Sabtu, 08 September 2018

Dahsyatnya Bacaan Istighfar dan Doa Sayyidul Istighfar


Dahsyatnya Bacaan Istighfar dan Doa Sayyidul Istighfar


Dzikir – Bacaan Istighfar ataupun Doa Sayyidul Istighfar bagi manusia laksana hujan pada musim kemarau. Kering satu tahun mampu dibasahi hanya dengan satu hari hujan. Bahkan, kedudukan istighfar ini melebihi hujan pada musim kemarau itu.

Sebagai manusia yang mengakui akan fitrahnya, sudah seharusnya kita mewajibkan bacaan istighfar atau sayyidul istighfar ini minimal setiap hari pada diri kita. Karena memang sudah menjadi tabiat manusia berbuat salah, lupa dan kerusakan.

Allah maha pengampun bagi hambanya yang mau mengakui kesalahannya dan memohon ampunan. Namun sering kali manusia lupa, bersikap sombong dan arogan dengan menganggap merasa dirinya benar dan tidak ada yang salah, apa yang dilakukannya sudah sesuai sehingga tidak perlu memohon ampunan.

Padahal, manusia terbaik di dunia ini saja yaitu Nabi Muhammad SAW selalu memohon ampunan setiap hari, apalagi kita yang hanya manusia biasa.

Bacaan Dzikir Sehari-hari untuk Menolak Bala’ dan Mendulang Pahala

Bacaan Dzikir Setelah Sholat Sesuai Sunnah

Bacaan Istighfar

Ada banyak macam bacaan istighfar yang kesemuanya baik untuk dibaca. Ada bacaan istighfar yang singkat dan ada juga yang panjang. Di antara macam-macamnya adalah sebagai berikut:


استغفر الله العظيم
استغفر الله العظيم واتوب اليه
استغفر الله العظيم الذي لااله إلا هو القيوم واتوب إليه
استغفر الله العظيم لي ولوالدي ولجميع المسلمين والمسلمات والمؤمنين والمؤمنات الأحياء منهم والأموات

Bacaan Istighfar Latin

Astaghfirullaahal ‘Adziim
Astaghfirullaahal ‘Adziim Wa_Atuubu Ilaih
Astaghfirullaahal ‘Adziim Al_ladzii Laa ilaaha Illaa huwal_hayyul Qayyuum Wa_atuubu Ilaih
Astaghfirullaahal ‘Adziim Lii Waliwaalidayya Walijamii’il Muslimiina Wal Muslimaat Al_Ahyaa_i min_hum wal_amwaat.

Doa Sayyidul Istighfar

عَنْ شَدَّادِ بْنِ أَوْسٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : سَيِّدُ الْاِسْتِغْفارِ أَنْ يَقُوْلَ الْعَبْدُ: اَللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّيْ ، لَا إِلٰـهَ إِلاَّ أَنْتَ خَلَقْتَنِيْ وَأَنَا عَبْدُكَ ، وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ ، أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ ، أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمتِكَ عَلَيَّ ، وَأَبُوْءُ بِذَنْبِيْ فَاغْفِرْ لِيْ ، فَإِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلاَّ أَنْتَ مَنْ قَالَهَا مِنَ النَّهَارِ مُوْقِنًا بِهَا ، فَمَـاتَ مِنْ يوْمِهِ قَبْل أَنْ يُمْسِيَ ، فَهُو مِنْ أَهْلِ الْجَنَّةِ ، وَمَنْ قَالَهَا مِنَ اللَّيْلِ وَهُوَ مُوْقِنٌ بِهَا فَمَاتَ قَبْلَ أَنْ يُصْبِحَ ، فَهُوَ مِنْ أَهْلِ الْجَنَّةِ

(Dari Syaddad bin Aus Radhiyallahu anhu) Dari Nabi  SAW , “Sayyidul Istighfâr adalah seorang hamba yang mengucap:

ALLAAHUMMA ANTA RABBII LÂA ILÂAHA ILLAÂ ANTA KHOLAQTANII WA ANA ‘ABDUKA WA ANA ‘ALAA ‘AHDIKA WA WA’DIKA MASTATHA’TU WA A’ÛUDZU BIKA MIN SYARRI MÂA SHONA’TU ABÛU`U LAKA BINI’MATIKA ‘ALAYYA WA ABÛU`U BI_DZANBII FAGHFIRLÎI FA INNAHUU LAÂ YAGHFIRUDZ_DZUNÛBA ILLAÂ ANTA.

