Senin, 17 Februari 2020

Cara Hidup Sehat Sederhana dari Kebiasaan Sehari-hari


Cara Hidup Sehat Sederhana dari Kebiasaan Sehari-hari


Cara Hidup Sehat

Cara Hidup Sehat Sederhana dari Kebiasaan Sehari-hari – Hidup sehat bagi kebanyakan orang berarti kesehatan fisik dan mental yang seimbang atau berfungsi baik dalam diri seseorang. Kesehatan fisik dan mental saling terkait erat, sehingga jika terjadi perubahan (baik atau buruk) secara langsung mempengaruhi yang lainnya. Berikut adalah  kebiasaan sehat sehari-hari untuk cara hidup sehat sederhana bagi kesehatan fisik dan jasmanimu.

Makanan

Kita harus makan makanan untuk pertumbuhan dan memelihara tubuh yang sehat, tapi kita memiliki asupan makanan yang berbeda-beda, dari bayi, anak-anak, remaja, dewasa, dan manula. Misalnya, bayi mungkin memerlukan makan setiap empat jam sampai mulai mengkonsumsi lebih banyak jenis makanan padat. Lalu berkembang menjadi pola makan yang lebih normal tiga kali per hari seperti manusia pada umumnya. Namun, seperti yang diketahui, kebanyakan orang tua, anak-anak, remaja, dan orang dewasa sering makan cemilan di antara waktu makan mereka.

Tips makan sehat:

Makanlah tiga kali sehari (sarapan pagi, makan siang, dan makan malam). Penting untuk diingat bahwa makan malam tidak harus menjadi makanan terbesar atau terbanyak.

Sebagian besar konsumsi makanan harus terdiri dari buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan produk susu bebas lemak atau rendah lemak.

Pilih daging tanpa lemak, ayam, ikan, kacang-kacangan, telur, dan kacang-kacangan.
Pilihlah makanan yang rendah lemak jenuh, lemak trans, kolesterol, garam (sodium), dan tambahan gula.

Lihat label sebelum membeli karena hal pertama yang tercantum dalam komposisi suatu makanan adalah konsentrasi bahan tertinggi.

Kontrol porsi makan. Makanlah bagian terkecil yang bisa memuaskan rasa lapar dan kemudian berhenti makan jika sudah kenyang.

Makanan ringan tidak apa-apa dalam jumlah sedang dan harus terdiri dari makanan seperti buah, biji-bijian, atau kacang-kacangan untuk memuaskan rasa lapar dan tidak menyebabkan kenaikan berat badan yang berlebihan.

Hindari minuman bersoda dan minuman yang mengandung gula karena banyaknya kandungan kalori dalam minuman soda dan gula. ‘minuman diet’ mungkin bukan pilihan yang baik karena dapat membuat beberapa orang lapar dan malah meningkatkan konsumsi makanan.

Hindari makan makanan yang besar atau banyak sebelum tidur untuk mengurangi refluks gastroesophageal dan penambahan berat badan.

Jika sedang marah atau depresi, makan tidak akan menyelesaikan situasi ini dan mungkin malah akan membuat masalah yang mendasarinya menjadi lebih buruk.

Hindari memberi anak-anak makanan ringan. Pola semacam itu bisa menjadi kebiasaan seumur hidup sampai mereka tua.

Hindari makanan berat di bulan-bulan musim panas, terutama jika matahari sedang terik.
Makanan yang dimasaik di atas 70 derajat celcius dapat menghancurkan bakteri paling berbahaya dan patogen lainnya. Jadi jika Anda memilih untuk makan makanan mentah seperti buah-buahan atau sayuran, harus benar-benar dicuci sampai bersih.

Hindari mengonsumsi daging mentah atau setengah matang.
Kurangi makan makanan olahan atau makanan siap saji.

Aktivitas Fisik dan Olahraga

Aktivitas fisik dan olahraga merupakan kontributor utama gaya hidup sehat. Manusia ‘dibuat’ untuk menggunakan tubuh mereka, dan jika tidak digunakan menyebabkan hidupnya menjadi tidak sehat. Hidup yang tidak sehat dapat berujung pada obesitas, lemah, kekurangan daya tahan tubuh, dan kesehatan yang buruk secara keseluruhan sehingga dapat mendorong perkembangan penyakit.

Tips olahraga:

Olahraga teratur dapat mencegah dan menghambat penurunan massa otot dan kekuatan tubuh yang terkait faktor usia seperti dapat memperbaiki keseimbangan, fleksibilitas, dan daya tahan tubuh. Olahraga teratur dapat membantu mencegah penyakit jantung koroner, stroke, diabetes, obesitas, dan tekanan darah tinggi. Olahraga teratur juga dapat membantu mencegah osteoporosis dengan membangun kekuatan tulang.

