Jumat, 03 April 2020

Agar Tak Mudah Sakit, Konsumsi 5 Makanan Sehat Ini Ya!


Agar Tak Mudah Sakit, Konsumsi 5 Makanan Sehat Ini Ya!


Jakarta - Nutrisi yang terkandung di dalam makanan bisa menjaga stamina tubuh. Sedang musim sakit flu dan demam berdarah, makanan ini bisa memproteksi tubuh.

Pergantian cuaca membuat tubuh mudah terserang flu dan sakit demam berdarah (DBD). Salah satu cara untuk menghindarinya ialah dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini bisa didapatkan dari bahan makanan alami. Tidak hanya mencegah sakit tetapi juga membuat tubuh lebih fit.

1. Makanan berwarna

Agar Tak Mudah Sakit, Konsumsi 5 Makanan Sehat Ini Ya!Foto: iStock
Bahan makanan berwarna merah, oranye, dan kuning kaya akan vitamin C. Paprika merah dan paprika hijau kaya akan vitamin C. Keduanya juga kaya akan antioksidan dan fitonutrien. Vitamin C sendiri ampuh tingkatkan sistem kekebalan tubuh.

Buah jeruk, tomat, stroberi, kiwi, kubis Brussel dan kembang kol termasuk ke dalam bahan sumber vitamin C.

2. Makanan yang tinggi asam lemak omega 3

Asam lemak omega-3 yang bisa ditemukan dalam ikan berlemak seperti ikan salmon dan makarel dan juga minyak flax diketahui dapat meningkatkan sistem imun dengan menambah satu zat yang disebut fagosit.

Fagosit merupakan sel darah putih yang memakan bakteri dan melindungi tubuh dari kerusakan yang terjadi karena tubuh bereaksi berlebihan pada infeksi. Sebuah studi mengungkapkan bahwa anak-anak yang konsumsi setengah sendok teh minyak flaxseed jarang mengalami demam dan infeksi pernapasan lainnya.

3. Jus jambu

Jus jambu merupakan salah satu makanan makanan yang dikenal dapat meningkatkan kekebalan tubuh. KAndungan vitamin dan mineral yang ada di dalam jus jambu biji dapat membantu pasien demam berdarah meningkatkan kekebalan tubuh dan memenuhi kebutuhan cairan.

Jambu biji juga mengandung antioksidan flavonoid bernama quersentin. Quersetin berguna sebagai antiinflamasi, antioksidan dan anti karsinogenik (zat-zat yang menyebabkan kanker).

4. Bawang putih

Beberapa studi yang dilakukan oleh bawang putih telah menunjukkan bahwa bawang putih atau senyawa Allicin ini sangat efektif dalam membunuh mikroorganisme yang bertanggung jawab pada beberapa infeksi yang paling umum dan langka. Termasuk flu. Bawang putih benar-benar dapat membantu mencegah pilek dan infeksi lainnya.

5. Makanan tinggi zinc

Makanan yang mengandung zinc seperti ayam, tiram, dan kacang-kacangan, hingga gandum, dapat mengurangi risiko infeksi, menyembuhkan luka, dan membantu perkembangan sel darah putih.

Anda bisa mengolah ayam dengan cara dipanggang jadi salah satu cara terbaik. Bisa juga mengolah ayam dengan campuran sayuran menjadi sup hangat.

Lusiana Mustinda


0 komentar:

Posting Komentar