Jumat, 13 Juli 2018

8 manfaat kesehatan dari extra virgin olive oil


8 manfaat kesehatan dari extra virgin olive oil



Apa itu extra virgin olive oil?, Extra virgin atau seringkali disebut dengan EVOO atau extra virgin saja adalah minyak zaitun murni yang memiliki warna yang hampir mirip dengan warna emas. Extra virgin ini merupakan minyak zaitun berkualitas tertinggi dan mempunyai harga jual yang paling mahal dibanding dengan minyak zaitun lainnya. Selain itu minyak ini mempunyai rasa yang hampir mirip dengan buah zaitun segar

Penamaan extra virgin dipakai untuk menunjukan bahwasannya minyak tersebut benar-benar berasal dari buah zaitun yang diambil sarinya serta merupakan perahan pertama dari buat tersebut. Dan perahan pertama inilah yang menghasilkan minyak paling bagus kualitasnya. Sudah sejak jaman dahulu minyak ini sudah terkenal dengan julukan “cariran emas” yang bermanfaat sebagai obat luar, untuk mengatasi dan menanggulangi berbagai macam gangguan kulit dan rambut. Extra virgin ini juga dapat dikonsumsi langsung karena memiliki banyak kandungan vitamin serta mineral yang baik untuk kesehatan.

Extra virgin olive oil atau minyak zaitun murni memiliki banyak kandungan nutrisi serta vitamin yang berguna bagi kesehatan. Kandungan yang terdapat didalam minyak zaitun murni adalah :

Zat besi

Kalsium

Squalene

Pottasium

Polifenol

Triglesida

Oleic Acid

Tokoferol

Senyawa fenolik

Vitamin A, B1, B2, C, D, E dan K

Nah itulah kandungan yang terdapat didalam extra virgin olive oil. selanjutnya kita akan membahas lebih jauh mengenai beberapa manfaat kesehatan yang diperoleh dari extra virgin olive oil. Berikut diantaranya :

Menjaga Kesehatan Jantung

Extra virgin olive oil dapat menurunkan kadar lemak jahat yang ada dalam tubuh dan meningkatkan kadar lemak baik. Jika kolesterol dalam darah menurun, maka secara otomatis kesehatan pembuluh darah organ jantung juga akan terjaga. Mengkonsumi extra virgin olive oil secara teratur dapat menghindari resiko terserang penyakit jantung seperti jantung koroner, stroke, dan berbagai penyakit lainnya.

Menjaga Kesehatan Rambut

Rambut kita sering mengalami kerusakan akibat produk-produk kesehatan yang mengandung sulfat, kandungan sulfat dapat membuat kelembaban rambut menghilang. Oleskan minyak ini pada seluruh rambut, gunakan minyak ini secara rutin dan teratur untuk mendapatkan hasil yang optimal sehingga rambut akan kembali lembut dan sehat berkilau.

Menjaga Kesehatan Bibir

Bibir kering dan pecah-pecah di karenakan oleh kurangnya nutrisi yang diterima oleh bibir. Untuk mengembalikan kelembaban dan kesehatan bibir, sebaikknya oleskan extra virgin olive oil pada area bibir pada malam hari menjelang tidur.

Menjaga Kesehatan Kuku

Ternyata jemari tangan dan kaki yang direndam dengan larutan minyak zaitun dan air hangat memiliki khasiat untuk memperkuat kuku dan juga dapat melembutkan kuku. Cobalah rutin melakukan aktivitas ini satu kali seminggu selama 20 menit dan silahkan rasakan manfaatnya.

Sebagai Anti Oksidan

extra virgin olive oil mengandung polifenol yang sangat tinggi, zat jenis polifenol ini juga terdapat dalam buah anggur, jeruk, apel, dan teh hijau. Manfaat dari polifenol itu sendiri ialah menghindari kita dari serangan radikal bebas yang berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Sebagai Lotion Tubuh

Minyak zaitun murni dapat digunakan sebagai lotion dan bisa dioleskan pada seluruh tubuh. Hal ini berguna untuk menjaga kelembaban dan kelembutan kulit tubuh. Selain sebagai lotion, olive oil juga dapat dijadikan sebagai lulur atau sabun.

Mengilangkan Rasa Nyeri

Didalam olive oil terdapat senyawa oleokantan yang berguna untuk mencegah peradangan. Dengan menggunakan extra virgin olive oil dapat membantu pembentukan prostagladin yang merupakan salah satu penyebab nyeri.

Mengurangi Rasa Sakit pada Payudara

Menjelang masa kelahiran bayi puting payudara sang ibu cenderung terasa sakit akibat payudara yang terus membesar. untuk mengurangi rasa sakit oleskan extra virgin olive oil pada area puting secara teratur.

Itulah manfaat extra virgin olive oil atau minyak zaitun murni untuk kesehatan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda, terimakasih.



0 komentar:

Posting Komentar