Senin, 04 Februari 2019

Mengenal Manfaat dan Efek Samping Terapi Bekam


Mengenal Manfaat dan Efek Samping Terapi Bekam


100Klik untuk membagikan di Facebook(Membuka di jendela yang baru)100Klik untuk berbagi pada Twitter(Membuka di jendela yang baru)Klik untuk berbagi di WhatsApp(Membuka di jendela yang baru)Klik untuk berbagi pada Tumblr(Membuka di jendela yang baru)Klik untuk berbagi via Google+(Membuka di jendela yang baru)Klik untuk berbagi di Linkedln(Membuka di jendela yang baru)Klik untuk berbagi di Line new(Membuka di jendela yang baru)Klik untuk berbagi di BBM(Membuka di jendela yang baru)

Mengenal Manfaat dan Efek Samping Terapi Bekam

Anda pasti pernah mendengar tentang bekam. Terapi ini merupakan salah satu pengobatan alternatif tertua yang pernah ada dan dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit.
Berdasarkan sejarahnya, terapi bekam berasal dan berkembang pertama kali di Mesir, China, dan Timur Tengah. Salah satu buku kedokteran tertua di dunia, Ebers Papyrus, menggambarkan bahwa orang Mesir kuno menggunakan terapi ini pada tahun 1550 sebelum Masehi.

Apa itu bekam?

Terapi bekam adalah pengobatan alternatif dengan menggunakan beberapa mangkuk kecil yang ditaruh di atas kulit kita, lalu dipanaskan untuk membuat kulit terisap. Mangkuk atau cup yang digunakan bisa terbuat dari beberapa bahan:

·         Kaca
·         Bambu
·         Tembikar

Para pendukung terapi ini percaya bahwa isapan dengan mangkuk tersebut bisa memperlancar aliran darah untuk mendorong penyembuhan sejumlah penyakit. Namun secara umum, seperti dikutip WebMD, komunitas kedokteran barat meragukan klaim kesehatan yang disampaikan para pendukung tersebut.

Banyak ahli medis tak percaya pada terapi bekam

“Bukti ilmiah yang ada tidak mendukung bekam sebagai penyembuh kanker atau penyakit lainnya. Laporan terapi bekam yang berhasil umumnya berupa anekdot atau tidak resmi,” begitu pernyataan American Cancer Society.

Pada tahun 2012, studi yang dipublikasikan di jurnal PLoS ONE menyatakan bahwa terapi bekam tidak lebih dari sekedar efek placebo (sugesti belaka, padahal pengobatan yang dilakukan sebenarnya tidak berdampak apa-apa).

Peneliti dari Australia dan China melakukan review terhadap 135 studi tentang pengobatan alternatif ini yang dipublikasikan antara tahun 1992-2010. Mereka menyimpulkan bekam mungkin efektif ketika digabungkan dengan pengobatan lain, seperti akupuntur atau obat-obatan untuk mengatasi berbagai penyakit dan kondisi seperti:

·         Herpes zoster
·         Jerawat
·         Kelumpuhan wajah
·         Spondylosis serviks

Namun para peneliti tersebut mengetahui bahwa dari semua studi yang direview tersebut terdapat bias. Makanya mereka mengatakan bahwa perlu studi baru yang lebih baik untuk menemukan simpulan dan hasil yang tepat untuk terapi ini.

Manfaat kesehatan dari terapi bekam

Terapi bekam tidak hanya dilakukan oleh orang-orang atau masyarakat biasa. Sejumlah nama terkenal seperti artis Jennifer Anniston, Gwyneth Paltrow, Victoria Beckham, sampai petenis Andy Murray juga melakukan terapi ini.

Terapi yang merupakan salah bentuk dari akupuntur ini memang terbukti bisa memperlancar aliran darah dan meningkatkan energi tubuh kita. Kabar ini disampaikan Ian Stones, ahli akupuntur di Farnham, Surrey Inggris dan anggota British Acupuncture Council.
“Jika seseorang sedang stres atau menderita trauma fisik seperti keseleo bahu, energi dalam tubuh mereka bisa stagnan. Bekam bisa membuat darah dan energi kembali bergerak dan menuju ke berbagai area untuk memulai proses penyembuhan,” jelas Stones, yang sudah melakukan praktik terapi bekam selama 6 tahun.

