Selasa, 10 Juli 2018

75 Manfaat Bekam untuk Kesehatan Tubuh yang Sangat Luar BiasaBy Nanda Manfaat Alami, Tips Kesehatan


75 Manfaat Bekam untuk Kesehatan Tubuh yang Sangat Luar BiasaBy Nanda Manfaat Alami, Tips Kesehatan


Manfaat bekam – Bekam biasa dilakukan untuk mengeluarkan darah kotor yang ada di tubuh guna mengobati berbagai penyakit dan mengeluarkan racun yang mengkontaminasi darah. Dalam masyarakat awam bekam lebih dikenal dengan kop yang biasa digunakan untuk mengurangi masuk angin.

Bekam diperkenalkan pertama kali oleh para muslim di zaman nabi muhammad SAW dan terus berkembang dalam sejarah islam. Terapi alternatif ini sangat ampuh mengurangi racun yang menumpuk di tubuh. Selain masalah kesehatan yang bisa diatasi dengan cara bekam, bekam sendiri juga dapat digunakan untuk merawat kecantikan.

Pada masa perkembangan islam di arab yang sudah ada sejak zaman bangsa Sumeria, bekam dilakukan menggunakan tanduk yang berkembang hingga saat ini sudah lebih canggih yaitu memakai semacam cup atau cangkir.

Bekam pertama kali dibawa para saudagar arab hingga mulai terkenal di indonesia sekitar tahun 1990an. Karena manfaatnya yang luar biasa sehingga bekam terus dilakukan hingga saat ini. Manfaat bekam bagi kesehatan dan kecantikan tubuh sangat beragam dari mengobati penyakit ringan hingga penyakit kronis.

Jangan lewatkan juga 26 Manfaat Air Putih Hangat untuk Kesehatan dan Kecantikan yang Wajib Diketahui

Banyak masyarakat yang bertanya apakan bekam hanya dilakukan untuk mereka yang sedang sakit saja? bukan hanya mereka yang sedang sakit yang bisa melakukannya tapi mereka yang tidak memiliki penyakit juga bisa melakukan bekam guna mengeluarkan darah kotor yang akan menjadi bibit penyakit dikemudian hari dan untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

MACAM-MACAM BEKAM

Bekam dapat dibedakan menjadi 2 jenis yaitu bekam kering dan bekam basah. Manfaat bekam bisa kita rasakan dari keduanya namun bekam basah akan mengandung lebih banyak manfaat nyata bagi tubuh.

Jenis terapi bekam yang pertama adalah bekam kering dan bekam basah. Bekam kering itu sendiri dilakukan pada bagian tubuh tertentu yang lebih umum pada bagian punggung tanpa memberikan sayatan halus sehingga saat menerapkan bekam yang satu ini tidak akan mengeluarkan darah sama sekali.

Jenis yang kedua adalah bekam basah yang dilakukan dengan memberikan sayatan halus pada anggota tubuh tertentu yang akan mengeluarkan darah kotor dalam bentuk darah beku. Namun anda jangan terlalu khawatir karena sayatan yang dilakukan saat bekam tidak akan memberikan efek sakit karena sayatan tersebut sangat halus.

BEBERAPA TITIK BEKAM

Terapi bekam  tidak bisa dilakukan dilakukan pada sembarang tempat tapi harus dilakukan pada titik-titik penyakit. Titik pada manusia ada sekitar 350 titik namun hanya sekitar 12 utama titik yang lebih sering digunakan untuk pengobatan.

Beberapa titik utama yang sering dilakukan untuk objek pengobatan adalah leher, kepala, pinggang,dada, kaki. Pada bagian kepala manusia ada terdapat 1 titik ummu mughits dan 2 titik qomahduah.

Pada kepala terdapat 1 titik utama bekam yaitu titik ummu mughits dimana titik tersebut merupakan titik pertemuan ratusan titik dari seluruh tubuh yang dapat mengobati berbagai keluhan penyakit medis serta dapat mengobati gangguan ilmu hitam atau sihir.

Untuk memperoleh manfaat bekam yang luar biasa biasanya para pembekam akan melakukan bekam kering terlebih dahulu setelah itu baru dilanjutkan dengan melakukan bekam basah dengan memberikan beberapa sayatan pada titik penyakit setelah itu akan dilakukan hisapan selama 3 menit, 5 menit, dan maksimal 9 menit tergantung dari berapa parah penyakit yang kita alami.

Setelah itu cup akan dilepas guna membuang darah kotor yang mengental dan merah pekat serta berbuih tersebut. Setelah melakukan bekam anda dilarang membasahi area bekam paling tidak selama 3 jam.

