Jumat, 08 Februari 2019

Dahsyatnya Istighfar 1000 Kali Sehari


Dahsyatnya Istighfar 1000 Kali Sehari


aku memiliki kenalan seseorang ustad yang sukses dalam bidang dakwah dan juga bisnis. ia pula kerap membuka konsultasi permasalahan jodoh, seret rejeki, sampai mau memiliki anak. nyatanya anjuran ia amat simpel pada orang – orang tersebut, ialah membaca istighfar minimun 100x sehari…. !

mengerti kah kamu? keajaiban istighfar 100x satu hari. istighfar sama pula dengan sedekah. pahala dan juga dampak yang ditimbulkan dari amalan ini berhubungan erat dengan janji allah. allah telah menjanjikan hadiah untuk siapa aja yang membaca istighfar. janji allah…adalah janji yang tentu ditepati.

janji allah pada orang yang tetap membaca istighfar yang berhubungan dengan rejeki, anak, dan juga kebahagiaan dunia:

allah berfirman, ”maka saya katakan kepada mereka: ”mohonlah ampun (istighfar) kepada tuhanmu, sebetulnya ia merupakan maha pengampun, tentu ia hendak mengirimkan hujan kepadamu dengan rimbun, dan juga memperbanyakkan harta dan juga anak – anakmu, dan juga mengadakan untukmu kebun – kebun dan juga mengadakan (pula didalamnya) untukmu sungai – sungai. ” (qs. nuh: 10 – 12).

mengerti kah kamu? istighfar membikin allah bahagia lho, begitu rugi bila kita tidak mengucapkannya secara teratur tiap hari. berikut ini sabda rosulullah tentang perihal itu:

rasulullah bersabda, “sungguh, allah lebih gembira dengan taubat hamba – nya daripada kegembiraan salah seseorang dari kamu yang menciptakan ontanya yang lenyap di padang pasir. ” (hr. bukhari dan juga muslim).

sabda nabi muhammad buat orang yang tetap membaca istighfar:

rasulullah bersabda, “barangsiapa yang tetap beristighfar, hingga allah hendak membagikan kegembiraan dari tiap kesedihannya, dan juga kelapangan untuk tiap kesempitannya dan juga memberinya rizki dari arah yang tiada disangka – sangka, ” (hr. abu dawud, ibnu majah dan juga ahmad).

dengan membaca sebagian penjelasan di alqur’an dan juga hadist ini, aku amat percaya dengan kebenaran cerita ustad kenalan aku itu. kalau istighfar merupakan pemecahan 1001 permasalahan kehidupan untuk siapa aja.

tetapi terdapat satu perihal yang wajib diingat, istighfar yang diucapkan tidaklah sekadar perkataan belaka. wajib didasari dari hati, menggambarkan ungkapan taubat dan juga permintaan maaf atas seluruh dosa – dosa kita kepada allah swt. dan juga yang terutama jangan mengulang dosa yang telah kemudian.

keutamaan istighfar

1. mengangkut derajatnya disurga rasulullah bersabda, ”sesungguhnya allah hendak mengangkut derajat seseorang hamba di surga.

hamba itu mengatakan, ’wahai allah, dari mana aku mampu kemuliaan ini? ’ allah mengatakan, ’karena istighfar anakmu untukmu’. ” (hr. ahmad dengan sanad hasan).

2. menjajaki sunnah rasulullah abu hurairah mengatakan, ”saya telah mendengar rasulullah bersabda, ’demi allah, sebetulnya saya memohon ampun kepada allah (beristighfar) dan juga bertaubat kepada – nya dalam satu hari lebih dari 7 puluh kali’. ” (hr. bukhari).

3. jadi sebaik – baik orang yang bersalah rasulullah bersabda, ”setiap anak adam sempat bersalah, dan juga sebaik – baik orang yang bersalah merupakan yang lekas bertaubat. ” (hr. tirmidzi, ibnu majah, al – hakim).