(Ya Allâh, Engkau adalah Tuhanku, tiada Tuhan yang hak disembah selain Engkau. Engkaulah  yang menciptakan aku dan aku adalah hamba-Mu. Aku menetapi perjanjian-Mu dan janji-Mu sesuai dengan kemampuanku. Aku berlindung kepada-Mu dari keburukan perbuatanku, aku mengakui nikmat-Mu kepadaku dan aku mengakui dosaku kepada-Mu, maka ampunilah aku. Sebab tidak ada yang dapat mengampuni dosa selain Engkau).

(Beliau bersabda) “Barangsiapa mengucapkannya di waktu siang dengan penuh keyakinan lalu meninggal pada hari itu sebelum waktu sore, maka ia termasuk penghuni surga. Barangsiapa membacanya di waktu malam dengan penuh keyakinan lalu meninggal sebelum masuk waktu pagi, maka ia termasuk penghuni surga.

Keutamaan Bacaan Istighfar

Doa sayyidul istighfar

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم من اكثر من الإستغفار جعل الله عز وجل له من كل هم فرجا و من كل ضيق مخرجا ورزقه من حيث لايحتسب

Rasulullah SAW bersabda: Barangsiapa yang memperbanyak membaca istighfar (memohon ampunan) maka Allah ‘Azza Wa Jalla akan menjadikan setiap kesusahannya menjadi kegembiraan, setiap kesempitannya jalan keluar dan memberinya rezeqi dari arah yang tiada disangka-sangka. (Ihya’ Ulumiddin Awal)

قال النبي صلى الله عليه وسلم اذا أذنب العبد ذنبا فاستغفروا الله يقول الله عز وجل لملا ئكته أنظروا إلي عبدي أذنب ذنبا فعلم ان له ربا يغفر الذنوب ويأخذ بالذنب أشهدكم أنى قد غفرت له

Nabi SAW bersabda: Ketika seorang hamba berbuat dosa, kemudian ia memohon ampunan kepada Allah (Istighfar), maka Allah ‘Azza Wa Jalla berkata kepada malaikat-NYA: “Kalian lihatlah hamba-KU yang berbuat dosa ini, dia (hamba) mengetahui bahwa dirinya memiliki Tuhan yang mau mengampuni atas suatu dosa dan juga menyiksa atas suatu dosa, AKU persaksikan kepada kalian (malaikat), bahwa sesungguhnya AKU telah mengampuni dosa hamba-KU ini. (Ihya’ Ulumiddin Robi’).

Ingatlah, Allah maha luas ampunannya, namun Allah juga maha menyiksa atas suatu dosa. Sebesar apapun dosa seorang hamba kepada Allah, jika ia tulus dan bersungguh-sungguh memohon ampunan pasti Allah mengampuni.

Sekecil apapun dosa seorang hamba, jika ia meyepelekan terhadap ancaman Allah, maka jadilah itu dosa besar. Memohon ampunan bukan sekedar mengucap “Astaghfirullah”, namun juga mengakui dalam hati dan melakukan usaha atas taubatnya.

Hal ini berbeda dengan dzikir, yang mana ketika berdzikir namun hati kita tidak hadir masih bisa dimaklumi. Namun berbeda ketika bacaan istighfar ini benar-benar difungsikan untuk taubat, maka syarat taubat harus terpenuhi.




1 komentar:

Izin ya admin..:)
Hadir dan Menangkan hadiah nya tempat bermain poker 8 game dengan hanya 1 userid saja sudah bisa menikmati permainan kami di arenadomino(com)
silahkan langsung daftarkan diri anda bersama kami dengan pelayanan 24jam dan proses cepat yang kami berikan untuk kenyamanan anda semua dalam bermain di tempat kami segera bergabung peluang menang menunggu anda...
WA +855 96 4967353

Posting Komentar