BEBERAPA MANFAAT BEKAM

Manfaat bekam sangat beragam tapi intinya bekam dilakukan untuk mengeluarkan toxin atau racun yang menumpuk di tubuh melalui darah yang dikeluarkan. Tapi anda jangan khawatir kehabisan darah karena darah yang dikeluarkan bukanlah darah dari pembuluh darah melainkan darah yang ada di kulit sangat atau darah dermis.

Manfaat bekam dapat kita rasakan untuk mengobati berbagai penyakit ringan dan penyakit berat. Untuk penyakit yang tergolong berat atau kronis proses terapi bekam harus dilakukan beberapa kali secara bertahap sampai penyakit dinyatakan sembuh serta titik yang di bekam juga tidak hanya satu titik tapi ada beberapa titik seperti punggung dan tangan.

Terapi bekam yang merupakan terapi menghisap ini memiliki titik utama yaitu dibagian kepala. Namun bagi anda yang menderita diabetes dianjurkan untuk berhati-hati. Serta tidak dianjurkan untuk anak-anak dan lansia. Terapi bekam akan lebih baik manfaatnya bagi wanita atau pria produktif.

Mari kita lihat beberapa manfaat bekam untuk mengobati berbagai penyakit ringan dan penyakit kronis seperti berikut ini:

