Jumat, 13 September 2019

17 Manfaat Buah Melon Bagi Kesehatan Yang Terbukti Secara Ilmiah


17 Manfaat Buah Melon Bagi Kesehatan Yang Terbukti Secara Ilmiah


Sebagian besar dari kita pasti mengenal dan pernah mengonsumsi buah yang satu ini. Buah dengan bentuk bulat dan rasa yang manis ini banyak tumbuh di negara beriklim tropis. Meskipun sudah amat di kenal dan sering di konsumsi, tahukah Anda manfaat buah melon yang terbukti secara ilmiah?

Sebelum kita mengulas lebih lanjut tentang manfaat buah melon, mari kita mengenal lebih dekat dengan buah yang satu ini. Di Indonesia, buah melon telah lama menjadi primadona dan mudah untuk ditemui. Kebanyakan orang Indonesia menyajikannya dalam bentuk es buah, manisan buah atau di konsumsi langsung.

Melon merupakan nama buah yang termasuk ke dalam suku labu-labuan atau cucurbitaceae. Tumbuhan yang merambat dan menjalar, daunnya berbentuk menjari, dan tekstur daging buahnya lembut dan berair dan berwarna putih sampai merah.

Melon memiliki jenis, bentuk dan spesies yang beragam, buah ini pertama kali tumbuh di lembah Persia. Dan masuk ke Indonesia sekitar tahun 1970. Seiring berjalannya waktu, buah ini semakin banyak dibudidayakan. Dan di era 1990-an merupakan puncak pengembangan melon di Indonesia.

Lebih lanjut tentang kandungan dan manfaat apa saja yang ada di dalam buah melon, mari kita simak terus penjelasannya di bawah ini.

Nilai Gizi dan Kandungan Buah Melon

Buah ini kaya akan berbagai mineral, sangat rendah kalori dan lemak. Buah ini merupakan sumber vitamin A yang sangat baik, (100 g menyediakan 3382 IU atau sekitar 112% dari tingkat harian yang disarankan) salah satu yang tertinggi di antara buah cucurbita.

Vitamin-A mengandung antioksidan yang tinggi dan sangat penting untuk penglihatan yang sehat. Selain itu diperlukan juga untuk menjaga kesehatan mukosa dan kulit.

Di samping itu, melon juga kaya akan antioksidan flavonoid seperti beta-karoten, lutein, zeaxanthin, dan cryptoxanthin. Antioksidan ini memiliki kemampuan untuk membantu melindungi sel dan struktur lain di dalam tubuh dari radikal bebas. Kekuatan antioksidan total terhadap kapasitas absorbans radikal oksigen (ORAC) melon adalah 315 mcmol TE / 100 g.

Dalam 100 gram  buah melon, terkandung  zat-zat gizi sebagai berikut (Sumber: USDA National Nutrient data base):

Kandungan                              Nilai gizi                       Persentase RDA
Energi                                      34 Kcal                        1,5%
Karbohidrat                             8,6 g                            6,5%
protein                                     0,84 g                          1,5%
Lemak total                             0,19 g                          <1%
Kolesterol                                0 mg                            0%
Serat makanan                       0,9 g                            2,25%
Vitamin                       
Asam folat                               21 mcg                        5%
Niacin                                      0,734 mg                     4,5%
Asam pantotenat                     0,105 mg                     2%
Pyridoxine                               0,072 mg                     5,5%
Riboflavin                                0,026 mg                     2%
Thiamin                                   0,017 mg                     1%
Vitamin A                                3382 IU                       112%
Vitamin C                                36,7 mg                       61%
Vitamin E                                0,05 mg                       0,5%
Vitamin K                                2,5 mcg                       2%
Elektrolit                     
Sodium                                    1 mg                            0%
Kalium                                     267 mg                        6%
Mineral                       
Kalsium                                   9 mg                            1%
Tembaga                                 41 mcg                        4,5%
Besi                                         0,21 mg                       2,5%
Magnesium                             12 mg                          3%
manggan                                 0,041 mg                     2%
Seng                                        0,18 mg                       1,5%
Phyto-nutrient            
Karoten-alpha                         2020 mg                      -
Crypto-xanthin-beta                1 mg                            -
Lutein-zeaxanthin                    26 mcg                        -

*RDA = recommended daily allowance, jumlah nutrisi harian yang direkomendasikan untuk kesehatan tubuh optimal.

Manfaat Buah Melon bagi Kesehatan Tubuh Kita

Berdasarkan zat-zat nutrisi yang terkandung dalam buah melon sebagaimana tertera pada tabel di atas serta didasarkan pada penelitian-penelitian ilmiah, inilah beberapa manfaat buah melon untuk kesehatan tubuh manusia.