4. bertabiat bagaikan hamba allah yang sejati allah berfirman, ”dan allah maha memandang hendak hamba – hamba – nya. (ialah) orang – orang yang berdo’a: ”ya tuhan kami, sebetulnya kami telah beriman, hingga ampunilah seluruh dosa kami dan juga peliharalah kami dari siksa neraka, ” (ialah) orang – orang yang tabah, yang benar, yang senantiasa ta’at, yang menafkahkan hartanya (dijalan allah) , dan juga yang meminta ampun (beristighfar) di waktu sahur. ” (qs. ali imran: 15 – 17).

5. bebas dari stempel kezhaliman allah berfirman, ”…barang siapa yang tidak bertaubat, hingga mereka seperti itu orang – orang yang zhalim. ” (qs. al – hujurat: 11).

6. diampuninya dosa – dosa. siapa yang mengakui dosanya dan juga pula meninggalkannya, hingga ia hendak diampuni.

7. ridha allah subhanahu wa ta’ala dan juga kecintaan – nya. istighfar menggambarkan masalah yang berarti, sampai – sampai seseorang hamba dapat memperoleh ridha dan juga kecintaan allah subhanahu wa ta”ala.

8. mendapatkan rahmat allah subhanahu wa ta’ala. firmannya, hendaklah kamu memohon ampun kepada allah ta’ala, supaya kamu menemukan rahmat (an – naml : 46).

9. didalam firman – nya yang lain, hingga saya katakan kepada mereka, ‘mohonlah ampun kepada tuhan kalian’, sebetulnya ia merupakan maha pengampun, tentu ia hendak merendahkan kepada kamu hujan dengan rimbun, dan juga hendak membanyakkan harta dan juga kanak – kanak kamu, dan juga mengadakan buat kamu kebun – kebun dan juga mengadakan (pula di dalamnya) buat kamu sungai – sungai’. (nuh: 10 – 12).

10. kebeningan hati. karna istighfar mampu menghapus dosa. hingga hati juga jadi bersih dan juga bening dari bercak dosa dan kedurhakaan.

11. istighfar menggambarkan kebutuhan hamba yang berkepanjangan. ia membutuhkannya menjelang siang dan juga malam, terlebih lagi istighfar tetap diperlukan dalam tiap perkataan dan juga perbuatan,

ketika sendirian ataupun bayak orang, karna di dalamnya memiliki kemashlahatan, mendatangkan kebaikan, menghilangkan kemudhoratan, menaikkan kekokohan amal hati dan juga tubuh dan kepercayaan iman.

12. mendatangkan perilaku lemah lembut dan juga baik tutur katanya. siapa yang mau supaya allah ta’ala memperlakukannya dengan lemah lembut, hingga ia wajib tetap bersama – nya.

istighfar mampu menjadikan seseorang hamba lemah lembut, baik tutur katanya, karna ia biasa mengucapkan kebenaran dan juga menjelaskannya.

13. perbanyak ibadah dan juga zuhud di dunia. istighfar memerlukan penyesalan dan juga taubat, sampai – sampai dia menuntut pelakunya lebih banyak beribadah.

firman allah ta’ala, sebetulnya kebaikan – kebaikan itu menghapuskan kesalahan – kesalahan. (hud: 114).

14. menggembirakan allah, rasulullah bersabda, “sungguh, allah lebih gembira dengan taubat hamba – nya daripada kegembiraan salah seseorang dari kamu yang menciptakan ontanya yang lenyap di padang pasir. ” (hr. bukhari dan juga muslim).

15. dicintai allah allah berfirman, “sesungguhnya allah menyayangi orang – orang yang bertaubat dan juga menyayangi orang – orang yang mensucikan diri. ” (qs. al – baqarah: 222).

rasulullah bersabda, “orang yang bertaubat merupakan pacar allah. orang yang bertaubat atas dosanya, seperti orang yang tidak berdosa. ” (hr. ibnu majah).

