Senin, 16 Desember 2019

Sepuluh Makanan untuk Perut Rata, Tempe Salah Satunya


Sepuluh Makanan untuk Perut Rata, Tempe Salah Satunya


Sepuluh Makanan untuk Perut Rata, Tempe Salah Satunya Ilustrasi ukuran perut. (Thinkstock/gpointstudio)

Jakarta, CNN Indonesia -- Siapa tak ingin punya bentuk perut yang rata? Syukur-syukur bisa terlihat berotot. Jika ini adalah harapan Anda di tahun ini, mulailah bergerak dari sekarang. Pesta-pesta selama tahun baru sudah selesai.

Anda bisa memulai menata hidup baru demi perut yang lebih rata dengan memulai menata pola makan. Ella Magers penulis buku The Six Weeks to Sexy Abs Meal Plan dan pendiri Sexy Fit Vegan, mengemukakan pilihan makanan sehatnya untuk Anda. Pilihan ini bisa langsung diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

“Kuncinya adalah dengan memenuhi piring Anda dengan banyak makanan yang berasal dari tamanan sebanyak mungkin,” kata Magers seperti dikutip Today. “Ini akan membuat Anda merasa lebih baik sembari berolahraga untuk membuat perut rata seperti yang Anda idamkan.”

1. Dedaunan hijau

Sayuran yang berupa dedaunan hijau sangat padat nutrisi dan ringan kalorinya. “Makan salad yang terdiri dari sayuran hijau daun selain mencukupi kebutuhan nutrisi juga akan membantu Anda untuk makan lebih perlahan jadi Anda akan tahu kapan merasa kenyang,” kata Magers. Bosan dengan sayuran mentah? Kombinasikan dengan sayuran yang dimasak.

2. Alpukat

“Ya, alpukat memang mengandung lemak, tapi jenisnya adalah lemak yang menyehatkan jadi aman untuk dikonsumsi,” kata Magers. Anda bisa mencampurnya dalam salad dan roti isi. “Teksturnya yang creamy membuat alpukat sangat baik untuk pengganti mayonaise dan bisa juga dicampur dengan cacahan tomat, bawang dan cilantro. Ini akan jadi cemilan yang membuat perut lebih rata.”

3. Buah segar

Tak peduli apapun buah yang Anda pilih, kuncinya adalah keberagaman jenis yang Anda makan. “Setiap buah memiliki nutrisi yang berbeda dan Anda seharusnya makan satu jenis setiap hari,” kata Magers. “Jenis beri mungkin paling bernutrisi, grapefruite mungkin paling rendah kalorinya. Tapi itu  bukan berarti Anda harus membatasi konsumsinya. Idealnya Anda  makan buah di pagi hari karena buah sangat mudah dicerna dan cepat memberikan tenaga, terutama sebelum olah raga.”

Menurut Magers, makan buah yang dikombinasikan dengan protein atau susu baik untuk stamina tubuh.

4. Campuran biji-bijian dalam makanan

“Mencampur biji-bijian dengan makanan lain lebih baik dibanding memakannya begitu saja karena akan lebih mudah dicerna,” kata Magers. “Tambahkan satu sendok teh biji-bijian di smoothie untuk menambahkan serat, protein dan Omega 3. Biji-bijian juga baik untuk menggantikan telur pada makanan yang dibakar, tambahkan sedikit air dan aduk hingga Anda mendapatkan adonan yang mirip gel.”

5. Jus sayuran terutama yang berwarna hijau

“Sangat baik memberi sayuran hijau pada sistem pencernaan makanan. Selain sehat, makanan ini juga membuat pencernaan tak banyak bekerja,” kata Magers. Untuk memulai, pilih makanan  berwarna hijau tua seperti kale yang lebih baik dibanding warna hijau muda seperti letus atau selada. Magers kadang mencampur jus sayurannya dengan mentimun, daun parsley, worter atau seledri.

6. Jamur portobello

Jamur portobello dengan cita rasa yang gurih dan tekstur yang lembut juga bermanfaat untuk membuat perut lebih cepat rata. “Anda bisa memanggangnya, dioseng-oseng atau direbur. Jamur ini sangat rendah kalorinya,” kata Magers.

Bonus lainnya, jenis jamur ini sangat mudah menyerap cita rasa lain sehingga enak pula buat isian roti. Magers menyarankan untuk memasak jamur ini tanpa minyak, dan tambahi sedikit saja garam selain bumbu lain sesuai selera.

7. Sari kacang 

 Sari kacang yang sering disebut sebagai susu ternyata juga paling cepat membuat perut rata. Menurut Magers sari kacang sangat baik untuk menggantikan sereal, kopi, oatmeal dan smoothies. “Saya tak pernah berpikir saya akan melakukannya, tapi kini saya sering membuat sari kacang dan itu hanya mengabiskan waktu lima menit saja!” kata Magers. 

Dia juga sesekali membeli sari kacang tanpa pemanis yang sudah jadi karena rasanya yang lebih netral. Untuk sari kacang buatan rumah, Magers sering memilih almond, hazelnut atau kacang Brasil yang direndam dulu dalam air semalaman. Paginya, kacang itu bisa diblender dengar air, beberapa buah kurma untuk pemanis dan sedikit vanila atau kayu manis.

8. Tempe

“Banyak orang tak kenal tempe, padahal makanan ini sangat baik untuk membuat perut cepat rata, belum lagi kaya akan protein,” kata Magers. “Tempe terbuat dari kacang kedelai dan tak seperti tahu, tempe difermentasikan jadi sangat mudah dicerna. Potong jadi bentuk dadu dan  bakar, bisa juga menjadi campuran oseng-oseng, salad untuk menambah protein dalam makanan Anda.”

9. Kurma

“Makanan ini bisa disebut sebagai makanan super, “ kata Magers. “ Kurma adalah makanan yang sempurna karena kaya akan serat. Juga mengandung gula sehingga bisa untuk pemanis makanan lain.”

Teksturnya yang lengket membuat kurma baik untuk teman makan makanan yang disajikan mentah atau campuran keping protein buatan sendiri. Kurma bisa jadi campuran smoothie dengan sari kacang-kacangan dan atau dimakan begitu saja sebagai cemilan.

Magers juga kadang menggunakan kurma yang dihaluskan untuk menggantikna madu. “Saya biasa menyimpan beberapa biji kurma di tas setiap hari karena makanan ini sangat cepat memberikan energi saat saya membutuhkannya, terutama sebelum berolah raga.”

10. Farro

“Kita semua mengenal quinoa. Tapi farro adalah salah satu sayuran dari zaman kuno yang mengandung protein, kalori dan serat yang setara dengan quinoa. Namun farro punya kadar kalsium yang dua kali lebih banyak dari quinoa,” kata Magers.

“Farro melepaskan energi lebih perlahan, mengenyangkan dan mengandung banyak nutrisi. Rasanya yang mirip kacang juga sangat nikmat. Perlu waktu untuk memasaknya, tapi sebenarnya cukup mudah. Enak dibuat sup panas saat udara dingin.” (utw)

Utami Widowati,


0 komentar:

Posting Komentar