Rabu, 29 Mei 2019

Pilih Mana Minyak Zaitun atau Minyak Kelapa?


Pilih Mana Minyak Zaitun atau Minyak Kelapa?



Dokter asal Beijing ungkap cara memulihkan persendian

Banyak sekali hal penting yang harus dipertimbangkan untuk dikonsumsi agar memberikan kesehatan untuk tubuh, termasuk minyak. Banyak jenis minyak sehat yang dapat menjadi pilihan, di antaranya yaitu minyak zaitun dan minyak kelapa. Manakah yang paling baik untuk Anda? Minyak zaitun atau minyak kelapa?

Minyak zaitun dan minyak kelapa merupakan dua jenis minyak yang dapat menjadi pengganti penggunaan minyak kelapa sawit. Minyak zaitun telah dikenal sebagai minyak yang mengandung banyak lemak baik sehingga dapat meningkatkan kesehatan. Sedangkan minyak kelapa dapat memberikan rasa khas pada makanan dan dapat memberikan energi pada tubuh.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun merupakan minyak yang diolah dari buah zaitun. Minyak zaitun tidak hanya memberikan manfaat saat dikonsumsi, tetapi juga dapat memberikan manfaat untuk kesehatan kulit, rambut, dan masih banyak lagi manfaat lainnya. Penjelasan mengenai minyak zaitun telah kami bahas sebelumnya pada minyak zaitun vs kemiri.

Kelebihan Minyak Zaitun

Berikut beberapa kelebihan minyak zaitun yang perlu Anda ketahui:
Mengandung Lebih Banyak Lemak Baik

Salah satu kelebihan minyak zaitun adalah memiliki kandungan lemak baik yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan kandungan lemak baik pada minyak kelapa. Kandungan lemak baik pada minyak zaitun lebih tinggi 10 kali lipat dibandingkan dengan minyak kelapa. Karena itu, minyak ini lebih aman untuk dikonsumsi sehari-hari.

Membantu Menurunkan Tekanan Darah

Kelebihan lain yang dimiliki minyak zaitun adalah mampu menurunkan tekanan darah. Minyak zaitun mengandung lemak oleat, lemak ini merupakan salah satu lemak tak jenuh tunggal yang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Jika Anda memiliki tekanan darah cukup tinggi, Anda sebaiknya menggunakan minyak zaitun agar lebih sehat.

Lebih Mampu Melembapkan

Selain memiliki banyak fungsi untuk kesehatan saat dikonsumsi, minyak zaitun juga memiliki fungsi yang sangat baik untuk kecantikan dan perawatan kulit. Minyak zaitun dan minyak kelapa sebenarnya sama-sama memiliki fungsi untuk melembapkan kulit. Namun dibandingkan dengan minyak kelapa, minyak zaitun lebih ampuh dan lebih baik dalam hal ini. Jika terapi melembapkan dengan minyak kelapa gagal, minyak zaitun akan hadir memberikan solusi lebih baik.

Kekurangan Minyak Zaitun

Berikut beberapa kekurangan minyak zaitun yang perlu Anda ketahui:
Memiliki Titik Asap Rendah

Salah satu kekurangan minyak zaitun adalah memiliki titik asap yang lebih rendah jika dibandingkan dengan minyak jenis lainnya. Karena itulah minyak zaitun tidak akan memberikan rasa jika digunakan untuk memasak dengan suhu yang tinggi seperti menggoreng atau membakar. Untuk memasak dengan suhu yang tinggi Anda sebaiknya menggunakan minyak yang memiliki titik asap yang tinggi pula.

Tidak Boleh Terkena Panas Tinggi

Kekurangan lainnya yang dimiliki oleh minyak zaitun adalah tidak boleh terkena panas atau suhu yang sangat tinggi. Anda perlu membuat minyak berada dalam kondisi atau suhu yang baik. Hal ini dikarenakan jika minyak zaitun berada di suhu yang sangat tinggi, lemak pada minyak zaitun akan pecah dan berpotensi menimbulkan racun dan radikal bebas yang tinggi.

Menurunkan Gula Darah

Kekurangan lain yang dimiliki minyak zaitn adalah dapat mengurangi kadar gula darah. Hal ini memang sangat baik bagi seseorang yang memiliki kadar gula yang tinggi. Namun bagi Anda yang memiliki kadar gula yang normal, hal ini akan membuat Anda kekurangan gula darah. Minyak zaitun dapat membuat resistensi insulin meningkat sehingga berpengaruh terhadap kadar gula darah. Selain memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, dikutip dari Merdeka.com minyak zaitun juga memiliki manfaat untuk kecantikan seperti memerahkan bibir, merawat kesehatan rambut, menebalkan alis, mengencangkan kulit wajah dan sebagainya.

Kelebihan Minyak Zaitun                                Kekurangan Minyak Zaitun
- Mengandung lebih banyak lemak baik        - Memiliki titik asap rendah
- Membantu menurunkan tekanan darah       - Tidak boleh terkena panas tinggi
- Lebih mampu melembapkan                       - Menurunkan gula darah

Minyak Kelapa

Minyak kelapa merupakan minyak yang diolah dari buah kelapa alami. Minyak kelapa ini telah digunakan sejak dahulu kala, minyak kelapa dapat membuat makanan memiliki rasa yang lebih nikmat. Minyak kelapa dahulunya juga digunakan untuk membuat rambut menjadi lebih hitam dan lebat. Minyak kelapa memiliki banyak fungsi lain.

