Selasa, 14 April 2020

5 Pola Hidup Sehat yang Sederhana dan Bisa Dilakukan Siapa Saja


5 Pola Hidup Sehat yang Sederhana dan Bisa Dilakukan Siapa Saja


Bagi setiap orang yang ingin meningkatkan kualitas hidupnya secara keseluruhan, maka melakukan pola hidup sehat adalah jawabannya. Nah, tahukah Anda hal apa saja yang harus Anda lakukan dalam pola hidup sehat tersebut?

Pola hidup sehat adalah jalan gaya hidup yang dilakukan oleh seseorang dengan tujuan menurunkan risiko terkena penyakit kronis atau menyebabkan dirinya meninggal dunia dalam usia muda. Beberapa jenis penyakit yang bisa dicegah, antara lain jantung koroner dan kanker paru-paru.

Tak hanya sekedar menghindari penyakit, menjalani pola hidup sehat juga akan menciptakan kesehatan mental dan sosial. Ketika Anda melakukan pola hidup sehat, bukan tidak mungkin orang-orang di sekitar Anda juga akan tergerak untuk melakukan hal yang sama.

Apa saja hal yang termasuk pola hidup sehat?

Banyak orang mengklaim telah melakukan gaya hidup sehat dengan standar yang subjektif. Padahal, pola hidup sehat adalah standar yang terukur dan ditetapkan berdasarkan penelitian oleh para ahli kesehatan, salah satunya Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Harvard Medical School, misalnya, mengategorikan pola hidup sehat ke dalam lima area berdasarkan efek mereka pada risiko terjadinya kematian di usia muda. Kelima area dalam pola hidup sehat adalah:

Pola makan sehat

Pola makan sehat dihitung berdasarkan konsumsi seseorang akan sayur, buah, kacang-kacangan, biji-bijian utuh, lemak sehat, dan asam lemak omega-3. Asupan makanan sehat ini akan dibandingkan dengan banyaknya makanan tak sehat yang Anda konsumsi, seperti daging olahan, makanan atau minuman manis, lemak jenuh, dan garam (sodium). Pastikan selalu olah makanan dengan baik, bersihkan makanan sebelum dimasak.

Aktivitas yang menyehatkan

Orang yang termasuk menjalani pola hidup sehat adalah mereka yang berolahraga untuk skala sedang atau berat minimal 30 menit per hari. Perhitungan waktu ini bisa lebih lama bila Anda melakukan level aktivitas skala ringan. Jangan lupa selalu menjaga kebersihan diri, seperti cuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

Berat badan ideal

Memiliki berat badan ideal bukan berarti Anda harus kurus. Sebaliknya, Anda harus memiliki indeks massa tubuh (IMT) yang ideal, yakni berkisar antara 18,5 hingga 24,9.

Membatasi konsumsi alkohol

Batasan konsumsi alkohol untuk orang yang menjalani pola hidup sehat adalah 5-15 gram per hari (untuk wanita) dan 5-30 gram per hari untuk pria. Meski demikian, akan lebih baik lagi jika Anda tidak mengonsumsi alkohol sama sekali.

Tidak merokok

Sekalipun Anda rutin berolahraga, menjaga pola makan, berat badan ideal, dan tidak minum alkohol, semua hal itu tidak berarti bila Anda merokok. Para peneliti sepakat bahwa rokok tidak memiliki secuilpun manfaat, malah sebaliknya memiliki segudang bahaya untuk kesehatan.

Dalam praktiknya, pola hidup sehat adalah gaya hidup yang sederhana dan mudah dilakukan. Berikut beberapa contoh pola hidup sehat yang dapat Anda jalani:

Berolahraga teratur

Jangan bayangkan olahraga hanya bisa dilakukan di pusat kebugaran dan memerlukan alat olahraga yang rumit. Berjalan kaki atau melakukan pekerjaan rumah, seperti menyapu, mengepel, atau membersihkan ventilasi, juga bisa dikategorikan olahraga selama kegiatan itu membuat Anda aktif bergerak.

Perhatikan asupan makanan Anda

Perbanyak makan makanan yang sehat, seperti buah dan sayur. Sebaliknya, konsumsi lebih sedikit karbohidrat, sodium, maupun lemak jenuh, serta hindari makanan yang tidak bergizi seperti junk food.

Penting juga untuk memperhatikan frekuensi makan Anda. Terlalu banyak makan atau dengan porsi yang tidak wajar akan meningkatkan risiko kegemukan maupun obesitas.

Lakukan kegiatan yang Anda sukai

Pola hidup sehat bukan hanya soal kebutuhan fisik, melainkan juga mental. Untuk itu, Anda tetap disarankan untuk melakukan hal yang menyegarkan pikiran, misalnya travelling, membaca buku, atau hal lain yang menjadi hobi Anda.

Pastikan juga Anda bergaul dengan orang-orang yang memberikan energi positif. Namun, tetap dengarkan kritik dan saran dari rekan-rekan Anda secara proporsional demi kemajuan Anda sendiri di masa mendatang.

Siapa pun bisa menjalani pola hidup sehat. Tak pernah ada kata terlambat untuk mulai beralih pada gaya hidup yang penuh makna ini, demi peluang Anda untuk hidup lebih lama bersama orang-orang yang Anda cintai.



0 komentar:

Posting Komentar