Jumat, 27 Desember 2019

Menguak 4 Manfaat Tersembunyi Jamu Beras Kencur untuk Kesehatan


Menguak 4 Manfaat Tersembunyi Jamu Beras Kencur untuk Kesehatan


Klik untuk membagikan di Facebook(Membuka di jendela yang baru)Klik untuk berbagi pada Twitter(Membuka di jendela yang baru)Klik untuk berbagi di WhatsApp(Membuka di jendela yang baru)Klik untuk berbagi pada Tumblr(Membuka di jendela yang baru)Klik untuk berbagi di Linkedln(Membuka di jendela yang baru)Klik untuk berbagi di Line new(Membuka di jendela yang baru)

Menguak 4 Manfaat Tersembunyi Jamu Beras Kencur untuk Kesehatan

Masyarakat Indonesia tentu sudah sangat akrab dengan jamu. Dari sekian banyak jenis jamu di pasaran, salah satu yang cukup populer adalah beras kencur. Usut punya usut, jamu beras kencur menawarkan banyak manfaat kesehatan untuk tubuh, lho!

Manfaat jamu beras kencur

Walau namanya beras kencur, minuman yang satu ini ternyata dibuat dari campuran berbagai bahan. Jamu manis dengan aroma herbal yang kuat ini diracik dari jahe, asam jawa, gula jawa, dan daun pandan. Semua campuran bahan tersebut tidak hanya meningkatkan cita rasanya, tapi sekaligus juga khasiatnya.

Berikut beberapa manfaat jamu beras kencur yang perlu Anda ketahui:

1. Mempertahankan gula darah normal

Penelitian dari departemen farmasi Universitas Tanjungpura melaporkan bahwa beras kencur dapat menurunkan kadar glukosa darah dan mempertahankannya tetap normal. Bahkan setelah Anda setop minum jamu.

Manfaat beras kencur satu ini tentu jadi angin segar bagi para diabetesi yang kesulitan untuk mengendalikan kadar gula darahnya.

Namun, bukti-bukti yang didapat sampai saat ini masih berupa penelitian skala kecil. Masih dibutuhkan bukti dari penelitian dengan skala yang lebih besar pada manusia untuk memastikan manfaat dan keamanannya dalam jangka panjang.

2. Meredakan diare

Jamu beras kencur juga memiliki manfaat sebagai obat diare alami. Penelitian yang dimuat dalam International Journal of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences menemukan, kencur dapat membantu meredakan gejala diare berkat kandungan zat sitotoksik dan antibakterinya yang melimpah.

Studi tersebut memperlihatkan gejala diare pada hewan coba yang diberikan ekstrak kencur berangsur membaik, sementara kelompok lainnya tidak menunjukkan hal yang sama. Kelompok hewan coba yang tidak mendapatkan ekstrak kencur cenderung mengalami gejala diare terus menerus.

Lagi-lagi, bukti dari manfaat beras kencur satu ini masih diperoleh dari studi kecil yang dilakukan pada hewan. Belum ada penelitian besar-besaran yang dilakukan pada partisipan manusia dalam skala luas yang bisa memastikan manfaatnya.

3. Meredakan batuk berdahak

Merasa tersiksa dengan batuk berdahak yang tak kunjung mereda? Minum segelas jamu beras kencur mungkin dapat membantu mengatasinya. Ramuan tradisional kencur sudah lama dikenal sebagai obat tradisional batuk berdahak, begitu pula dengan jahe.

Namun, masih perlu penelitian lebih lanjut untuk mengetahui cara kerja dan dosis dari jamu beras kencur yang aman dan efektif untuk batuk berdahak.

4. Manfaat lainnya

Manfaat jamu beras kencur lainnya adalah membantu meningkatkan nafsu makan anak. Bila si kecil sedang susah makan, Anda bisa memberinya segelas jamu beras kencur hangat atau dingin. Jamu ini juga dipercaya dapat mengatasi badan pegal-pegal, masuk angin, meriang, sakit perut, dan lain sebagainya.

Namun lagi-lagi penelitian mengenai manfaat jamu beras kencur masih minim. Alhasil, masih diperlukan banyak penelitian lain untuk mengonfirmasi berbagai manfaat yang sudah disebutkan tadi.

Cara membuat beras kencur

Seiring dengan perkembangan zaman, Anda tak perlu lagi menunggu Si Mbok Jamu lewat depan rumah setiap hari untuk minum segelas beras kencur.

Pasalnya, jamu satu ini sudah banyak dijual toko-toko dengan berbagai sediaan. Mulai dari pil, serbuk seduhan, hingga cairan yang diminum langsung.

Bahkan, Anda pun sebenarnya bisa membuatnya sendiri di rumah. Tak perlu bingung bagaimana cara membuatnya, Anda bisa langsung coba resep beras kencur berikut ini.
Bahan-bahan yang dibutuhkan:

·         200 gram beras putih
·         1 buah kencur berukuran sedang
·         1 buah jahe berukuran sedang
·         1 sdm asam jawa
·         300 gram gula jawa
·         2 lembar daun pandan
·         Air matang secukupnya

Cara membuat:

1.    Cuci bersih beras, kemudian rendam selama kurang lebih 3 jam.
2.    Rebus air matang bersama kencur, kunyit, jahe, asam jawa, daun pandan, dan gula jawa. Aduk rata dan masak sampai semua bahan tersebut matang serta mendidih.
3.    Setelah agak dingin, saring air rebusan tersebut.
4. Blender atau tumbuk ampas dari kencur, kunyit, jahe, dan asam jawa yang sebelumnya direbus bersama dengan rendaman beras putih hingga halus.
5.  Saring dan peras hasil tumbukan tersebut hingga keluar airnya. Usahakan peras sampai benar-benar kering.
6.    Koreksi rasa dan jamu beras kencur siap dihidangkan.
7.    Beras kencur bisa diminum dalam keadaan hangat atau ditambah dengan es batu.
8.    Bila Anda ingin membeli jamu beras kencur dalam bentuk kemasan, pastikan selalu membaca komposisi bahan yang terkandung di dalamnya.

Jangan mengonsumsi jamu yang kemasannya sudah rusak atau tanggal kadaluwarsanya lewat. Alih-alih mendapatkan khasiat, minum jamu sembarangan mungkin justru akan mendatangkan mudarat. Pastikan pula bahwa jamu yang Anda pakai sudah terdaftar di BPOM. Ini untuk menghindari bahan berbahaya yang mungkin ditambahkan ke dalam jamu.



1 komentar:

Untuk mempermudah kamu bermain guys www.fanspoker.com menghadirkan 6 permainan hanya dalam 1 ID 1 APLIKASI guys,,,
dimana lagi kalau bukan di www.fanspoker.com
WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

Posting Komentar