1. Baik untuk Kesehatan Jantung

Melon dapat membantu kesehatan jantung dengan dua cara. Pertama, dengan tingkat serat makanannya yang tinggi, yang dapat membantu mengurangi kolesterol "jahat" di tubuh, sehingga mampu melindungi tubuh terhadap aterosklerosis.

Kedua, juga karena kandungan kaliumnya yang tinggi, yang bertindak sebagai vasodilator, yang mana dapat mengurangi tekanan darah Anda, sehingga menurunkan kemungkinan terkena penyakit jantung koroner, atau menderita stroke / serangan jantung.

2. Baik untuk Kesehatan Pencernaan

Serat makanan, terutama serat larut seperti pektin, yang terkandung pada melon sangat tinggi. Serat ini dapat membantu menghilangkan sembelit, membuat buang air besar menjadi lancar dan mampu mengatasi masalah gastrointestinal (pencernaan) lainnya. Serat terlarut yang terkandung dalam buah melon membuat kita merasa kenyang, sehingga kita tak perlu makan berlebihan. Oleh sebab itu buah ini sangat cocok untuk Anda yang sedang berdiet atau ingin mengontrol berat badan.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh dan Mencegah Kanker

Manfaat melon di atas diperantarai oleh kandungan vitamin C yang tinggi, vitamin A, serta karotenoid dan bioflavonoid. Semua zat tersebut bersifat antioksidan sehingga mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Itulah mengapa mengonsumsi buah melon dapat melindungi tubuh kita dari berbagai penyakit termasuk kanker.

Lebih khusus, melon juga mengandung senyawa organik yang telah dikaitkan langsung dengan pengurangan kanker paru-paru, mulut, usus besar, dan payudara.

4. Menjaga Kesehatan Kardiovaskular

Melon ini kaya potassium yang mengontrol tekanan darah, sehingga menjaga kesehatan jantung Anda. Mineral ini juga mencegah hipertensi dan mencegah sodium agar tidak membahayakan tubuh lebih lanjut.

Melon juga kaya akan senyawa yang disebut adenosine yang bermanfaat bagi jantung karena memiliki sifat pengencer darah. Ini mencegah pembekuan darah dalam sistem kardiovaskular. Vitamin C mencegah arteriosklerosis yaitu pengerasan arteri sementara folat membantu mencegah serangan jantung.

5. Mengurangi Stres

Pekerjaan dan banyaknya tugas membuat Anda menjadi stres? Cobalah memetik manfaat buah melon, karena buah ini kaya akan potassium yang dapat menormalkan detak jantung dan meningkatkan suplai oksigen ke otak, sehingga membuat Anda merasa lebih rileks dan fokus.

Selain itu melon mengandung superoksida dismutase yang dapat memerangi stres dengan menurunkan tekanan darah dan menenangkan saraf. Ini sekaligus mencegah kematian sel akibat stres oksidatif.

6. Mencegah Nefropati Diabetik

Nefropati diabetik adalah kelainan ginjal dimana sel ginjal mengalami kerusakan yang berbahaya. Ekstrak melon yang dikenal dengan "oxykine" bisa mencegah kondisi ini.

Selain itu, melon juga memiliki indeks glisemik rendah (GI) yang berarti bahwa fruktosa dan glukosa yang terkandung dalam blewah adalah gula sederhana. Dengan demikian, buah ini aman bagi penderita diabetes dan mereka yang menderita obesitas.

7. Bermanfaat untuk Paru-Paru

Barangkali banyak dari kita yang belum mengetahui bahwa melon adalah salah satu buah terbaik untuk paru-paru kita? Asupan melon secara teratur mengisi tubuh dari hilangnya vitamin A selama beberapa periode yang disebabkan oleh karena merokok terus menerus atau terpapar asap rokok bebas.

Melon membantu meremajakan paru-paru dan sangat bermanfaat bagi perokok yang paru-parunya telah rusak parah akibat merokok.

8. Pengobatan Insomnia

Mungkin Anda salah satu penderita insomnia dan kesulitan mengatasinya? Jangan khawatir, Anda bisa memetik manfaat dari buah melon, karena melon mengandung senyawa uniquecompound yang baik untuk fungsi saraf dan menenangkan kecemasan.

Dengan demikian, buah ini akan membantu penderita insomnia untuk menyingkirkan gangguan tidurnya dengan menenangkan sistem saraf mereka.

9. Meringankan Masalah Menstruasi

Vitamin C yang terkandung dalam buah melon efektif dalam mengatur aliran menstruasi dan mengurangi kram menstruasi pada wanita. Konsumsi melon secara teratur selama menstruasi dapat mengurangi aliran dan pembekuan secara signifikan, hal ini juga dapat menghilangkan masalah menstruasi lainnya.

Kadangkala melon juga digunakan untuk menginduksi menstruasi.

