Cara Mengatasi
Orang Marah dan Emosi
Mampu menghadapi dan mengatasi orang marah adalah satu
skill krusial yang perlu kita miliki. Mengetahui teknik ini akan membuat Anda
mampu menyelesaikan masalah plus tetap menjaga relasi dengan orang lain.
mengatasi orang marah
Anda sedang bersantai di sore hari sembari menyelesaikan
pekerjaan terakhir dan siap – siap untuk pulang dari kantor. Tiba – tiba
seorang bawahan Anda menerjang masuk dan melontarkan beberapa umpatan kasar
pada Anda.
Dia menuduh Anda telah berlaku tidak adil. “Mengapa saya
terus yang jadi korban? Mengapa saya harus memperbaiki kesalahan yang dilakukan
orang lain” kata dia dengan setengah berteriak.
Meja Anda digebrak dengan keras (sampai kertas – kertas
di atasnya beterbangan). Semua orang yang berada di kantor mendadak berhenti
bekerja dan memandang ke arah kantor Anda.
Apa yang harus lakukan di saat itu? Apa yang harus Anda
katakan pada kondisi krusiat tersebut?
Mungkin Anda pernah mengalami situasi seperti di atas.
Tidak harus dengan bawahan, melainkan bisa saja dengan suami / istri, boss,
tetangga atau bahkan orang tak dikenal yang menyerempet mobil Anda. Intinya
adalah Anda menghadapi orang marah dan emosi tingkat tinggi.
Lalu Bagaimana Menghadapi Situasi Ini?
Situasi ini termasuk kondisi yang krusial. Salah
menghadapinya bisa – bisa Anda malah terjerumus dalam perdebatan sengit (bisa
jadi sampai adu fisik), relasi hancur berantakan dan masalah semakin bertambah
besar.
Akan tetapi dengan mengetahui cara yang tepat, Anda akan
bisa menyelamatkan relasi dan menyelesaikan masalah. Bahkan Anda bisa tersenyum
bangga pada diri Anda sendiri mengingat seberapa tenang dan efektif Anda
mengatasi situasi.
Sebelum saya bahas tentang cara mengatasi orang marah
ini, yuk kita bahas terlebih dahulu kesalahan – kesalahan yang sering terjadi.
Kesalahan yang sering Dilakukan Kebanyakan Orang
1. Malah ikut marah dan emosi
Inilah kesalahan yang paling sering dilakukan oleh
kebanyakan orang. Mereka tidak terima dimarahi dan ikut naik pitam. Dan…
BLAAARRR! bukannya masalah terselesaikan, malah justru menjadi bertambah besar.
Sadarilah bahwa Anda tidak bisa mengatasi api dengan api.
Hal ini justru menimbulkan masalah – masalah baru yang sebelumnya tidak ada.
Yang tersisa di akhir biasanya hanya penyesalan dari kedua belah pihak.
2. Memerintah orang yang sedang marah
Ini kesalahan yang sering terjadi pula. Menghadapi orang
marah mereka lantas berkata “Tenang dulu Pak!”, “Ayo duduk dulu Bu!” atau “Ini
diminum dulu Bu”.
Niatnya sih baik, supaya yang marah lebih tenang. Akan
tetapi pertanyaannya: “Bisakah orang yang sedang dikuasai emosi malah
diperintah?” entah itu disuruh tenang, sabar atau minum. Kebanyakan usaha
mereka akhirnya gagal.
3. Mencoba langsung beradu argumentasi
Melihat orang di depan marah, mereka langsung mencoba
mengeluarkan argumentasi. Entah itu menjelaskan duduk perkaranya atau
mengemukakan alasan / cerita versi mereka. Intinya mereka berusaha menjelaskan
dengan logika.
Nah, menurut Anda: logika vs emosi. Manakah yang menang?
Sudah tahu jawabannya kan? Orang yang sedang dikuasai
emosi tidak benar – benar bisa berpikir logis. Orang yang sedang marah tidak
ingin mendengarkan penjelasan atau alasan.
Pernah melihat orang melakukan kesalahan – kesalahan di
atas? atau justru Anda sendiri pernah melakukannya? Cara penanganan di atas
adalah cara yang kurang efektif untuk mengatasi orang marah.
Ada cara dan langkah lain yang lebih efektif untuk
mengatasinya. Langsung kita simak berikut ya!
Cara dan Langkah Mengatasi Orang Marah dan Emosi
langkah-mengatasi-orang-marah
Langkah untuk tenang mengatasi orang marah
1. Cobalah untuk Tenang dan Mendengar
Biarkan orang yang marah untuk meluapkan amarahnya
terlebih dahulu. Mereka butuh waktu untuk mengungkapkan perasaannya. Istilah
lainnya adalah “Beri waktu supaya asapnya keluar semua dahulu”.
Dalam tahapan ini Anda hanya perlu mendengarkan apa yang
mereka sampaikan. Jadilah pendengar yang baik. Sesuaikan bahasa tubuh Anda,
ikutlah berdiri sambil mendengar (orang yang sedang marah hebat pasti marahnya
sambil berdiri).
Anda bisa memberi respon verbal dengan berkata “Hmm….”
atau “Okay…” plus sesekali menganggukkan kepala tanda benar-benar mendengarkan.