16. dosa – dosanya diampuni rasulullah bersabda, “allah telah mengatakan, ’wahai hamba – hamba – ku, tiap kamu tentu berdosa kecuali yang saya jaga. hingga beristighfarlah kamu kepada – ku, tentu kamu saya ampuni. dan juga barangsiapa yang meyakini kalau saya memiliki keahlian buat mengampuni dosa – dosanya, hingga saya hendak mengampuninya dan juga saya tidak hirau (sebagian banyak dosanya). ” (hr. ibnu majah, tirmidzi).

imam qatadah mengatakan, ”al – qur’an telah menampilkan penyakit dan juga obat kamu. ada juga penyakit kamu merupakan dosa, dan juga obat kamu merupakan istighfar. ” (kitab ihya’ulumiddin: 1/410).

melepaskan diri dari adzab. istighfar menggambarkan fasilitas yang amat pokok buat melepaskan diri dari adzabnya,

sebagaimana firman – nya, dan juga bukanlah allah ta’ala hendak mengadzab mereka, lagi mereka memohon ampun. (al – anfal: 33).

istighfar mendatangkan kebaikan yang banyak dan juga pula barokah. firman allah ta’ala, dan juga (ia mengatakan) , ’hai kaumku, mohonlah ampun kepada tuhan kamu kemudian bertaubatlah kepada – nya, tentu ia merendahkan hujan yang deras kepada kamu, dan juga ia hendak meningkatkan kekokohan kepada kekokohan kalian’. (hud: 52).

17. selamat dari api neraka , hudzaifah sempat mengatakan, “saya merupakan orang yang tajam lidah terhadap keluargaku, wahai rasulullah, saya cemas bahwa lidahku itu menimbulkan ku masuk neraka’.

rasulullah bersabda, ’dimana posisimu terhadap istighfar? sebetulnya, saya tetap beristighfar kepada allah sebanyak seratus kali dalam satu hari semalam’. ” (hr. nasa’i, ibnu majah, al – hakim dan juga dishahihkannya).

18. menemukan balasan surga “dan (pula) orang – orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji ataupun menganiaya diri seorang diri, mereka ingat hendak allah, kemudian meminta ampun terhadap dosa – dosa mereka dan juga siapa lagi yang mampu mengampuni dosa tidak hanya allah? dan juga mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu, lagi mereka mengenali. mereka itu balasannya yakni ampunan dari tuhan mereka dan juga surga yang didalamnya mengalir sungai – sungai, lagi mereka kekal didalamnya; dan juga seperti itu sebaik – baik pahala orang – orang yang beramal. ” (qs. ali’imran: 135 – 136).

19. mengecewakan syetan dan juga membikin syetan putus asa sebetulnya syetan telah mengatakan, ”demi kemulian – mu ya allah, saya selalu hendak menggoda hamba – hamba – mu selagi roh mereka terdapat dalam tubuh mereka (masih hidup).

hingga allah menimpalinya, ”dan demi kemuliaan dan juga keagungan – ku, saya tetap mengampuni mereka sepanjang mereka meminta ampunan (beristighfar) kepada – ku. ” (hr. ahmad dan juga al – hakim).

ali bin abi thalib sempat dikunjungi oleh seorang, ”saya telah melaksanakan dosa’. ’bertaubatlah kepada allah, dan juga jangan kalian ulangi’, kata ali.

orang itu menanggapi, “saya telah bertaubat, tetapi sehabis itu aku berdosa lagi’. ali mengatakan, ‘bertaubatlah kepada allah, dan juga jangan kalian ulangi’. orang itu bertanya lagi, ’sampai kapan? ’

ali menanggapi, ’sampai syetan berputus asa dan juga terasa rugi. ” (kitab tanbihul ghafilin: 73).

20. meredam adzab allah berfirman, ”dan allah sekali – kali tidak hendak mengazab mereka, lagi kalian berposisi di antara mereka. dan juga bukanlah (pula) allah hendak mengazab mereka, lagi mereka memohon ampun. ” (qs. al – anfal: 33).

21. mengusir kesedihan rasulullah bersabda, ”barangsiapa yang tetap beristighfar, hingga allah hendak membagikan kegembiraan dari tiap kesedihannya, dan juga kelapangan untuk tiap kesempitannya, dan juga memberinya rizki dari arah yang tiada disangka – sangka. ” (hr. abu daud, ibnu majah dan juga ahmad).

22. melapangkan kesempitan rasulullah bersabda, ”barangsiapa yang tetap beristighfar, hingga allah hendak membagikan kegembiraan dari tiap kesedihannya, dan juga kelapangan untuk tiap kesempitannya dan juga memberinya rizki dari arah yang tiada disangka – sangka, ” (hr. abu daud, ibnu majah dan juga ahmad).

