memiliki tujuh manfaat lho.

1. Mendapat ketenangan jiwa

Bacaan Al Qur'an akan membuat hati menjadi lapang dan jiwa menjadi tenang. Tadarus bisa menjadi obat jiwa bagi yang melakukannya. Sebagaimana yang ditulis dalam Al Qur'an surat Al-Israa ayat 82 : "Dan kami turunkan dari Al'Qur'an suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman"

2. Mendapat pertolongan

Membaca Al Qur'an akan membuat kita menerima syafaat (pertolongan) di hari akhir nanti.

3. Bebas pikun

Membaca Al Qur'an ternyata juga bisa membuat kita terhindar dari penyakit lupa alias pikun lho. Ajaib ya? Tapi ini benar adanya. Ini berdasarkan dari hadist nabi lho. "Barang siapa yang membaca Al'Qur'an (secara terus menerus) tidak akan terjerumus kedalam kepikunan "(HR. Muslim).

4. Menjadi umat terbaik

Siapakah umat terbaik itu? Umat terbaik adalah mereka yang gemar membaca Al Qur'an. Seperti yang diriwayatkan dalam sebuah hadist, "Sebaik-baiknya orang diantara kamu adalah orang yang belajar Al'Qur'an dan mengajarkannya" (HR. Bukhari Muslim). Nah bagaimana? Mau jadi umat terbaik? Yuk tadarusan!.

5. Ladang pahala

Tadarus adalah kegiatan yang bisa menjadi ladang pahala bagi kita. Menjadi cara mengumpulkan pundi-pundi kebajikan. Setiap kita membaca satu huruf Al Qur'an, kita akan memperoleh satu kebajikan. Bayangkan berapa banyak kebajikan yang kita dapatkan bila kita baca satu surat dalam Al Qur'an? Bahkan satu juz setiap harinya.

6. Jadi orang beriman

Membaca Al Qur'an pada akhirnya akan membuat kita menjadi orang beriman. Sebagaimana firman Allah, "Orang-orang yang telah kami berikan Al-kitab kepadanya, mereka membacanya dengan bacaan yang sebenarnya, mereka itu beriman kepadanya" (QS. Al-Baqarah : 121).

7. Pengisi waktu yang bermanfaat

Tadarus menjadi aktivitas yang bermanfaat untuk mengisi waktu menjalani ibadah puasa. Daripada kita menonton TV atau hanya bermain media sosial, lebih baik tadarus saja. Bagaimana? Setuju tidak?

Demikian tujuh manfaat tadarus bagi kita. Saya yakin sebenarnya masih banyak lagi manfaat yang kita peroleh dari tadarus. Mari semangat membaca dan mempelajari kalam-kalam Allah. Lakukan dengan ikhlas dan niat yang tulus. Semoga Allah memberi rahmat bagi kita semua. Amin.



0 komentar:

Posting Komentar