Setelah sekian waktu, pasti intensitas kemarahan akan
bertambah menurun. Nggak mungkin kan orang bisa terus menerus marah dengan nada
tinggi? Suatu saat pasti mereka akan merasa lelah dan kehabisan nafas.
2. Ubah state mereka
Yang dimaksud dengan state adalah kondisi dan bahasa
tubuh. Orang yang sedang emosi pasti bahasa tubuhnya juga menunjukkan hal yang
senada, misalkan: posisi berdiri, berkacak pinggang sambil menunjuk ke arah
Anda.
Jarang ada orang marah sambil tetap duduk atau bahkan
jongkok (nggak cocok kan ). Coba Anda perhatikan misal dalam sebuah meeting,
ada orang tiba – tiba marah. Mereka pasti akan menggebrak meja dan langsung
berdiri. Aneh rasanya jika marah sambil tetap duduk.
Oleh karena itu ketika Anda ingin menenangkan orang,
ubahlah juga state mereka. Setelah selesai meluapkan emosinya, Anda bisa ajak
mereka ke ruangan lain, meminta mereka duduk atau menawari mereka minum
terlebih dahulu.
Perubahan state ini akan membuat kondisi mereka lebih
tenang dan mempersiapkan untuk dialog lebih lanjut.
3. Tunjukkan bahwa Anda mengerti
Orang yang sedang emosi butuh untuk dimengerti. Dengan
mengerti bukan berarti Anda membenarkan apa yang dia sampaikan, Anda hanya
menunjukkan bahwa Anda memahami apa yang dia rasakan.
Untuk melakukan hal ini ada rumusnya. Ini dia rumus
bakunya:
Saya mengerti jika Bapak / Ibu merasa [sebutkan perasaan
yang dia alami]
Simpel bukan rumusnya? Berikut adalah beberapa contoh
kalimatnya:
Saya mengerti jika Bapak merasa capek dengan tambahan –
tambahan pekerjaan akhir – akhir ini
Saya mengerti jika Ibu merasa kecewa dengan penundaan ini
Saya mengerti jika Ibu merasa bingung karena sudah kesana
kemari
Sekali lagi saya mengingatkan bahwa di sini Anda tidak
membenarkan tuduhan / pernyataan / klaim mereka, di sini Anda semata
menunjukkan bahwa Anda mengerti perasaan mereka.
Kalimat ini bisa menjadi kalimat ajaib yang membuat orang
lebih tenang dan tidak lagi defensif.
Mengapa bisa demikian?
Karena kalimat tersebut menunjukkan bahwa Anda setuju
dengan perasaan mereka. Dan bukankah susah untuk berdebat atau marah dengan
orang yang setuju dengan Anda?
4. Bicarakan masalah dan cari solusinya
Setelah situasinya lebih tenang dan kondusif, barulah
sekarang Anda bisa membahas masalah dan mencari jalan keluarnya. Di tahapan ini
diskusi mustinya sudah bisa mulai berjalan karena emosi sudah tidak lagi
mendominasi.
Pada awal – awal lebih banyaklah mengajukan pertanyaan –
pertanyaan, misalnya saja:
Bisakah Bapak ceritakan dahulu kronologis kejadiannya?
Apa yang Ibu harapkan dari kondisi ini?
Apa yang sekiranya bisa saya lakukan untuk bersama – sama
menyelesaikan masalahnya?
Setelah itu Anda bisa berdiskusi, mengemukakan pendapat
Anda dan bersama-sama mencari jalan keluar pemecahan masalahnya. Di langkah
keempat ini yang lebih berperan adalah problem solving skill, sedang
communication skill banyak berperan di langkah pertama s/d ketiga.
Ingat bahwa tahap keempat (penyelesaian masalah) ini juga
harus tuntas dilakukan.
Langkah pertama sampai ketiga bisa membuat orang lebih
tenang dan siap diajak berdialog, tapi masalahnya juga tetap harus dipecahkan.
Jika tidak terpecahkan, ya akhirnya orang juga bakal marah lagi (dan bahkan
lebih besar).
Jadi sudah kita pelajari bersama langkah – langkah
mengatasi orang marah dan emosi. Sekali lagi supaya tidak lupa saya ringkas
langkah – langkahnya yaitu:
Cobalah untuk tenang dan mendengar
Ubah state (kondisi dan bahasa tubuh) mereka
Tunjukkan bahwa Anda mengerti
Bicarakan masalah dan cari solusinya
Silahkan mempraktekkan langkah – langkah tersebut
(Eiitss.. tapi jangan sengaja membuat orang lain marah hanya demi mempraktekkan
ya). Dengan menguasai skill ini maka Anda akan bisa menjaga kelanggengan relasi
dan tidak sampai melakukan hal – hal yang akhirnya Anda sesali di kemudian
hari.
Plus buat diri Anda bisa tersenyum bangga pada diri
sendiri mengingat betapa tenang Anda bisa mengatasi situasi.
1 komentar:
Mainkan dan menangkan hadiah nya bersama kami di ARENADOMINO beragam permainan POKER menanti anda semua fair play silahkan di add WA +855 96 4967353
Posting Komentar