23. melancarkan rizki rasulullah bersabda, ”sesungguhnya seseorang hamba dapat tertahan rizkinya karna dosa yang dikerjakannya. ” (hr. ahmad, ibnu hibban dan juga ibnu majah).

24. mensterilkan hati rasulullah bersabda, ”apabila seseorang mukmin melaksanakan sesuatu dosa, hingga tercoretlah bercak gelap di hatinya. apabila dia bertaubat, meninggalkannya dan juga beristighfar, hingga bersihlah hatinya. ” (hr. nasa’i, ibnu majah, ibnu hibban, tirmidzi).

25. gampang memperoleh anak allah berfirman, ”maka saya katakan kepada mereka: ”mohonlah ampun (istighfar) kepada tuhanmu, sebetulnya ia merupakan maha pengampun, tentu ia hendak mengirimkan hujan kepadamu dengan rimbun, dan juga memperbanyakkan harta dan juga anak – anakmu, dan juga mengadakan untukmu kebun – kebun dan juga mengadakan (pula didalamnya) untukmu sungai – sungai. ” (qs. nuh: 10 – 12).

26. gampang memperoleh air hujan ibnu shabih mengatakan, ”hasan al – bashri sempat dikunjungi seorang dan juga mengadu kalau lahannya tandus, dia mengatakan, ‘perbanyaklah istighfar’.

kemudian terdapat teman yang mengadu kalau kebunnya kering, dia mengatakan, ‘perbanyaklah istighfar’. kemudian terdapat teman lagi yang mengadu kalau dia belum memiliki anak, dia mengatakan, ’perbanyaklah istighfar’. (kitab fathul bari: 11/98).

27. meningkat kekokohannya allah berfirman, ”dan (ia mengatakan) : ”hai kaumku, mohonlah ampun kepada tuhanmu kemudian bertobatlah kepada – nya, tentu ia merendahkan hujan yang amat deras atasmu, dan juga ia hendak meningkatkan kekokohan kepada kekuatanmu, dan juga janganlah kalian berpaling dengan berbuat dosa. ” (qs. hud: 52).

28. meningkat kesejahteraannya allah berfirman, ”maka saya katakan kepada mereka: ”mohonlah ampun kepada tuhanmu, sebetulnya ia merupakan maha pengampun, tentu ia hendak mengirimkan hujan kepadamu dengan rimbun, dan juga membanyakkan harta dan juga anak – anakmu, dan juga mengadakan untukmu kebun – kebun dan juga mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai – sungai. ” (qs. nuh: 10 – 12).

29. jadi orang yang beruntung allah berfirman, ”dan bertaubatlah kalian sekaligus kepada allah, hai orang – orang yang beriman biar kalian beruntung. ” (qs. an – nur: 31).

aisyah mengatakan, ”beruntunglah, orang – orang yang menciptakan istighfar yang banyak pada tiap lembar catatan setiap hari amal mereka. ” (hr. bukhari).

30. keburukannya ditukar dengan kebaikan allah berfirman, ”kecuali orang – orang yang bertaubat, beriman dan juga mengerjakan amal saleh; hingga kejahatan mereka ditukar allah dengan kebajikan. dan juga merupakan allah maha pengampun lagi maha penyayang. ” (qs. al – furqan: 70).

“dan dirikanlah sembahyang itu pada kedua tepi siang (pagi dan juga petang) dan juga pada bahagian permulaan daripada malam. sebetulnya perbuatan – perbuatan yang baik itu menghapuskan (dosa) perbuatan – perbuatan yang kurang baik. seperti itu peringatan untuk orang – orang yang ingat. ” (qs. hud: 114).

31. bercitra bagaikan orang mukmin rasulullah bersabda, ”tidak seorangpun dari umatku, yang apabila dia berbuat baik dan juga dia menyadari kalau yang diperbuat merupakan kebaikan, hingga allah hendak membalasnya dengan kebaikan.

dan juga bukanlah dia melaksanakan sesuatu yang tercela, dan juga dia siuman seluruhnya kalau perbuatannya itu salah, kemudian dia mohon ampun (beristighfar) kepada allah, dan juga hatinya percaya kalau tiada tuhan yang dapat mengampuni kecuali allah, hingga ia merupakan seseorang mukmin. ” (hr. ahmad).

