Selasa, 21 Mei 2019

Menilik Perbedaan Semangka Kuning dan Merah bagi Kesehatan


Menilik Perbedaan Semangka Kuning dan Merah bagi Kesehatan


DokterSehat.Com – Semua orang yang tinggal di negara tropis, biasanya akan menyukai buah semangka. Dibanding semangka kuning, semangka merah adalah yang umum disajikan. Tahukah Anda perbedaan semangka merah dan semangka kuning? Apa saja manfaat semangka merah atau manfaat semangka kuning yang baik bagi kesehan?

Kandungan Buah Semangka Merah dan Semangka Kuning

Sebelum menjelaskan mengenai manfaat semangka kuning atau manfaat semangka merah, perlu Anda ketahui bahwa perbedaan utama dari semangka merah dan semangka kuning adalah senyawa kimia di dalamnya.

Senyawa pigmen yang ditemukan dalam semangka merah adalah likopen, sedangkan semangka kuning mengandung beta-karoten, bahan kimia yang sama yang memberi warna pada wortel. Selain perbedaan senyawa kimia dasar ini, semangka kuning juga memiliki rasa yang lebih manis dan kulit yang lebih tebal daripada semangka merah.

Kedua varietas ini sangat baik untuk meningkatkan kadar antioksidan tubuh dan dapat digunakan dalam banyak cara yang sama.

Perbedaan serta Manfaat Semangka Merah dan Semangka Kuning
Berikut adalah perbedaan serta manfaat semangka merah dan semangka kuning:

1. Kandungan gizi

Manfaat semangka kuning yang pertama adalah baik bagi penderita diabetes. Semangka kuning kaya akan vitamin dan mineral.

Anda juga bisa menemukan kandungan citruline, asam amino, likopen, kalium, serta vitamin A dan C. Selain itu, semangka kuning kaya akan kandungan serat dan gula alami yang baik bagi penderita diabetes.

Kandungan gizi semangka merah adalah fosfor, zat besi, magnesium, zat besi, selenium, asam folat, serta vitamin B6, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K. Selain itu, semangka merah juga kaya akan serat, protein, dan niasin.

Dibandingkan dengan semangka merah, semangka kuning mengandung vitamin C yang tinggi, karena itulah manfaat buah semangka kuning dipercaya dapat mencegah sariawan. Tingginya kandungan vitamin C di dalam semangka kuning juga bisa memperkuat daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Meski begiitu, semangka merah bukan berarti tidak memiliki kandungan vitamin C. Kandungan vitamin C pada semangka merah tetap ada, sekalipun tidak sebanyak kandungan pada semangka kuning.

2. Menjaga kesehatan mata

Beberapa pakar kesehatan mengatakan, manfaat semangka kuning lebih unggul dibanding semangka merah. Bagi Anda yang ingin menjaga penglihatan agar tetap sehat, maka mendapatkan manfaat semangka kuning adalah pilihan yang terbaik karena kandungan vitamin A dan beta-karoten yang tinggi.

3. Menangkal radikal bebas

Meski sama-sama memiliki zat antioksidan, manfaat semangka merah dipercaya dapat mengatasi radikal bebas lebih baik karena kandungan antioksidan yang lebih tinggi. Bagi Anda yang sering terpapar polusi, asupan makanan yang mengandung antioksidan tinggi adalah sesuatu yang harus dipenuhi.

4. Mengontrol tekanan darah

Tidak kalah dari manfaat semangka merah untuk kesehatan yang bisa mencegah kanker, manfaat semangka kuning untuk kesehatan pun dipercaya dapat mengontrol tekanan darah. Jika tekanan darah tinggi tidak segera diatasi, Anda berisiko terkena stroke, gagal ginjal, penyakit jantung dan penyakit serius lainnya.