10. Membantu Mengurangi Berat Badan

Melon dapat membantu penurunan berat badan karena rendah kalori dan tinggi serat. Mengisi perut dengan mengonsumsi makanan tinggi serat dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Sehingga mencegah Anda dari makan berlebih dan keinginan mengemil di sela waktu malam.

11. Bermanfaat Bagi Ibu Hamil

Asam folat sering direkomendasikan bagi wanita yang ingin hamil dan juga bagi mereka yang sedang hamil. Kandungan folat yang tinggi dalam buah melon membantu memproduksi dan memelihara sel-sel  baru, terutama pada wanita hamil dan juga mencegah gangguan pada janin.

12. Meringankan Sakit gigi

Siapa sangka, buah melon bisa meringankan sakit gigi. Ternyata manfaat tersebut terkandung dalam kulit melon. Untuk memperoleh manfaat buah melon yang satu ini, Anda perlu mengambil sekitar 6 gram kulit melon, ditambahkan air dan didihkan sampai matang. Dinginkan, saring dan gunakan sebagai obat kumur.

13. Meremajakan Kulit, Regenerasi Kulit dan Anti Penuaan

Melon mengandung Vitamin K dan E yang berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit dan mampu membuat kulit bercahaya. Kandungan air yang tinggi mampu menghidrasi kulit Anda dari dalam. Selain itu, melon juga merupakan sumber vitamin B, kolin, dan betaine yang baik yang dapat membuat kulit Anda tetap segar dan terlihat awet muda.

Kandungan Vitamin A dan C yang tinggi dalam buah melon dapat mendorong regenerasi kulit dan pembentukan kolagen, dan jaringan ikat yang memberi kesan muda pada kulit Anda.

Asam folat yang melimpah memudahkan proses regenerasi sel, sehingga membuat kulit Anda selalu sehat dan mencegah kerusakan akibat radikal bebas. Dengan begitu, melon mampu mempertahankan elastisitas kulit dan memfasilitasi sintesis kolagen, sehingga memberikan manfaat anti penuaan pada kulit Anda.

14. Memerangi Rambut Rontok

Inositol adalah bentuk Vitamin B yang dibutuhkan untuk mencegah kerontokan rambut dan meningkatkan pertumbuhan rambut. Vitamin ini banyak ditemukan pada buah sitrus kecuali lemon. Melon mengandung inositol yang cukup banyak. Konsumsi rutin buah ini bisa merangsang pertumbuhan rambut.

Rambut rontok juga diatasi dengan memanfaatkan lidah buaya, baca juga: Manfaat lidah Buaya untuk Rambut

15. Meringankan Eksim Dan Masalah Kulit Lainnya

Mungkin Anda merasa heran akan manfaat buah melon dalam pengobatan eksim. Namun memang sudah banyak yang membuktikan bahwa jus melon merupakan lotion efektif untuk mengobati eksim dan menghilangkan bintik-bintik. Selain itu juga bisa digunakan sebagai pertolongan pertama untuk luka bakar dan lecet.

16. Menjaga Kesehatan Mata dan Penglihatan

Manfaat buah melon yang satu ini sudah tidak diragukan lagi. Vitamin A yang terkandung dalam melon memiliki karotenoid yang secara khusus melindungi kesehatan mata kita.

Beta karoten dapat mencegah degenerasi makula, kerentanan lutea terhadap radiasi UV, dan katarak. Kandungan zat betakaroten juga berguna untuk meningkatkan ketajaman penglihatan dan menjaga kesehatan mata.

17. Mencegah dan Aman untuk Penderita Diabetes

Pektin dalam melon juga dapat membantu mencegah diabetes, karena pektin dan bentuk serat makanan lainnya mengatur pelepasan glukosa ke dalam aliran darah secara perlahan. Tidak seperti gula  dan karbohidrat sederhana lainnya.

Hal ini menjadi pertanda baik untuk pasien diabetes dan orang-orang yang berisiko terkena diabetes, karena dengan mengonsumsi buah melon secukupnya penderita diabetes aman dari lonjakan dan naiknya gula darah yang bisa sangat berbahaya bagi kesehatan.

Melon juga bebas kolesterol dan memiliki kandungan karbohidrat yang rendah sehingga benar-benar aman untuk pasien diabetes.

Di balik rasanya yang manis dan menyegarkan, begitu banyak bukan manfaat buah melon untuk kesehatan tubuh kita? Dengan mengetahui berbagai manfaat dan kandungan yang terdapat di dalamnya, semoga lebih menambah pengetahuan kita akan dunia kesehatan dan membuat kita untuk terus tergerak menjaga gaya hidup sehat dengan rutin mengonsumsi buah-buahan setiap harinya.

Konsumsilah sesuai kebutuhan dan anjuran yang telah ditetapkan, jangan berlebihan.


0 komentar:

Posting Komentar