32. berkepribadian bagaikan orang bijak seseorang ulama mengatakan, ”tanda orang yang arif (bijak) itu terdapat 6. apabila dia menyebut nama allah, dia terasa bangga. apabila menyebut pribadinya, dia terasa hina.

apabila mencermati ayat – ayat allah, dia ambil pelajarannya. apabila timbul kemauan buat bermaksiat, dia lekas mencegahnya. apabila disebutkan ampunan allah, dia terasa gembira. dan juga apabila mengingat dosanya, dia lekas beristighfar. ” (kitab tanbihul ghafilin: 67)

waktu – waktu beristighfar

istighfar disyari’atkan di dalam tiap waktu, namun dia jadi harus kala melaksanakan dosa – dosa dan juga jadi sunnah/amat diajarkan sesudah melaksanakan perbuatan – perbuatan baik, serupa beristighfar 3 kali sehabis shalat, sehabis haji dan juga lain – lain.

pula, diajarkan pada waktu sahur karena allâh menyanjung orang – orang yang beristighfar pada waktu – waktu sahur tersebut.

istighfar menggambarkan sunah segala para nabi dan juga rasul – ’alaihimush shalatu was salam –

1. lihatlah nabi adam – alaihis salam – , allah berfirman tentang istighfar (permohonan maghfirah) dia dan juga istri dia,

“keduanya mengatakan: “ya rabb kami, kami telah menganiaya diri kami seorang diri, dan juga bila engkau tidak mengampuni kami dan juga berikan rahmat kepada kami, tentu pastilah kami tercantum orang – orang yang merugi. ” (al – a’raf: 23)

2. dan juga tentang nabi nuh – ’alaihis salam – allah ta’ala berfirman,
“ya tuhanku! ampunilah saya, bunda bapakku, orang yang masuk ke rumahku dengan beriman dan juga seluruh orang yang beriman pria dan juga wanita. ” (nuh: 28)

3. tentang nabi musa – ’alaihis salam – allah berfirman,
“musa berdoa: “ya rabbku, sebetulnya saya telah menganiaya diriku seorang diri karna itu ampunilah aku”. hingga allah mengampuninya, sebetulnya allah dialah yang maha pengampun lagi maha penyayang. ” (al – qashash: 16)

4. nabi daud – ’alaihis salam – pula beristighfar kepada allah. allah berfirman,
“dan daud mengenali kalau kami mengujinya; hingga dia memohon ampun kepada rabbnya kemudian menyungkur sujud dan juga bertaubat. ” (shad: 24)

5. nabi sulaiman – ’alaihis salam – pula meminta ampun kepada allah,
“ia mengatakan: “ya tuhanku, ampunilah saya dan juga anugerahkanlah kepadaku kerajaan yang tidak dipunyai oleh seseorang juapun sesudahku, sebetulnya engkaulah yang maha pemberi”. ” (shad: 35)

6. dan juga para nabi dan juga rasul yang lain juga beristighfar kepada allah, terlebih utama merupakan nabi kita muhammad – shallallahu ‘alaihi wa sallam -.
imam muslim – rahimahullah – mengatakan hadits dalam shahihnya,
rasulullah – shallallahu ‘alaihi wa sallam – bersabda, “sesungguhnya hatiku (sering – kali) terlalaikan dari dzikir, dan juga sebetulnya saya meminta ampun kepada allah seratus kali dalam satu hari. ”

lihatlah! betapa nabi kita – shallallahu ‘alaihi wa sallam – seseorang yang makshum, yang dilindungi dari dosa – dosa, dan juga memperoleh ampunan baik buat yang telah kemudian ataupun yang hendak tiba,

dia – shallallahu ‘alaihi wa sallam – senantiasa aja perbanyak istighfar kepada allah subhanahu wa ta’ala.

hingga kita yang berposisi sangat – sangat jauh di dasar peran rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, tentu lebih layak buat perbanyak istighfar, meminta ampun kepada allah subhanahu wa ta’ala.

tidak hanya karna dosa dan juga kesalahan kita yang amat banyak, pula karna manfaat – manfaat istighfar yang amat banyak dan juga kita tidak dapat terasa cukup darinya.

terdapat banyak teks istigfar yang dapat kita pajatkan kepada allah bagaikan wujud permohonan ampun atas seluruh kesalahan. disini aku cuma menuliskan sebagian teks :

1. istigfar amat mudah
astagfirullahal ‘adziim, ini menggambarkan lafadz istigfar amat universal dan juga amat gampang buat diucapkan.

