Kamis, 03 Oktober 2019

Jurus Sehat Rasulullah (JSR), ala dr. Zaidul Akbar


Jurus Sehat Rasulullah (JSR), ala dr. Zaidul Akbar


Sehat itu mahal. Pepatah itu tepat disandingkan di jaman ini dimana biaya pengobatan semakin tinggi. Biaya pengobatan semakin tidak terjangkau bagi si miskin. Namun, sakit datang bukan dengan sendirinya. Dia datang dari pola makan dan kebiasaan hidup yang tidak sesuai. Saat ini banyak pengobatan yang menggunakan pendekatan berbasis obat kimia. Tapi tidak pada dr. Zaidul Akbar. Pria asal Jambi ini menggunakan pendekatan berbasis agama pada pasiennya.

Dr. Zaidul Akbar menyampaikan kepada pasien-pasiennya bahwa sakit adalah ujian dan nikmat dari Allah SWT sehingga itu menjadikan jiwa atau iman mereka meningkat. Sehingga dari situ mereka akan meningkatkan lagi iman mereka sehingga dari situ mereka akan memperbaiki diri mereka. Penyakit tidak hanya dilihat secara fisik tetapi penyakit juga merupakan cara Allah SWT untuk membuat orang yang sakit lebih dekat kepadaNya.

Makanan adalah puncak dari segala penyakit. Artinya, jika seseorang terkena penyakit pasti ada sesuatu yang salah dengan apa yang dimakannya setiap hari. Dalam hal ini, kita bisa mencontoh pola makan dan gaya hidup sang teladan, Rasulullah SAW. Rasul selalu memakan buah sebelum makan makanan besar. Rasul juga tidak pernah makan hingga kenyang. Dalam pola makannya, Rasul selalu membagi porsi lambungnya untuk makanan padat, cairan, dan gas, sehingga makanan yang ia makan hanya 1/3 dari kemampuan maksimal lambungnya.

Ketika sakit pasien pun tidak diberi obat kimia, dr. Zaidul lebih menganjurkan untuk berbekam yang memang rutin dijalankan oleh Rasul. Setelah itu, kalau dimungkinkan diberi juga herbal.

Indonesia sendiri adalah negara yang kaya akan tanaman herbal. Sayangnya, potensi ini belum dikembangkan secara maksimal. Bangsa Indonesia yang mayoritas muslim pun juga belum sadar dengan khasiat puasa, tahajud, bahkan sedekah.

Mensyiarkan praktik sehat ala Rasulullah atau thibbunabawi, itulah yang dilakukan dr. Zaidul Akbar selama beberapa tahun ini. Menerapkan pola hidup sehat yang juga berarti meminimalisir sakit di masa depan. Sakit yang juga berarti membutuhkan biaya besar untuk pengobatan. Namun, hal itu bisa diatasi dengan menerapkan sehat ala Rasulullah.

Yuk simak beberapa resep Jurus Sehat Rasulullah ala dr. Zaidul Akbar yang dapat mengobati berbagai macam penyakit :

1. Air Nabeez

Air nabeez adalah air rendaman (infused water) kurma atau kismis. Kurma atau kismis yang dimasukkan ke dalam wadah tertutup yang sudah berisi air masak, dan direndam semalaman untuk diminum keesokan paginya.

Air nabeez ini merupakan minuman kesukaan Rasulullah SAW lho. Biasanya, beliau merendam kurma atau kismis di dalam wadah tertutup selama 12 jam. Kemudian, airnya diminum dan buah kurma yang sudah lembut langsung ditelan tanpa mengunyah terlebih dahulu.

Pada dasarnya, air nabeez ini sama seperti infused water kekinian. Bedanya, bahan yang diambil sarinya bukan buah-buahan segar seperti strawbery atau lemon melainkan kurma.
Bahan - bahannya :

Ambil beberapa butir kurma atau kismis, sebaiknya dalam jumlah ganjil
Siapkan wadah atau gelas tertutup

Siapkan juga air putih matang

Cara pembuatan air nabeez cukup mudah, berikut langkah pembuatannya:
Tuangkan air matang ke dalam wadah

Masukkan kurma yang sudah dibuang bijinya, dan carik-carik isi kurma
Tutup wadah yang sudah dimasukkan kurma

Diamkan selama 8-12 jam

Air nabeez siap dinikmati

2. Jahe

Selain bermanfaat untuk mengobati lambung, jahe juga bermanfaat sebagai anti peradangan dan juga antioksidan yang kuat. Kandungan gingerola pada jahe diketahui sebagai obat sakit kepala, jahe juga akan mengurangi peradangan pada pembuluh darah di kepala.