“Terapi ini juga memiliki hasil yang bagus jika seseorang yang ingin dibekam sedang sakit, misalnya flu. Pengisapan bisa membantu menghentikan penetrasi flu lebih jauh ke dalam sistem kekebalan tubuh Anda,” tambahnya kepada Daily Mail.

British Cupping Society mengatakan beberapa manfaat kesehatan yang bisa Anda dapatkan dengan melakukan terapi ini. Mereka mengatakan terapi ini bisa mengobati kondisi kesehatan yang berbeda-beda, meskipun tidak diperkuat dengan studi. Tapi mereka menegaskan bahwa terapi bekam bermanfaat untuk mengobati:

·         Gangguan darah, seperti anemia dan hemofilia
·         Penyakit rematik, seperti arthritis dan fibromyalgia
·         Kesuburan dan gangguan yang berhubungan dengan ginekologi
·         Masalah kulit, seperti eksim dan jerawat
·         Tekanan darah tinggi (hipertensi)
·         Migrain
·         Kecemasan dan depresi
·         Penyumbatan bronkial yang disebabkan alergi dan asma
·         Pembuluh mekar

Di samping deretan penyakit di atas, para pendukung terapi ini juga menambahkan bahwa efek atau manfaat lainnya ialah bisa mengurangi sakit atau nyeri dan peradangan di seluruh tubuh. Mereka juga mengatakan bekam bisa mendorong mental dan relaksasi fisik.

Praktisi bekam ternama di Inggris, Dr. Nish Joshi, dokter holistik yang berasal dari Harley Street, dalam website kliniknya memaparkan bahwa bekam direkomendasikan untuk mengobati peredaran darah, mengurangi cairan yang menumpuk, meningkatkan sirkulasi darah yang akan membantu kulit terlihat lebih sehat, dan mengurangi selulit.

Efek samping terapi bekam

Terapi ini relatif aman dilakukan, apalagi kalau dilakukan oleh orang yang profesional dan sudah ahli di bidang ini. Namun, ada beberapa efek samping yang bisa terjadi, yaitu:

·         Tubuh terasa sedikit tidak nyaman
·         Kulit sedikit terasa terbakar
·         Memar
·         Infeksi kulit

Siapa yang tidak boleh melakukan terapi bekam

British Cupping Society memaparkan bahwa ada beberapa kelompok yang sebaiknya menghindari terapi ini:

Wanita yang sedang menstruasi atau sedang hamil

Orang dengan kanker metastatik (kanker yang menyebar dari satu bagian tubuh ke bagian lainnya)

Orang yang mengalami patah tulang atau kejang otot
Bagian tubuh yang tidak boleh dibekam

Saat Anda akan dibekam, ada baiknya Anda mengatahui terlebih dahulu untuk memastikan terapis Anda tidak melakukan bekam pada beberapa bagian tubuh yang memiliki:

·         Trombosis pembuluh darah dalam
·         Borok
·         Arteri
·         Degup nadi yang bisa dirasakan

Oleh Satria Perdana
Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: Hello Sehat Medical Review Team.

Sumber
Is ‘Cupping’ a Miracle Cure or the Silliest Celebrity Health fad Ever? http://www.dailymail.co.uk/femail/article-2311418/Is-cupping-miracle-cure-silliest-celebrity-health-fad-ever.html



1 komentar:

Izin ya admin..:)
Halloo kami dari ARENADOMINO ingin mengajak anda semua pecinta games poker untuk bermain disini permainan fairplay menanti anda semua dan 100% no robot player vs player
yuk silahkan langsung bermain dengan kami proses mudah cepat dan nyaman jika kesulitan dalam pendaftaran dapat juga dibantu ya bisa dari live chat ataupun dari WA +855 96 4967353 silahkan ..

Posting Komentar