·      Masuk angin : Manfaat bekam dapat menyembuhkan penyakit ringan seperti masuk angin
·     Rabun mata : Manfaat bekam juga dapat kita rasakan pada area mata yaitu dapat mengobati rabun mata
·  Vertigo : Manfaat bekam juga bisa menyembuhkan vertigo dengan melakukan pembekaman di titik yang ada di kepala
·  Depresi : Manfaat bekam pada kepala selain menyembuhkan vertigo adalah menyembuhkan penyakit yang berhubungan dengan otak seperti depresi
·  Strook : terapi bekam juga bisa mengobati strook yang dilakukan pada bagian punggung, kaki dan tangan dalam beberapa tahap pembekaman
·      Gemetar : bekam juga bisa menyembuhkan gemetar yang sering menyerang bagian tangan dan kaki
·     Ketakutan dalam tidur : kelainan yang satu ini mungkin dianggap sepele namun jika tidak dicari solusinya bisa menyebabkan depresi sebaiknya pembekaman dilakukan agar ketakutan saat tidur menghilang
·        Menyembuhkan konjungtif
·  Katarak : selaput putih yang menutupi seluruh permukaan mata akan membuat penderitanya kehilangan penglihatan sebaiknya melakukan bekam agar katarak tersebut bisa sembuh dengan mudah
·       Kudis : bekam juga bisa merawat kulit yang bermasalah seperti kudis
·       Mata berair : mata berair seperti menangis yang akan berubah menjadi kotoran mata atau belek ini dapat dihilangkan dengan melakukan bekam pada titik yang ada di area mata
·        Mata bengkak akibat pukulan
·     Menyembuhkan koreng bintik-bintik : koreng yang ada di kulit juga bisa diobati dengan melakukan bekam
·        Menyembuhkan eophtalamos
·     Pupil yang melebar : bekam bukan hanya mampu mengobati katarak namun juga bisa mengatasi masalah pelebaran pupil
·    Kelopak mata yang saling menempel : penyakit pada mata ini juga bisa diatasi dengan terapi bekam dalam beberapa tahap
·      Menyembuhkan tumor dibelakang kelopak mata
· Koreng di kepala: koreng ini akan mudah sembuh dengan beberapa kali pembekamandi titik yang ada di kepala
·      Menyembuhkan lemak yang berlebihan di kelopak mata
·     Ngompol : masalah yang sering dialami anak-anak ini juga bisa disembuhkan dengan melakukan terapi bekam
·       Menyembuhkan gangguan mata yang hanya bisa melihat dari jarak dekat
·      Telinga bengkak : masalah pada telinga ini akan memberikan rasa nyeri yang cukup mengganggu ini sebaiknya diobati dengan terapi bekam
·     Mimisan : mimisan bisa terjadi akibat kelelahan dan kepanasan sehingga hidung akan mengeluarkan darah maka pengobatan bekam akan sangat bermanfaat
·      Bisul : sudah sangat jelas bahwa bisul terjadi akibat penumpukan darah kotor maka dari itu pengeluaran dara kotor sangat dianjurkan dilakukan untuk mengobati bisul dan mencegahnya datang kembali. Cara pengeluaran darah kotor dapat dilakukan dengan terapi bekam.
·       Luka hidung
·   Sinusitis : gangguan pada saluran pernapasan ini bisa diobati dengan melakukan terapi bekam untuk mengurangi gejalanya
·         Sakit gigi
·         Linu pada gigi graham
·    Pembengkakan tonsil : pembengkakan ini juga bisa dikempeskan pada ukuran normal dengan melakukan terapi bekam
·      Pendarahan di rahim : bekam yang dilakukan akan menghentikan pendarahan yang terjadi secara terus-menerus pada rahim tersebut
·   Encok : masalah pada tulang khususnya pinggang ini juga bisa diobati dengan melakukan bekam
·    Rambut rontok : bekam bukan hanya bermanfaat mengobati penyakit namun juga bisa menyelesaikan masalah kecantikan salah satunya dapat mengurangi rambut rontok
·   Jerawat : selain menyembuhkan rambut rontok bekam juga bisa dilakukan untuk menyembuhkan jerawat pada wajah
·   Gigitan anjing : gigitan anjing yang paling ditakutkan adalah masalah rabies sebaiknya lakukan terapi bekam agar kekhawatiran akibat gigitan anjing tersebut dapat disembuhkan dengan mengeluarkan racun dan rabies yang mengontaminasi darah melalui pembekaman.
·         Melancarkan peredaran darah : manfaat bekam yang sangat jelas bagi tubuh adalah akan membuat peredaran darah di bawah kulit menjadi lancar. Sehingga penyerapan nutrisi bagi rambut dan kulit dapat berjalan lancar dan akan meningkatkan metabolisme dalam kulit.
·     Menghilangkan kelelahan : manfaat bekam bagi otot juga bisa kita rasakan dengan melakukan bekam maka azam asam laknat akan menghilang sehingga kelelahan yang kita rasakan akan menghilang.
·       Menghilangkan kekejangan otot: terapi bekam akan menghilangkan kekejangan otot dengan cara menstimulasi darah di otot maka peredaran darah akan menjadi lancar
·       Menyehatkan tulang dan persendian : terapi bekam akan membantu menghisap zat-zat yang kurang baik bagi tulang sehingga tulang dan sendi akan sehat.
·    Menstimulasi gerakan usus : bekam juga baik dilakukan untuk meningkatkan dan mengatur gerakan usus dan menstimulasi saraf yang berhubungan langsung dengan usus yaitu saraf vagus.
·    Meningkatkan produksi sel darah merah dan sel darah putih : bekam memiliki manfaat utama yaitu mengeluarkan racun atau toksin yang ada di dalam darah dan tubuh sehingga produksi sel darah merah dan sel darah putih bisa meningkat.
·      Migran : titik akupuntur utama adalah kepala sehingga berbagai masalah pada kepala dapat diobati dengan terapi bekam salah satunya migrain
·     Stroke : penyakit kronis yang kehilangan kepekaan pada tubuhnya dan tidak bisa menggerakkan seluruh tubuh atau sebagian juga bisa diobati dengan terapi bekam, namun untuk penyakit yang satu ini membutuhkan proses yang lumayan panjang dengan jangka pengobatan hingga beberapa kali. Titik yang dibekam juga tidak hanya pada satu titik seperti punggung, kaki serta tangan.
·         Mengobati pusing
·      Mengobati darah tinggi : bekam yang berhubungan erat dengan darah ini juga bisa digunakan untuk mengobati darah tinggi atau menormalkan tekanan darah.
·        Menyembuhkan parkinson
·      Mengobati gangguan ilmu hitam atau sihir : bukan hanya penyakit medis tapi penyakit yang tidak kasat mata juga bisa disembuhkan dengan terapi bekam seperti gangguan akibat ilmu hitam dan sihir.
·       Mencerdaskan otak dan meningkatkan daya ingat
·     Menyehatkan jantung : manfaat bekam akan sangat dirasakan pada jantung karena jantung yang berperan memompa darah maka saat darah bebas dari racun secara otomatis jantung juga akan menjadi sehat
·   Meningkatkan kekebalan tubuh : melakukan terapi bekam akan membuat racun keluar dari tubuh sehingga kuman dan penyakit juga akan dibunuh dengan mudah sehingga daya tahan tubuh juga akan meningkat
·      Membunuh bakteri yang ada di wajah
·      Mencerahkan dan mempercantik wajah
·     Kolesterol : mafaat bekam salah satunya juga bisa menurunkan kadar kolesterol jahat
·     Mengobati asma

Terapi bekam sangat baik bagi tubuh namun jarak antar bekam paling tidak 1 bulan. Hal yang dianjurkan dilakukan setelah melakukan bekam adalah mengkonsumsi minuman herbal salah satunya madu. Minuman ini akan menambah khasiat dari bekam yang telah anda lakukan dan membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Demikian lah beberapa manfaat bekam bagi kesehatan tubuh selamat mencoba, semoga berhasil.



0 komentar:

Posting Komentar