Selasa, 29 Oktober 2019

Berbagai Macam Manfaat Sereh untuk Kesehatan


Berbagai Macam Manfaat Sereh untuk Kesehatan
 

Manfaat sereh untuk kesehatan erat dikaitkan dengan kandungan nutrisi di dalamnya. Selain membuat cita rasa makanan dan minuman menjadi lebih lezat, sereh juga mengandung berbagai macam nutrisi yang dibutuhkan tubuh, seperti vitamin B, magnesium, kalium dan zat besi.

Untuk mendapatkan manfaat sereh, Anda dapat mengonsumsi makanan ataupun minuman yang mengandung sereh. Anda juga bisa menjadikan minyak sereh sebagai aromaterapi yang menenangkan.

Berbagai Macam Manfaat Sereh untuk Kesehatan - Alodokter

Mengenali Beragam Manfaat Sereh

Sereh dipercaya memiliki beragam manfaat bagi kesehatan. Berikut beberapa di antaranya:
·         Mengatasi gigi berlubang
Konsumsi teh sereh dapat membantu mengatasi infeksi mulut dan gigi berlubang. Sebuah penelitian mengungkap, zat antimikroba pada sereh efektif dalam melawan bakteri berbahaya seperti Streptococcus mutans, yaitu bakteri penyebab kerusakan gigi.
·         Melawan radikal bebas
Sebuah penelitian mengungkap bahwa dalam sereh terkandung beberapa antioksidan yang berperan melawan radikal bebas. Antioksidan yang terdapat pada sereh diantaranya asam klorogenat, isoorientin dan swertiajaponin.
·         Mengontrol tekanan darah
Manfaat sereh untuk kesehatan berikutnya adalah membantu mengontrol tekanan darah. Hal ini karena dalam sereh terkandung mineral bernama kalium.
·         Meringankan gejala sindrom pramenstruasi
Meski perlu diteliti lebih lanjut, konsumsi teh sereh dipercaya mampu mengatasi kram menstruasi dan juga kembung saat wanita mengalami sindrom pramenstruasi atau premenstruation syndrome (PMS).
·         Mengatur fungsi otot
Kandungan magnesium dan kalium yang terdapat di dalam sereh bermanfaat dalam mengatur fungsi otot, jantung, dan saraf. Konsumsi makanan atau minuman yang mengandung sereh juga berguna untuk menjaga tulang tetap kuat.
·         Mengatasi kecemasan
Tidak hanya dikonsumsi, minyak sereh juga bisa dijadikan aromaterapi untuk mengatasi kecemasan. Namun, butuh diteliti lebih lanjut terkait efektivitasnya.
·         Menurunkan berat badan
Meski perlu diteliti lebih lanjut, teh sereh kerap digunakan untuk membantu penurunan berat badan. Namun, jangan jadikan teh sereh sebagai satu-satunya penurun berat badan, karena dapat menimbulkan efek samping jika dikonsumsi secara berlebih.

Selain itu, sereh juga dipercaya dapat mencegah keputihan, meredakan rasa sakit, bengkak, demam, batuk, sakit perut, dan sakit kepala. Meski demikian, manfaat sereh untuk kesehatan masih perlu untuk terus diteliti lebih lanjut.

Aturan Konsumsi Sereh yang Harus Diperhatikan

Tidak ada aturan pasti penggunaan atau konsumsi sereh untuk kesehatan. Namun, disarankan untuk mengonsumsi satu cangkir teh sereh saja setiap hari, atau tanyakan kepada dokter mengenai takaran yang disarankan. Jika dikonsumsi secara berlebihan, sereh dapat menimbulkan efek samping berupa pusing, mulut kering, kelelahan, hingga kelaparan.

Apabila Anda menggunakan minyak sereh sebagai minyak oles, jangan oleskan secara langsung ke kulit. Tetapi encerkan terlebih dahulu dengan minyak pembawa untuk meminimalkan terjadinya iritasi kulit. Jangan pula menghirup minyak sereh secara langsung tapi teteskan pada kain ataupun pada diffuser sebagai aromaterapi.
Meski manfaat sereh untuk kesehatan beragam, Anda harus tetap hati-hati dalam memanfaatkannya. Pada kondisi tertentu seperti sedang hamil dan menyusui, hindari konsumsi sereh atau penggunaan sereh untuk sementara waktu. Demi keamanan, tanyakan kepada dokter terlebih dahulu terkait penggunaannya.

Ditinjau oleh: dr. Allert Benedicto Ieuan Noya
Referensi
Han, X., & Parker, T. L. NCBI (2017). Lemongrass (Cymbopogon flexuosus) essential oil demonstrated anti-inflammatory effect in pre-inflamed human dermal fibroblasts. Biochimie open, 4, 107-111.
Better Health Channel (2015). Department of Health & Human Services, State Government of Victoria, Australia. Lemongrass.
Mcdermott, A. Healthline (2017). 10 Reasons to Drink Lemongrass Tea.
Wong, C. Very Well Health (2018). The Benefits of Lemongrass Essential Oil.
Web MD. Vitamins & Supplements: Citronella Oil.

2 komentar:

Saya ibu EVA FIORENTINA APRILA dari palembang mengucap syukur kepada allah,karna melalui bantuan dari aki abdul jamal yg sebesar 20m kini saya sudah bisa menjalankan usaha saya lagi. Puji syukur saya panjatkan kepada Allah yang telah mempertemukan saya dengan Aki Abdul Jamal dan melalui bantun pesugihan putih beliau yang sebar 5M inilah yang saya gunakan untuk membuka usaha selama ini,makanya saya sengaja memposting pesang sinkat ini biar semua orang tau kalau Aki Abdul Jamal bisa membantuh kita mengenai masalah ekonomi dengan bantuan pesugihan putihnya yang tampa tumbal karna saya juga tampa sengaja menemukan postingan orang diinternet jadi saya lansun menhubungi beliau dan dengan senang hati beliau mau membantuh saya,,jadi bagi teman teman yang mempunyai keluhan jangan anda ragu untuk menghubungi beliau di no Wa 085-254-384-488 rasa senang ini tidak bisa diunkapkan dengan kata kata makanya saya menulis pesan ini biar
Semua orang tau,ini sebuah kisa nyata dari saya dan tidak ada rekayasa sedikit pun yang saya tulis ini,sekali lagi terimah kasih banyak ya Aki dan insya allah suatu hari nanti saya akan berkunjun ke kediaman Aki untuk silaturahmi.Wassalam dari saya ibu Sartika dan untuk lebih lenkapnya silahkan buka blok Aki disini PESUGIHAN UANG GAIB NYATA

Promo Fans^^poker :
- Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
- Bonus Cashback 0.5% dibagikan Setiap Senin
- Bonus Referal 20% Seumur Hidup dibagikan Setiap Kamis

Posting Komentar