5. Mencegah sembelit dan dehidrasi

Sering kali buah semangka adalah buah yang diidentikan sebagai ‘pencuci mulut’. Tidak mengherankan bahwa semangka bermanfaat untuk mencegah dehidrasi karena kandungan airnya yang tinggi. Selain itu, manfaat buah semangka merah untuk kesehatan adalah mencegah sembelit sehingga buang air besar menjadi lancar.

6. Sumber kolagen yang baik

Manfaat semangka merah adalah memiliki kandungan kolagen tinggi di dalamnya. Tingginya kandungan kolagen alami, membuat buah semangka merah ini sangat cocok untuk dikonsumsi saat sedang menjalani program diet. Selain itu, semangka merah juga dipercaya mampu merawat kesehatan ginjal.

7. Mengatasi radang sendi

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang memiliki pola makan dipenuhi dengan asupan sayur dan buah, hal itu bisa mengurangi gejala radang sendi (arthritis) dan mengurangi kerusakan tulang lebih lanjut.

Selain kaya akan kandungan airnya, manfaat semangka merah atau manfaat semangka kuning bagi kesehatan didapatkan karena keduanya mengandung zinc, selenium, beta-karoten, antioksidan, vitamin B6, vitamin C, yang bisa membantu menghilangkan nyeri dan kaku pada otot.

8. Menjaga kesehatan rambut dan kulit

Manfaat semangka kuning baik manfaat semangka merah, dua-duanya berguna untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit. Semangka mengandung semua mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Vitamin C dalam semangka turut membantu produksi kolagen guna membentuk jaringan kulit dan rambut. Sedangkan, vitamin A di dalamnya membantu perbaikan sel-sel kulit.

9. Mencegah munculnya masalah prostat

Selain kandungan vitamin A dan vitamin C, manfaat semangka kuning maupun manfaat semangka merah yang berguna bagi tubuh karena kandungan antioksidan likopennya yang dibutuhkan oleh tubuh.

Antioksidan sendiri berfungsi untuk membantu tubuh melawan radikal bebas yang menyebabkan kanker. Sementara likopen sendiri mampu menurunkan risiko terjadinya kanker prostat.

10. Asupan yang baik untuk ibu hamil

Bagi Anda yang sedang hamil, salah satu asupan yang baik untuk kesehatan janin adalah semangka. Manfaat buah semangka kuning atau manfaat semangka merah sama-sama meringankan gejala morning sickness dan mulas di awal kehamilan. Selain itu, semangka  juga bisa mencegah terjadinya kram otot di trimester tiga kehamilan.

11. Menjaga kesehatan rongga mulut

Manfaat buah semangka kuning atau pun merah yang bisa didapatkan tubuh apabila dikonsumsi dengan rutin adalah menjaga terjaganya kesehatan rongga mulut. Buah yang kaya akan vitamin C ini ampuh untuk mengatasi bakteri di dalam mulut penyebab munculnya infeksi dan radang gusi.

12. Mengatasi nyeri otot

Apakah Anda sering merasakan nyeri otot usai berolahraga? Jika iya, sepertinya Anda harus mengonsumsi semangka kurang lebih 450 gram–1 jam sebelum memulai olahraga. Mereka yang melaksanakan hal ini cenderung lebih kebal dari risiko nyeri otot dan memiliki denyut jantung yang stabil.

Setelah Anda mengetahui manfaat semangka kuning dan manfaat semangka merah, hal penting yang utama adalah kedua jenis semangka ini baik dikonsumsi setiap hari.



2 komentar:

DEWAPK^^ agen judi terpercaya, ayo segera bergabungan dengan kami
dicoba keberuntungan kalian bersama kami dengan memenangkan uang jutaan rupiah
ditunggu apa lagi segera buka link kami ya :) :) :* :*

Yuk mainkan permainan POKER No ROBOT 100% silahkan langsung saja merapat dan bermain POKER bersama kami di ARENADOMINO ditunggu ya gan.. :) WA +855 96 4967353

Posting Komentar