2. doa nabi yunus
“laailahailaa anta subhanaka inni kuntu munazdhalimiin” ( untuk kamu yang ingin mengamalkannya sehabis shalat dhuhur 100x insya allah hendak di bereskan hati dari watak watak tercela)

3. sayyidul istigfar
“allahumma anta rabbi, laa ilaaha illa anta khalqtani, wa ana ‘abduka wa ana ‘ala ‘ahdika wa wa’dika mastatho’tu, a’udzubika min syarri ma shona’tu, abu – ulaka bi ni’matika ‘alayya, wa abu – u bi dzanbi faghfirli fa innahu laa yaghfirudz dzunuba illa anta”

ya allah, engkau merupakan tuhanku, yang tiada tuhan yang pantas disembah melainkan engkau yang telah menghasilkan diriku. saya merupakan hamba – mu, dan juga saya berposisi dalam perintah dan juga perjanjian – mu, yang dengan seluruh kemampuanku, perintah – mu saya laksanakan. saya berlindung kepada – mu dari seluruh kejelekan yang saya perbuat terhadap – mu. engkau telah mencurahkan nikmat – mu kepadaku, sedangkan saya tetap berbuat dosa. hingga ampunilah dosa – dosaku. karena tiada yang mampu mengampuni dosa kecuali engkau.

yang semula miskin berbeda jauh membaik!

istighfar, meminta ampun kepada allah merupakan amalan yang amat mulia, amat banyak sekali khasiat yang dapat kita peroleh dari istighfar kita kepada allah subhanahu wa ta’ala, yang mana tidak terdapat satu juga dari kita yang tidak memerlukan khasiat dan juga buah dari istighfar itu.

seseorang yang hidupnya miskin tiba ke imam hasan mengadukan kemiskinan yang sudah dijalaninya sekian lama. ia juga memohon nasehat imam. imam hasan al – basri menasehatinya dengan kalimat pendek,

“beristighfarlah dan juga memperbanyak istighfar, minimun 1000 kali satu hari. ”
selang sebagian waktu, orang ini tiba dengan laporan kalau kehidupannya sudah jauh membaik.

di peluang lain lagi, sekumpulan petani tiba mengadukan cuaca yang lama tidak turun hujan sampai – sampai mengkhawatirkan hasil panen kandas. imam hasan menyuruh mereka,
“banyak – banyaklah beristighfar. ”

mengapa wajib istigfar?

di hadapan jamaah shalat dhuhur masjid daaruttaqwa, wisma antara, jakarta, dokter. ahmad lutfi fathullah, ma menarangkan, istighfar merupakan permintaan ampun dari seseorang hamba kepada tuhannya. manusia diciptakan buat menyembah allah.

buat itu, seluruh kepentingan buat manusia sudah dipersiapkan allah, tercantum ketentuan mainnya. tidak hanya faktor positif dan juga menyenangkan, manusia pula diberi tes buat mengklasifikasikan mereka jadi: patuh ataupun tidak.

sayang, manusia kerap khilaf, kerap tergoda, kerap lalai hendak aturan – aturan yang sudah diresmikan. sepatutnya, manusia dihukum dengan pelanggaran – pelanggaran yang dicoba, tetapi allah menunda hukuman itu hingga di alam akhirat.

saat sebelum batasan akhir, manusia diberi peluang buat membetulkan diri dengan berulang penuhi ketentuan main yang berlaku. langkah dini revisi diri, dia menekankan perlunya pendekatan diri, permohonan, dan juga pengaduan, yang diucap istighfar.