Olahraga teratur dapat membantu meningkatkan kepercayaan diri, mengurangi stres dan kecemasan, meningkatkan mood, dan meningkatkan kesehatan jasmani secara umum.

Olahraga teratur dapat membantu mengendalikan penambahan berat badan dan pada beberapa orang menyebabkan berkurangnya lemak.

Luangkan waktu setidaknya 30 menit untuk olahraga ringan seperti jogging setidaknya tiga sampai lima hari seminggu, namun manfaat kesehatan terbesar datang dari kebiasaan berolahraga yang hampir setiap hari dalam seminggu.

Manusia tidak pernah terlalu tua untuk mulai berolahraga. Bahkan orang tua yang lemah (usia 70-90 tahun) dapat memperbaiki kekuatan dan keseimbangan mereka dengan berolahraga.

Hampir semua jenis olahraga (aerobik, berjalan, berenang, angkat beban, yoga, dan lainnya) membantu kesehatan tubuh.

Anak-anak juga butuh olahraga. Bermain di luar rumah adalah awal yang baik.
Untuk Kesehatan Mental

Hidup sehat melibatkan lebih dari sekadar kesehatan fisik, tapi juga mencakup kesehatan emosional atau mental. Berikut adalah beberapa cara untuk Anda dapat mendukung kesehatan mental dan kesejahteraan mereka.

Tips untuk kesehatan mental:

Cukup tidur setiap hari. Rekomendasi jam tidur yang cukup untuk kelompok usianya adalah 12-18 jam sejak dari lahir sampai 2 bulan, 14-15 jam dari usia 3-11 bulan, 12-18 jam untuk 1-3 tahun, 11-13 jam untuk 3-5 tahun, 10-11 jam untuk usia 5-10 tahun, 8-9.5 jam selama 10-17 tahun dan mereka yang berusia 18 tahun ke atas membutuhkan tujuh sampai sembilan jam tidur.

Berjalan-jalanlah dan renungkan atau meditasi selama beberapa jam dalam seminggu.
Cobalah sesuatu yang baru secara sering seperti mencoba makan makanan baru, rute atau jalan yang berbeda untuk bekerja, atau pergi ke museum baru.

Lakukan beberapa latihan pikiran seperti membaca atau menyelesaikan teka-teki sesekali selama seminggu.

Cobalah untuk fokus pada sesuatu dengan proses yang intens dan selesaikan selama satu sampai beberapa jam, kemudian beristirahatlah dan lakukan sesuatu yang santai (berjalan, berolahraga, tidur sebentar).

Cobalah meluangkan waktu senggang untuk melakukan beberapa hal yang menarik minat Anda setiap minggu (hobi, olahraga).

Bersenang-senanglah dengan caramu sendiri seperti berbelanja, berjalan-jalan bersama teman, jangan biarkan waktu liburan berlalu begitu saja.

Basakan diri Anda senang dengan prestasi Anda, baik besar maupun kecil.
Punya sekelompok teman dekat. Mereka yang memiliki sistem dukungan sosial yang kuat akan menjalani kehidupan yang lebih sehat.

Kebiasaan sehari-hari yang perlu dihindari:

Merokok

Berhenti merokok. Mulailah berhenti hari ini (dibutuhkan sekitar setidaknya 15 tahun untuk perokok untuk mencapai tingkat risiko ‘normal’ kembali bagi berbagai penyakit).

Hindari Alkohol

Banyak sekali efek negatif dari mengonsumsi alkohol yang sering, hidari konsumsi alkohol berlebihan atau hindari sama sekali untuk kesehatan tubuh yang lebih baik.

Gunakan Tabir Surya

Bahaya sinar UVA/UVB dari cahaya matahari tidak hanya dapat membuat kulit terbakan, tapi juga dapat menyebabkan kanker kulit. Diwajibkan untuk Anda menggunakan sunblock atau tabir surya pada saat bepergian keluar rumah walaupun cuaca sedang mendung atau hujan, karena jika langit masih terang berarti matahari masih bersinar dan bahayanya tidak berkurang walaupun udara tidak terasa panas.

Itu dia cara hidup sehat dengan sederhana dari kebiasaan sehari-hari, kebanyakan sangat sederhana bahkan tanpa mengeluarkan uang sama sekali. Hari ini saatnya Toppers mulai hidup sehat!



1 komentar:

ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat ayo segera bergabung dengan kami di f4n5p0k3r
Promo Fans**poker saat ini :
- Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
- Bonus Cashback 0.5% dibagikan Setiap Senin
- Bonus Referal 20% Seumur Hidup dibagikan Setiap Kamis
Ayo di tunggu apa lagi Segera bergabung ya, di tunggu lo ^.^

Posting Komentar