Kamis, 16 April 2020

8 Panduan Gaya Hidup yang Membuat Anda Awet Muda


8 Panduan Gaya Hidup yang Membuat Anda Awet Muda


Terlihat lebih muda dari usia yang sebenarnya adalah impian semua orang; sehingga tidak mengherankan jika banyak orang terutama wanita berupaya keras untuk mendapatkan kulit yang segar, sehat, cantik, dan awet muda. Bahkan saat ini, banyak wanita muda yang telah melakukan berbagai perawatan untuk merawat kulitnya sejak dini.

Namun tahukah Anda jika ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan agar bisa awet muda? Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan.

1. Jangan merokok

Jika Anda tidak ingin memiliki keriput lebih cepat, maka, jangan merokok! Merokok dapat mempercepat proses penuaan normal kulit Anda. Nikotin yang terkandung dalam rokok menyembabkan penyempitan pembuluh darah di lapisan terluar kulit Anda. Hal tersebut akan mengganggu aliran darah ke kulit, sehingga hanya sedikit aliran darah ke kulit, menyebabkan kulit Anda tidak mendapatkan oksigen dan nutrisi penting yang cukup.

Bahan kimia dalam asap tembakau juga dapat merusak kolagen dan elastin kulit; akibatnya, kulit akan memiliki keriput lebih cepat karena merokok. Merokok bahkan tidak hanya menyebabkan keriput pada wajah, namun juga pada bagian lain pada tubuh, termasuk bagian lengan dalam Anda. Biasanya, perubahan kulit ini terjadi setelah seseorang merokok 10 tahun.

2. Rajin makan makanan yang mengandung antioksidan

Antioksidan merupakan molekul yang mampu melindungi kulit dari radikal bebas yang dapat merusak kulit. Antioksidan memiliki kemampuan dalam merangsang produksi kolagen kulit. Kolagen merupakan bagian penting dari struktur dan proses peremajaan kulit. Sehingga salah satu cara untuk tetap awet muda adalah dengan perbanyak konsumsi antioksidan, seperti buah, sayur, kacang-kacangan, biji-bijian termasuk kacang merah, blueberry, minyak nabati, ikan, dan lain-lain.

3. Perbanyak protein

Selain antioksidan, konsumsi protein juga dapat membantu tubuh Anda membangun dan mempertahankan massa otot. Makanan yang mengandung protein tinggi bermanfaat untuk menghasilkan kolagen pada kulit tubuh. Beberapa makanan yang mengandung protein tinggi di antaranya adalah salmon, telur, tahu, dan lain-lain.

4. Kelola stres Anda

Studi tahun 2013 menemukan bahwa sel-sel kulit orang yang mengalami depresi berusia lebih cepat dibandingkan dengan mereka yang tidak mengalami depresi. Stres kronis dapat mempercepat proses penuaan dini dengan memperpendek telomere DNA. Panjang telomere adalah penanda penuaan biologis dan sel-sel kulit Anda.

Jadi, jika Anda ingin mencegan penuaan dini, maka Anda harus dapat mengelola stres Anda. Beberapa cara yang dapat Anda lakukan diantaranya adalah dengan berjalan-jalan, belanja, yoga, olahraga, bernyanyi, atau melakukan hal yang membuat Anda senang.

5. Selalu cuci muka sebelum tidur

Meskipun sepele, kebiasaan ini dapat membantu kulit Anda beregenerasi saat tidur. Jadi, jangan sampai lupa untuk mencuci wajah Anda sebelum tidur, terlebih setelah Anda beraktivitas di luar ruangan atau menggunakan make up di wajah.

6. Pakai tabir surya

Anda pasti sudah mengetahui bahwa paparan sinar matahari dapat berkontribusi pada perubahan warna kulit. Jadi, jangan lupa untuk menggunakan tabir surya saat Anda beraktivitas di luar ruangan. Studi tahun 2013 di Annals of Internal Medicine menemukan bahwa orang-orang yang menggunakan tabir surya (sunblock atau sunscreen) tiga sampai empat hari dalam seminggu cenderung tidak mengalami penuaan kulit dibandingkan dengan mereka yang tidak menggunakannya.

7. Perbanyak minum air putih

Konsumsi air yang cukup dapat menjaga kulit Anda tetap terhidrasi. Hilangnya hidrasi kulit dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan rentan terhadap kerutan. Air juga sangat penting dalam menjaga kelembapan kulit karena air dapat memberikan nutrisi penting ke sel kulit tubuh Anda.

8. Tidur cukup (tidak kurang, tidak berlebihan)

Perawatan kulit sederhana yang dapat Anda lakukan namun sering Anda abaikan adalah tidur yang cukup. Setidaknya, Anda dianjurkan untuk tidur 6 jam per hari agar dapat memudahkan melakukan tugasnya dalam meregenerasi kulit. Tidur cukup juga dapat mencegah munculya lingkaran hitam di bawah mata.

Oleh Novi Sulistia Wati


0 komentar:

Posting Komentar