Jumat, 08 Februari 2019

sayyidul istighfar secara istiqomah dan juga rasakan dahsyatnya 8 khasiat ini


sayyidul istighfar secara istiqomah dan juga rasakan dahsyatnya 8 khasiat ini


Istighfar merupakan teks buat meminta keampunan kepada allah swt. umat islam diajarkan buat kerap mengucapkan teks ini. bagaikan ciri pengakuan atas kelemahan yang dipunyai manusia sekalian senantiasa berharap atas ampunan allah swt

teks istighfar yang pendek merupakan astaghfirullah. tetapi tidak hanya itu terdapat yang dinamakan sayyidul istigfar.

inilah the king of istighfar ataupun secara simpel mampu diertikan bagaikan istighfar yang amat utama. apakah kamu ketahui teks sayyidul istighfar ini?

berikut ini teks sayyidul istighfar yang baik buat kerap kalian baca.


للَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّيْ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ أَنْتَ، خَلَقْتَنِيْ وَأَنَا عَبْدُكَ، وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ، أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ، أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ، وَأَبُوْءُ بِذَنْبِيْ فَاغْفِرْ لِيْ فَإِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلاَّ أَنْتَ


allahumma anta robbii laa ilaaha illaa anta, kholaqtanii wa anaa ‘abduka wa anaa ‘alaa ‘ahdika wa wa’dika mastatho’tu. a’udzu bika min syarri maa shona’tu, abuu – u laka bini’matika ‘alayya, wa abuu – u bi dzanbii, faghfirlii fainnahuu laa yaghfirudz dzunuuba illa anta

maksudnya:

”ya allah engkau merupakan tuhanku, tidak terdapat sesembahan yang haq kecuali engkau, engkau yang menciptakanku, lagi saya merupakan hamba – mu dan juga saya diatas jalinan janji – mu dan juga hendak melakukannya dengan semampuku, saya berlindung kepadamu dari seluruh kejahatan yang telah saya perbuat, saya mengakui – mu atas nikmat – mu terhadap diriku dan juga saya mengakui dosaku pada – mu, hingga ampunilah saya, sebetulnya tiada yang mengampuni seluruh dosa kecuali engkau” (hr. bukhari nomor. 6306)

membaca sayyidul istighfar mempunyai banyak khasiat. berikut sebagian di antara lain.

1. masuk surga

dalam hadis yang menggambarkan lanjutan dari hadis di atas, rasulullah bersabda


مَنْ قَالَهَا مِنَ النَّهَارِ مُوقِنًا بِهَا ، فَمَاتَ مِنْ يَوْمِهِ قَبْلَ أَنْ يُمْسِىَ ، فَهُوَ مِنْ أَهْلِ الْجَنَّةِ ، وَمَنْ قَالَهَا مِنَ اللَّيْلِ وَهْوَ مُوقِنٌ بِهَا ، فَمَاتَ قَبْلَ أَنْ يُصْبِحَ ، فَهْوَ مِنْ أَهْلِ الْجَنَّةِ


“barangsiapa mengucapkannya pada siang hari dan juga meyakininya, kemudian ia mati pada hari itu saat sebelum waktu petang, hingga ia tercantum penunggu syurga. dan juga barangsiapa mengucapkannya pada malam hari dalam kondisi meyakininya, kemudian ia mati saat sebelum waktu pagi, hingga ia tercantum penunggu syurga. ”

ya, syurga dijanjikan untuk orang yang membaca sayyidul istighfar ini baik di siang hari mahupun malam hari.

2. diampuni dosa

istighfar merupakan teks yang berharap supaya kita diampuni dosa – dosanya oleh allah swt atas kesalahan dan juga khilaf yang terjalin.

teks ini menunjukkan betapa kecilnya kita di hadapan allah. kita, manusia, merupakan tempatnya khilaf dan juga salah. dengan membaca istighfar, kita berharap dosa – dosa kita itu diampuni.

3. wujud syukur atas nikmat allah

dalam teks sayyidul istighfar tersebut pula ada pengakuan atas nikmat yang dikasih allah swt pada kita. membaca istighfar ini pula menggambarkan wujud bentuk syukur manusia pada allah ta’ala.

4. dicintai allah

allah berfirman:

“sesungguhnya allah menyayangi orang – orang yang bertaubat dan juga menyayangi orang – orang yang mensucikan diri. ” (qs. al – baqarah: 222).

ya, allah bahagia terhadap orang yang yang beristighfar dan juga meminta ampun pada allah. karena dalam istighfar itu tercantunm arti bahawa manusia mau jadi lebih baik. dengan mengakui kesalahan yang telah terjalin dan juga bernazar buat tidak lagi mengulanginya.

5. menghindari azab

firman allah serupa termaktub dalam qs. al – anfal ayat 33:
”dan allah sekali – kali tidak hendak mengazab mereka, lagi kalian berposisi di antara mereka. dan juga bukanlah (pula) allah hendak mengazab mereka, lagi mereka memohon ampun. ”

keutamaan orang yang meminta ampun pada allah swt merupakan mampu bebas dari azab. karena allah tidak hendak mengazab umatnya yang bertaubat dan juga meminta ampun.

6. memperlancar rezeki

dalam suatu hadis, rasulullah bersabda,

”sesungguhnya seseorang hamba boleh tertahan rezekinya kerana dosa yang dikerjakannya. ” (hr. ahmad, ibnu hibban dan juga ibnu majah).

dosa – dosa yang kita jalani boleh jadi penghambat kelancaran rezeki kita. oleh kerananya, dengan membaca istighfar dan juga meminta ampun pada allah, mudah – mudahan dosa – dosa yang kita jalani itu mampu dihapuskan.

7. mensterilkan hati

istighfar mampu mensterilkan hati kita. banyak perihal yang mampu menimbulkan hati kita jadi kotor. dengan beristighfar diharapkan hati kita dapat jadi bersih.

serupa dalam suatu hadis, rasulullah bersabda,

”apabila seseorang mukmin melaksanakan sesuatu dosa, hingga tercoretlah bercak gelap di hatinya. apabila dia bertaubat, meninggalkannya dan juga beristighfar, hingga bersihlah hatinya. ” (hr. nasa’i, ibnu majah, ibnu hibban, tirmidzi).

8. ketenangan batin

istighfar merupakan wujud pengakuan atas seluruh dosa dan juga kesalahan yang kita perbuat. cuma dengan meminta ampunan – nya, batin kita dapat jadi tenang.



0 komentar:

Posting Komentar