Jumat, 03 Agustus 2018

Ini Alasan Mengapa Sebaiknya Sedekah di Pagi Hari


Ini Alasan Mengapa Sebaiknya Sedekah di Pagi Hari


SEDEKAH merupakan amalan yang paling dianjurkan, terutama yang telah meyakini bahwa sedekah merupakan amalan kebaikan yang perlu rutin dilakukan. Tahukah alasan mengapa sebaiknya kita telah melakukan sedekah sejak pagi hari seperti dikutip dari Majalah Ummi, berikut Penjelasannya

 4 alasan berikut ini semoga semakin memotivasi kita untuk merutinkan bersedekah setiap pagi:

 Didoakan orang lain saja sudah senang sekali, karena kemungkinan terkabul akan lebih besar dibandingkan doa untuk diri kita sendiri, lha… apalagi jika didoakan malaikat setiap pagi?

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu sesungguhnya Nabi Muhammad shollallahu ‘alahi wa sallam bersabda: “Tidak ada satu Shubuh-pun yang dialami hamba-hamba Allah kecuali turun kepada mereka dua malaikat. Salah satu di antara keduanya berdoa: “Ya Allah, berilah ganti bagi orang yang berinfaq”, sedangkan yang satu lagi berdo’a “Ya Allah, berilah kerusakan bagi orang yang menahan (hartanya)” (HR Bukhary 5/270)

2. Menambah semangat beraktivitas

Secara psikologis, bersedekah akan membuat hati kita lebih bahagia, sehingga jika sedekah dilakukan sejak pagi hari in syaa Allah dapat menimbulkan antusiasme atau rasa semangat beraktivitas.

3. Memudahkan urusan di hari itu

Dalam sebuah hadits Riwayat Imam Ahmad, Rasulullah bersabda, “Barangsiapa yang ingin doa terkabul dan dibebaskan dari kesulitannya, hendaklah dia membantu mengatasi kesulitan orang lain.”

Bersedekah artinya kita telah membantu mengatasi kesulitan orang lain, yang tadinya tidak punya uang untuk makan… jadi punya uang untuk membeli makanan. Yang tadinya kehabisan ongkos di perjalanan, jadi bisa kembali pulang. Ketika kita membantu kesulitan orang lain seperti ini sejak pagi, in syaa Allah balasannya langsung dapat kita rasakan.

Yakni kemudahan-kemudahan urusan sepanjang hari tersebut. sesungguhnya Allah akan menolong hambaNya selama hamba tersebut bersedia menolong sesamanya. Dengan bersedekah, semoga kita termasuk golongan orang yang bersedia menolong kesulitan sesama manusia.Aamiin Allahumma Aamiin.[]



0 komentar:

Posting Komentar