Cara Membuat :

Sediakan seruas jari jahe yang sudah digeprek dan dipotong kecil, kemudian masukkan kedalam gelas kaca, jangan gelas plastik.

Seduh dengan air mendidih, setelah air didalam gelas hangat, tambahkan madu. Siap untuk diminum deh.

3. Kayu Manis

Kayu manis kaya akan antioksidan yang bermanfaat untuk melindungi jantung, mengatasi peradangan, melawan diabetes, dan menurunkan resiko kanker. Kayu manis juga dapat melawan infeksi , virus, dan menyegarkan napas secara alami.

Cara membuat :

Kayu manis batangan

Masukkan kayu manis batangan kedalam gelas kaca, jangan gelas plastik yaa gengs..
Seduh dengan air panas / mendidih. Nanti air akan berubah menjadi kemerah -- merahan gitu deh ..

Setelah air berubah warna dan hangat, tambahkan madu secukupnya. Siap diminum dehh.
Kayu manis bubuk

Masukkan kayu manis bubuk kedalam kaca lalu tambahkan air hingga mengental, airnya jangan banyak -- banyak yaa. Letakkan atau oleskan di dahi saat berbaring dan biatkan selama 30 menit. Setelah itu bersihkan dengan air hangat.

Atau seduh kayu manis bubuk dengan air panas. Setelah air menjadi hangat dan berubah warna, saring airnya kemudian tambahkan madu secukupnya. Minum selagi hangat.

4. Cengkeh

Cengkeh bermanfaat untuk melancarkan pencernaan, melawan kanker, melindungi hati, meningkatkan system kekebalan tubuh, dan mengendalikan diabetes.

Cara membuat :

Rebus cengkeh dengan air. Setelah mendidih, angkat kemudian masukkan air rebusan tadi kedalam gelas kaca. Setelah airnya hangat, tambahkan madu secukupnya dan dapat diminum selagi hangat.

5. Kemangi

Bukan hanya sebagai lalapan, daun kemangi juga memiliki manfaat sebagai analgesik. Minyak dari daun kemangi ini dapat menjadi pelemas otot dan membantu mengobati sakit kepala yang disebabkan oleh otot yang tegang.

Cara membuat :

Tambahkan 4 helai ( atau sesuai selera ajadeh ) daun kemangi kedalam secangkir air lalu rebus hingga mendidih. Tuangkan air rebusan tadi kedalam gelas kaca, setelah airnya hangat tambahkan madu secukupnya. Minuum deh.

6. Jahe, daun pandan, dan madu

Resep JSR ini ultimate , artinya bias dipakai dalam keadaan sehat, ga hrus sakit dulu baru minum resep ini.

Cara membuat :

Sediakan satu potong jahe berukuran sedang yang sudah digeprek dan irisan tiga helai daun pandan berukuran kecil, kemudian diseduh pakai air mendidih setelah airnya menjadi hangat tambahkan madu secukupnya.

Ingat ! Madunya dicampur setelah airnya dalam keadaan hangat yaa, bukan dalam keadaan panas menggelegar.

Apa sih efek minum Resep Jurus Sehat Rasulullah ini ?

Maag anda akan kabur

Mual -- mual akan hilang

Lambung anda akan bahagia luar biasa

Campuran jahe dan daun pandan ini akan membuat anda yang insomnia menjadi mudah tidur

Jantung anda akan tenang dan bahagia

Pencernaan anda akan super happy, insyaa Allah

Dari semua resep diatas pasti menggunakan madu, karena madu adalah bahan wajib bagi para pelaku Jurus Sehat Rasulullah. Dan masih banyak lagi resep JSR lainnya yang bisa anda intip di akun instagram dr. Zaidul Akbar  (@zaidulakbar) , semoga masyarakat indonesia khususnya bisa jauh lebih sehat dengan apa yang sudah Allah tumbuhkan di sini, khususnya tanaman tumbuhan obat atau herbal dan semoga resep -- resepnya bermanfaat untuk kita semua, aamiin allahumma aamiin. 



0 komentar:

Posting Komentar