Sabtu, 05 Oktober 2019

Peneliti Temukan Manfaat Gerakan Salat bagi Kesehatan, Apa Saja?


Peneliti Temukan Manfaat Gerakan Salat bagi Kesehatan, Apa Saja?


Suara.com - Salat merupakan ibadah yang dilakukan oleh umat muslim. Tak hanya sebagai media berkomunikasi dengan Tuhan, salat ternyata menyimpan manfaat bagi kesehatan.

Hal ini terungkap melalui penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Industrial and Systems Engineering. Peneliti menemukan gerakan salat saat bersujud terbukti mengurangi nyeri punggung bawah jika dilakukan secara rutin.

"Gerakan saat salat mirip yoga atau intervensi fisik yang digunakan untuk mengobati nyeri punggung," ujar peneliti dr Mohammad Khasawneh seperti dilansir laman Medical Daily.

Menurut dia, gaya hidup dan faktor agama memang memiliki khasiat bagi kesehatan fisik dan mental. Untuk menemukan khasiat kesehatan dari gerakan salat ini, tim dari Binghamton University dan State University of New York, melibatkan model laki-laki dan perempuan dari latar belakang etnis berbeda termasuk India, Asia dan Amerika.

Mereka diminta melakukan gerakan salat yang dilakukan umat muslim namun dengan tujuan kesehatan. Peneliti menemukan, pada posisi sujud meningkatkan elastisitas sendi.

Hal ini sangat bermanfaat bagi mereka yang sering mengeluh nyeri lutut dan punggung.

Penelitian beberapa waktu lalu juga menemukan bahwa gerakan salat yang dilakukan umat muslim memiliki dampak positif seperti yoga. Aktivitas fisik ini seperti diketahui merupakan terapi yang dianjurkan bagi mereka yang memiliki masalah sendi.



0 komentar:

Posting Komentar