Sabtu, 22 Februari 2020

8 Cara Terbaik dan Mudah Turunkan Tekanan Darah Tinggi


8 Cara Terbaik dan Mudah Turunkan Tekanan Darah Tinggi



8 Cara Terbaik dan Mudah Turunkan Tekanan Darah Tinggi Mengurangi berat badan atau meningkatkan aktivitas fisik bisa jadi beberapa cara yang ampuh dalam mengatasi tekanan darah tinggi. (Ilustrasi/Foto: Thinkstock/Demkat)

Jakarta, CNN Indonesia -- Tekanan darah tinggi atau yang juga dikenal dengan hipertensi merupakan salah satu penyakit yang banyak menggorogoti orang Indonesia, terutama lansia.

Tekanan darah dihitung berdasarkan seberapa banyak darah yang dipompa oleh jantung dan seberapa besar ketahanan terhadap aliran darah di arteri. Semakin sempit pembuluh arteri, maka semakin tinggi tekanan darah. Tekanan darah yang kurang dari 120/80 mmHg diaggap normal. Sedangkan di atas 120/90 mmHg tergolong tinggi.

Namun tak perlu khawatir, tekanan darah tinggi dapat diatasi dengan mudah dan efektif lewat cara yang sederhana tanpa perlu obat-obatan. Hanya mengubah gaya hidup saja. Berikut cara terbaik dan mudah dalam menurunkan tekanan darah tinggi.
Lihat juga:Mengidentifikasi Penyakit dengan Gejala Mirip Stroke

1. Tingkatkan aktivitas fisik

Saat aktivitas fisik semakin sering dilakukan seperti berolahraga, detak jantung juga bakal meningkat. Ini membuat jantung lebih kuat dan memompa darah dengan lebih sedikit usaha. Hasilnya, tekanan pada arteri berkurang dan menurunkan tekanan darah.

American College of Cardiology dan American Heart Association menyarankan untuk beraktivitas fisik yang intens tiga hingga empat kali seminggu masing-masing 40 menit. Tak perlu berlari maraton, tapi bisa dengan menaiki tangga, berjalan kaki, melakukan pekerjaan rumah, berkebun, dan bersepeda.

2. Mengurangi berat bedan

Jika kelebihan berat, ada baiknya mengurangi 5 kg berat badan agar tekanan darah ikut menurun. Kesimpulan dan beberapa penelitian pada 2016 menunjukkan mengurangi berat badan dapat mengurangi tekanan darah rata-rata 3,2-4,5 mmHg. Mengurangi berat badan juga menurunkan risiko penyakit obesitas lainnya.

3. Kurangi gula dan karbohidrat olahan

Banyak penelitian ilmiah menunjukkan bahwa membatasi gula dan karbohidrat olahan dapat membantu menurunkan tekanan darah. Diet rendah karbohidrat dapat menurunkan tekanan darah sebesar 4,5-5,9 mmHg.

4. Sedikit sodium, perbanyak potasium

Mengurangi garam dan meningkatkan konsumsi potasium atau kalium dapat menurunkan tekanan darah. Potasium dapat mengurangi efek garam terhadap tubuh serta mengurangi ketegangan pada pembuluh darah. Potasium banyak terdapat di makanan olahan susu seperti yoghurt, ikan, buah seperti pisang dan jeruk, dan sayuran berupa kentang, tomat, dan bayam. Perlu diingat bahwa setiap orang punya respons terhadap garam yang berbeda.

5. Kurangi makanan cepat saji

Makanan olahan dan makanan cepat saji banyak mengandung garam seperti sup kalengan, pizza, keripik, dan makanan ringan lainnya. Selain itu, makanan berlabel low fat biasanya mengandung kadar garam dan gula yang tinggi. Mengurangi konsumsi makanan cepat saji dapat mengurangi konsumsi gula dan garam serta karbohidrat olahan. Ini membuat tekanan darah ikut menurun.

6. Berhenti merokok

Merokok dapat memacu tekanan darah dan meningkatkan detak jantung. Dalam jangka panjang, zat kimia pada tembakau dapat meningkatkan tekanan darah dengan merusak dinding pembuluh darah dan mempersempit arteri.

7. Kurangi stres

Menghilangkan stres penting bagi kesehatan tekanan darah. Ini bisa dilakukan dengan mengetahui pemicu stres dan cara terbaik untuk menghilangkannya. Seperti menonton, mendengarkan musik, jalan-jalan, dan banyak lagi.

8. Konsumsi cokelat hitam

Konsumsi cokelat dengan kandungan kakao 60 hingga 70 persen. Studi dari Harvard Medical School, seperti dikutip Healthline, menemukan bahwa makan satu potong cokelat hitam membantu menurunkan tekanan darah. Kandungan flavonoid pada cokelat hitam dapat memperlebar pembuluh darah yang otomatis menurunkan tekanan darah. (rah/rah)




1 komentar:

ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat ayo segera bergabung dengan kami di f4n5p0k3r
Promo Fans**poker saat ini :
- Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
- Bonus Cashback 0.5% dibagikan Setiap Senin
- Bonus Referal 20% Seumur Hidup dibagikan Setiap Kamis
Ayo di tunggu apa lagi Segera bergabung ya, di tunggu lo ^.^

Posting Komentar