Senin, 16 November 2020

Bacaan Sholawat yang Bikin Malaikat Sibuk Mencatat Pahalanya Selama 1.000 Hari

Bacaan Sholawat yang Bikin Malaikat Sibuk Mencatat Pahalanya Selama 1.000 Hari

 

SEBAGAI umat Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wasallam sudah sepatutnya kita memperbanyak membaca sholawat kepada beliau. Membaca sholawat kepada Rasulullah selain perintah langsung dari Allah Subhanahu wata'ala juga sebagai refleksi kecintaan kita kepada Nabi Muhammad.

Allah berfirman dalam Alquran Surah Al-Ahzab ayat 56 yang artinya:

"Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya," (QS. Al-Ahzab: 56).

Sedangkan mengenai keutamaan membaca sholawat kepada baginda Nabi, Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:

 

عَنْ عَبْدِاللهِ بْنِ عَمْرٍو بْنِ الْعَاصِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا اَنَّهُ سَمِعَ رَسُوْلَ اللهِ صلى الله عليه وسلم يَقُوْلُ مَنْ صَلَّى عَلَيَّ صَلاَةً صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ بِهَا عَشْرًا رواه مسلم.

 

Artinya: "Barangsiapa yang bersholawat kepadaku sekali, maka Allah akan bersholawat untuknya sepuluh kali." (HR Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi, dan Nasa’i).

Seseorang yang rajin membaca sholawat kepada Nabi Muhammad juga akan dicatat banyak kebaikan dan dihapuskan dosa-dosanya. Sebagaimana Rasulullah bersabda:

 

مَن صلَّى عليَّ صلاةً واحدةً صلَّى اللَّهُ عليهِ عشرَ صلَواتٍ ، وحُطَّت عنهُ عشرُ خطيئاتٍ ، ورُفِعَت لَهُ عشرُ درجاتٍ

 

Artinya: “Barangsiapa di antara umatmu yang bershalawat kepadamu sekali, maka Allah menuliskan baginya sepuluh kebaikan, menghapuskan dari dirinya sepuluh keburukan, meninggikannya sebanyak sepuluh derajat, dan mengembalikan kepadanya sepuluh derajat pula'." (HR. Ahmad).

Dari sekian banyak bacaan sholawat, ada satu sholawat yang berpahala sangat besar. Meski kalimatnya pendek, namun siapa sangka bahwa siapa yang mendawamkan sholawat ini maka dia akan membuat malaikat bersusah payah mencatat pahalanya selama 1.000 hari.

Imam Abu Nuaim dan Imam Thabarani dalam Mu’jamul Ausath dan Mu’jamul Kabir serta para ahli hadits lainnya menyebutkan sebuah riwayat dengan sanad yang muttashil.

Yakni sahabat bernama Sayyidina 'Abdullah ibnu 'Abbas radhiyalllahu anhuma berujar bahwasanya Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Siapa saja yang membaca

ﺟَﺰَﻯ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻨَّﺎ ﺳَﻴِّﺪَﻧَﺎ ﻣُﺤَﻤَّﺪًﺍ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﻤَﺎ ﻫُﻮَ ﺃَﻫْﻠُﻪُ

(Jazallahu 'anna Sayyidana Muhammadan Shallallahu 'alaihi wa sallama maa huwa ahluh),

maka ia akan menyibukkan 70 malaikat pencatat amalan selama 1.000 hari". (HR. Imam Ath-Thabrani).

Bahkan dalam kitab Irsyadul 'ibad Ila Sabilir Rasyad disebutkan bahwa jika kalimat sholawat itu dibaca maka akan membuat 70 ribu malaikat kepayahan mencatat pahalanya selama 1.000 hari.

Dalam lafadz lain berbunyi:

 

ﺟَﺰَﻯ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻨَّﺎ ﺳَﻴِّﺪَﻧَﺎ ﻣُﺤَﻤَّﺪًﺍ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﺑِﻤَﺎ ﻫُﻮَ ﺃَﻫْﻠُﻪُ

 

(Jazallahu 'anna Sayyidana Muhammadan Shallallahu 'alaihi wa sallama bima huwa ahluh).

Artinya: "Semoga Allah memberikan balasan kebaikan kepada pemimpin kita Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam atas jasa-jasa beliau kepada kita dengan balasan yang pantas beliau terima,”.

 

(put)

Rizka Diputra,

https://muslim.okezone.com

 


0 komentar:

Posting Komentar