Selasa, 11 Februari 2020

10 Cara Menurunkan Asam Lambung, Kamu Harus Tahu

10 Cara Menurunkan Asam Lambung, Kamu Harus Tahu


Jakarta - Kalau kamu sakit asam lambung, jangan langsung minum obat-obatan komersial. Gaya hidup kamu perlu diperhatikan. Ini cara menurunkannya.

Cukup mengubah kebiasaan diet atau cara tidur agar dapat secara signifikan mengurangi gejala asam lambung.

Beberapa asam lambung benar-benar normal dan tidak berbahaya, biasanya tidak menimbulkan gejala. Tetapi ketika itu terjadi terlalu sering, hal itu akan terasa panas pada bagian dalam kerongkongan.

Gejala yang paling umum dari asam lambung dikenal sebagai mulas, yang merupakan rasa sakit dan panas di dada atau tenggorokan. Namun ada refluks gastroesofageal (GERD), yang merupakan bentuk refluks asam yang paling serius terjadi.

Berikut 10 cara alami untuk mengurangi asam lambung.

1. Jangan Makan Berlebihan

Makan dalam jumlah yang lebih besar dapat memperburuk gejala asam lambung. Salah satu langkah yang akan membantu meminimalkan refluks asam adalah menghindari makan dalam jumlah besar.

2. Menurunkan Berat Badan

Penurunan berat badan dapat meredakan gejala asam lambung. Nah, mulailah menurunkan berat badan jika kamu mengalami asam lambung.

3. Diet Rendah Karbohidrat

Semakin banyak bukti menunjukkan bahwa diet rendah karbohidrat dapat meredakan gejala asam lambung. Karbohidrat yang tidak tercerna dapat menyebabkan pertumbuhan bakteri yang berlebihan dan tekanan yang meningkat di dalam perut. Hal inilah yang menjadi salah satu penyebab paling umum dari asam lambung.

Memiliki terlalu banyak karbohidrat yang tidak tercerna dalam sistem pencernaan membuat kandungan gas tinggi sehingga kamu akan mengalami kembung. Ini juga cenderung membuat kamu lebih sering bersendawa.

4. Batasi Asupan Alkohol

Minum alkohol dapat meningkatkan keparahan asam lambung. Minumlah banyak air putih karena selain sehat juga dapat mengurangi asam lambung.

5. Jangan Terlalu Banyak Minum Kopi

Kafein dapat menjadi penyebab asam lambung. Minum kopi tanpa kafein dapat mengurangi asam lambung dibandingkan dengan kopi biasa.

6. Hindari Bawang Mentah

Makan makanan yang mengandung bawang mentah akan meningkatkan asam lambung dan bersendawa. Bawang mentah juga bisa mengiritasi lapisan kerongkongan dan menyebabkan mulas.

Apa pun alasannya, jika memakan bawang mentah membuat asam lambung semakin buruk, kamu harus menghindarinya.

7. Batasi Asupan Minuman Berkarbonasi

Minuman ringan berkarbonasi dikaitkan dengan peningkatan gejala asam lambung. Alasan utamanya adalah gas karbon dioksida dalam minuman berkarbonasi, menyebabkan kamu lebih sering bersendawa. Efek ini dapat meningkatkan jumlah asam yang keluar ke kerongkongan.

8. Jangan Terlalu Banyak Minum Jus Jeruk

Jus jeruk atau jeruk bali memperburuk gejala asam lambung. Jadi jauhi jus ini jika asam lambung sedang naik.

9. Hindari Mint

Peppermint dan spearmint adalah herbal umum yang digunakan untuk membumbui makanan, permen, permen karet, obat kumur dan pasta gigi. Peppermint dan spearmint juga bahan populer dalam teh herbal. Dosis tinggi spearmint dapat memperburuk gejala asam lambung. Jika kamu merasa mint membuat asam lambung naik, maka hindarilah.

10. Tinggikan Kepala Tempat Tidur Anda

Beberapa orang menderita gejala asam lambung pada malam hari. Ini dapat mengganggu kualitas tidur dan menyulitkan mereka untuk tertidur. Mengangkat kepala tempat tidur 

adalah strategi yang efektif untuk mengurangi gejala asam lambung dan mulas pada malam hari, (nwy/up)

Niken Widya Yunita - detikHealth

1 komentar:

DEWAPK^^ agen judi terpercaya, ayo segera bergabungan dengan kami
dicoba keberuntungan kalian bersama kami dengan memenangkan uang jutaan rupiah
ditunggu apa lagi segera buka link kami ya :) :)

Posting Komentar