pergantian pasca istigfar

kala istighfar itu dicoba oleh seseorang hamba, dan juga allah menerima permohonan maaf orang tersebut, hingga status orang itu juga berbeda. dari orang yang kotor, jadi bersih. dari orang yang banyak dosa, jadi orang yang tidak berdosa lagi, atua tinggal sedikit dosanya. dari orang yang allah kurang sayang, jadi pacar allah. dari orang yang dijauhi allah, jadi orang yang dekat dengan allah. dari orang yang suaranya tidak didengar allah, jadi orang yang suaranya dirindukan allah.

khasiat istigfar dalam hadis

terdapat 3 khasiat istigfar. kesatu, dari sa’ad ra, rasulullah saw bersabda: doanya yang dipanjatkan dzin nun kala dalam perut ikan paus:

“laailahailaa anta subhanaka inni kuntu munazdhalimiin”

(tiada tuhan tidak hanya engkau, maha suci engkau, sebetulnya saya tercantum orang – orang yang dzalim).

hingga sebetulnya bukanlah seseorang muslim berdoa dengan doa ini dalam suatu hajat kecuali allah hendak mengabulkannya. (hadis sahih, diriwayatkan oleh al – tirmizi (hadis nomor. 3427) dan juga ahmad (hadis nomor. 1383)

sebagian hadis di dasar ini menampilkan khasiat istighfar secara imanis, murah, psikologis. hadis – hadis diartikan antara lain:

kedua, dari ibn abbas ra, rasulullah saw bersabda:

“barang siapa yang senantiasa beristighfar, hingga allah hendak bagikan untuknya pemecahan tiap menemui permasalahan, dan juga jalur keluar buat tiap kali menemui kesempitan, dan juga allah hendak memberikannya rezeki dari jalur yang tidak diduga – duga. ” (hadis sahih, diriwayatkan oleh abu dawud (hadis nomor. 1297) , ibn majah (hadis nomor. 3809) dan juga al – hakim (hadis nomor. ). al – hakim mengatakan: hadis ini sanadnya sahih. )




3 komentar:

Izin ya admin..:)
Main dan Menangkan permainan bersama kami di ARENADOMINO 8 permainan poker online tanpa robot silahkan main dan buktikan sendiri jika kesulitan bisa
dibantu dalam pendaftaran silahkan langsung bergabung untuk info lebih jelas WA +855 96 4967353

KISAH CERITA AYAH SAYA SEMBUH BERKAT BANTUAN ABAH HJ MALIK IBRAHIM

Assalamualaikum saya atas nama Rany anak dari bapak Bambang saya ingin berbagi cerita masalah penyakit yang di derita ayah saya, ayah saya sudah 5 tahun menderita penyakit aneh yang tidak masuk akal, bahkan ayah saya tidak aktif kerja selama 5 tahun gara gara penyakit yang di deritanya, singkat cerita suatu hari waktu itu saya bermain di rmh temen saya dan kebetulan saya ada waktu itu di saat proses pengobatan ibu temen saya lewat HP , percaya nda percaya subahana lah di hari itu juga mama temen saya langsung berjalan yang dulu'nya cuma duduk di kursi rodah selama 3 tahun,singkat cerita semua orang yang waktu itu menyaksikan pengobatan bapak kyai hj Malik lewat ponsel, betul betul kaget karena mama temen saya langsung berjalan setelah di sampaikan kepada hj Malik untuk berjalan,subahanallah, dan saya juga memberanikan diri meminta no hp bapak kyai hj malik, dan sesampainya saya di rmh saya juga memberanikan diri untuk menghubungi kyai hj Malik dan menyampaikan penyakit yang di derita ayah saya, dan setelah saya melakukan apa yang di perintahkan sama BPK kyai hj Malik, 1 jam kemudian Alhamdulillah bapak saya juga langsung sembuh dari penyakitnya lewat doa bapak kyai hj Malik kepada Allah subahanallah wataala ,Alhamdulillah berkat bantuan bpk ustad kyai hj Malik sekarang ayah saya sudah sembuh dari penyakit yang di deritanya selama 5 tahun, bagi saudara/i yang mau di bantu penyembuhan masalah penyakit gaib non gaib anda bisa konsultasi langsung kepada bapak kyai hj Malik no hp WA beliau 0823-5240-6469 semoga lewat bantuan beliau anda bisa terbebas dari penyakit anda. Terima kasih

Posting Komentar