Sabtu, 04 Agustus 2018

Bolehkah Melaksanakan Sholat Tahajud Tanpa Harus Tidur Terlebih Dahulu ?


Bolehkah Melaksanakan Sholat Tahajud Tanpa Harus Tidur Terlebih Dahulu ?


Bismillahirrohmaanirrohim

Assalamualaikum wr wb

Saudara Muslim ku yang di Rahmati Allah Subhanahu wa ta'la
shalat sunnah yang berat bagi umat muslim adalah Tahajud. mengingat waktu shalat nya berbeda dgn shalat shalat yang lain. tapi itu semua tidak menjadi halangan atau kendala bagi saudara saudara muslim yang beriman yang soleh/solehah yang senantiasa taat kepada Allah subhanahu wa ta'ala yang selalu Ikhlas hanya mengharap Ridho illahirabbi.
dalam kesempatan kali ini apasih itu Tahajud dan boleh apa tidak melaksanakan Sholat tahajut tanpa tidur malam terlebih dahulu?

baiklah saudara muslim ku..

Perlu kita pahami, bahwa tahajud dalam arti bangun dari tidurnya,
Dalam hal ini maka ulama mengkiaskan bahwa tahajud adalah sholat yang dilakukan setelah bangun dari tidur malam. Atau berbangun dimalam hari guna mendekatkan diri kepada Allah.

Namun bagaimana dengan mereka yang tidak bisa tidur malam? atau bolehkah melaksanakan tahajud tanpa tidur terlebih dahulu?

Tahajud menurut bahasa : daf’un naum bitaklif (meninggalkan tdr dgn memaksakan diri)Scara fiqih : sholat setelah tdr malam.

Syarat tahajud memang harus tdr, tapi apabila ada seseorang mengerjakan sholat tahajud sblm tdr, maka shalatnya sah, termasuk sholat nafl mutlaq. Sebagaiman sayidina ali zainal abidin, solat 1000 rakaat malam hari, itu adalah shalat nafl mutlaq, bebas mau berapa rakaat

Dalilnya : "afdolus sholati ba’dul faridhoh sholatul lail(sohih muslim) ” sebaik-baiknya sholat setalah yang fardu adalah sholat malam ”

"Inna fi lail, li sa’atan la yuwafiquha rojulun muslimun yas alullaha ta’ala khoiron min amrid dunya wal akhirah illa a’tohu iyyau wa dzalika kulla lailah"

artinya : dimana ada waktu pada malam hari, siapa dari kalian yang bertepatan meminta / berdoa kepada Allah baik urusan dunia atau akhiraat, niscaya Allah akan berikan ”

Begitu pula dalil : "hina yabqo tsulusul lail akhir, fayaqul : man yad u’ ni fa astajiba lahu, wa man yas aluni fa u’ tiyahu, wa man yastaghfiruni fa aghfirulahu"

Artinya: Dan bila datang sepertiga malam, Allah berfirman : barang siapa yang berdoa kepadaKu maka aku kabulkan, dan siapa yang meminta kepada Aku, maka Aku akan berikan. Dan siapa yang meminta pengampunan Aku ampuni. Disitu tidak di saratkan tdr dari hadis2 keutamaan ibadah malam hari..

Islam itu Mudah tidak mempersulit, jadi janganlah mempersulit jika tidak ingin di sulitkan oleh Allah .. Wal-Afwu minkum

Sesuai firman Allah ta'ala yang artinya : "Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai ibadah tambahan bagimu. Semoga tuhanmu mengangkat kamu ketempat yang terpuji"

QS: Al Isra ayat 79

dan juga ayat Allah ta'ala yang artinya,

"Tubuh/lambung mereka jauh dari tempat tidurnya ( dmana saat itu banyak org yg menikmasti tdr malam), sedangkan mereka berdoa kepada Tuhannya, dengan rasa takut dan berharap"

QS: As Saajdah 16

Dan hadits Rasullallah salallahu 'alaihi wa sallam,

Dari Aisyah r.a menjelaskan : bahwasanya Nabi SAW mendirikan sholat pada malam hari, hingga membengkak kakinya, lalu Aisyah ra bertanya kepada Rasulullah SAW : mengapa engkau melakukan semua ini Ya Rasulullah, sementara bukankah Allah telah mengampuni dosa dosamu yg terdahulu dan akan datang? , Rasul SAW menjawab : apakah saya tidak lebih baik menjadi seorang hamba yang bersyukur ( HR.Bukhori dan Muslim) begitu juga hadis yang sama di riwayatkan dari Mughiroh bin Syu’bah.

Di hadis lain di riwayatkan dari Ali Bin Abi Thalib ra : bahwasanya Nabi SAW mengetuk pintu rumahnya seraya beliau berkata kepadanya dan Fatimah : apakah kalian tidak sholat malam? ( Hr.Bukhori dan Muslim)

Melihat riwayat lain dan Ibn Mas’ud ra : bahwasanya ia sholat bersama Rasul SAW pada malam hari, dimana Rasul SAW sholat yang amat panjang sekali, hingga dalam diriku berfikir sesuatu hal yg buruk, lalu ditanyakan kpdnya apa yang difikirkan saat itu? Ibn mas’ud menjawab : saya ingin duduk dan meninggalkannya ( Hr.Bukhori dan Muslim)

Melihat dari Ayat serta beberapa hadis tersebut amat dianjurkan bagi mereka yang bangun pada malam hari melakukan sholat malam, bahkan Rasul sendiri memberikan contoh sholat yang amat panjang, dan di contoh lain membangunkan anak dan menantu beliau guna sholat malam.

dengan ayat Allah ta'ala dan hadits Rasullallah sallallahu 'alaihi wa sallam tersebut di atas sebelum melaksanakan Shalat Sunnah Tahajud di anjurkan untuk tidur terlebih dahulu. tidak harus tidur dalam waktu yang lama.tidur sebentar pun ketika terbangun kita bisa melaksanakan Qiyamullail ber Tahajud menghadap Allah Subhanahu wa ta'ala.

Jadi siapapun yang terbangun dimalam hari silahkanlah ia melakukan sholat, sesungguhnya mendekatkan diri kepada Allah saat orang lain tidur akan lebih baik drajatnya disisi Allah,

Adapun bila mampu untuk tidur terlebih dahulu maka lakukan, kalau memang tak bisa tidur maka lakukanlah, sesungguhnya Allah tidak ingin menyulitkan hamba-Nya, jadi jangan mempermasalahkan sudah tidur atau belum. Tapi masalahkanlah sudah sholat apa belum.
Wallahu A’lam

Kebenaran datangnya dari dan Milik Allah Ta'ala, kalau ada kekliruan itu semata mata dari saya karena masih belajar.

Mari kita semua berdoa memohon kepada Allah subhanahu wa ta'ala supaya di mudahkan serta di lancarkan dalam urusan beribadah baik yang wajib maupun yang sunnah. di jaukan dari bisikan syaiton yang menjerumuskan kesesatan. Amin ya Rabball'alamin.



0 komentar:

Posting Komentar