Kelebihan Minyak Kelapa

Berikut beberapa kelebihan minyak kelapa yang perlu Anda Ketahui:

Mengandung Antioksidan Lebih Tinggi

Salah satu kelebihan minyak kelapa adalah mengandung antioksidan yang lebih tinggi daripada jenis minyak lainnya. Antioksidan yang terkandung dalam minyak kelapa ini memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Antioksidan dalam minyak kelapa dapat berfungsi melawan radikal bebas dan mencegah terbentuknya plak di pembuluh darah.

Memiliki Titik Asap Lebih Tinggi

Kelebihan lain yang dimiliki minyak kelapa adalah memiliki titik asap yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan minyak zaitun. Karena memiliki titik asap yang lebih tinggi ini, minyak kelapa tetap bisa memberikan rasa yang enak dengan ciri khas tertentu terhadap makanan yang dimasak menggunakan suhu yang tinggi seperti untuk menggoreng dan membakar.
Memberikan Energi yang Lebih Besar

Meskipun lemak jenuh pada minyak kelapa dianggap sebagai minyak yang tidak baik untuk tubuh. Tapi asam laurat dan dan lemak rantai sedang pada minyak kelapa lebih mampu untuk mengubah asupan makanan dalam tubuh menjadi sebuah energi tanpa harus menyimpan lemak dalam tubuh terlebih dahulu. Lemak jenuh yang terkandung dalam minyak kelapa juga membuat minyak kelapa lebih awet dan tahan lama.

Kekurangan Minyak Kelapa

Berikut beberapa kekurangan minyak kelapa yang perlu Anda ketahui:
Mengandung Lebih Banyak Lemak Jenuh

Salah satu kekurangan minyak kelapa adalah mengandung lemak jenuh yang lebih banyak dibandingkan dengan minyak zaitun. Kandungan lemak jenuh pada minyak kelapa bahkan mencapai 86 persen. Lemak jenuh yang terkandung dalam minyak kelapa ini dapat memicu berbagai penyakit.

Tidak Cocok Digunakan untuk Program Diet

Kekurangan lain yang dimiliki minyak kelapa adalah kurang cocok dijadikan sebagai minyak untuk program diet. Hal ini dikarenakan selain memiliki kandungan lemak jenuh yang lebih tinggi, minyak kelapa juga mengandung kalori yang lebih tinggi daripada minyak zaitun. Kalori yang berlebih malah akan membuat berat badan menjadi bertambah.

idak Baik Dikonsumsi Terlalu Banyak

Meskipun minyak kelapa dipercaya memiliki banyak manfaat, namun minyak kelapa malah akan menyebabkan berbagai risiko jika dikonsumsi terlalu banyak. Mengonsumsi minyak kelapa terlalu banyak dan terlalu sering akan meningkatkan level LDL dalam tubuh yang akan menyebabkan penumpukan flak dalam pembuluh darah. Karena itu, Anda perlu mengimbanginya dengan cara mengonsumsi makanan sehat lainnya dan rutin melakukan olahraga.

Kelebihan Minyak Kelapa                                           Kekurangan Minyak Kelapa
- Mengandung antioksidan lebih tinggi           - Mengandung lebih banyak lemak jenuh
- Memiliki titik asap lebih tinggi                       - Tidak cocok digunakan untuk program diet
- Memberikan energi yang lebih besar           - Tidak baik dikonsumsi terlalu banyak

Pilih Mana: Minyak Zaitun atau Minyak Kelapa?

Di atas telah dijelaskan mengenai perbedaan antara minyak zaitun dan minyak kelapa. Untuk lebih jelasnya, kami telah merangkum perbedaan tersebut pada tabel berikut ini:

Minyak Zaitun                                                 Minyak Kelapa
- Mengandung lebih banyak lemak baik        - Mengandung lebih banyak lemak jenuh
- Memiliki titik asap yang rendah                    - Memiliki titik asap yang tinggi

- Cocok digunakan untuk campuran salad buah ataupun sayur       - Cocok digunakan untuk menggoreng atau membakar

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai minyak zaitun dan minyak kelapa di atas, dapat disimpulkan bahwa sebenarnya kedua minyak tersebut memiliki banyak manfaat. Anda perlu mengetahui kondisi kesehatan dan kebutuhan tubuh Anda sebelum menggunakan salah satu dari dua jenis minyak ini. Minyak zaitun lebih cocok digunakan untuk campuran makanan seperti salad yang tidak membutuhkan suhu yang tinggi. Sedangkan untuk aktivitas menggoreng dan membakar lebih cocok menggunakan minyak kelapa.



2 komentar:

DEWAPK^^ agen judi terpercaya, ayo segera bergabungan dengan kami
dicoba keberuntungan kalian bersama kami dengan memenangkan uang jutaan rupiah
ditunggu apa lagi segera buka link kami ya :) :) :* :*

Halloo kami dari ARENADOMINO ingin mengajak anda semua pecinta games poker untuk bermain disini permainan fairplay menanti anda semua dan 100% no robot player vs player
yuk silahkan langsung bermain dengan kami proses mudah cepat dan nyaman jika kesulitan dalam pendaftaran dapat juga dibantu ya bisa dari live chat ataupun dari WA +855 96 4967353 silahkan ..

Posting Komentar