Senin, 16 November 2020

4 Sholawat Penjagaan dan Penarik Rezeki

 4 Sholawat Penjagaan dan Penarik Rezeki

 

MEMBACA sholawat merupakan salah satu ibadah yang paling disukai Allah Ta'ala. Sholawat ialah bukti kecintaan kita kepada sang pembawa risalah kebenaran tauhid, yaitu Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wasallam. Sebagai umat yang bak, sudah seharusnya kita memperbanyak sholawat kepada Rasulullah.

Sebab, Allah dan para malaikatnya saja bersholawat kepada sang makhluk termulia. Sebagaimana Allah berfirman dalam Surah Al-Ahzab ayat 56:

 

إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ ۚ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا

 

Artinya: "Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bersholawat untuk Nabi Muhammad. Hai orang-orang yang beriman, bersholawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya," (QS. Al-Ahzab: 56).

Orang yang rajin membaca shalawat akan dicatat sebagai pahala ibadah dan kelak mendapat syafaat Nabi Muhammad. Keutamaan membaca sholawat sangat banyak. Di antaranya membuka pintu rezeki.

Dikutip dari buku 'Kumpulan Shalawat Nabi Super Lengkap' karya Ibnu Watiniyah disebutkan bawha jenis sholawat secara umum ada dua yaitu:

1. Shalawat Ma’tsurah, yaitu sholawat yang kalimatnya, cara membacanya, watu membacanya, serta keutamannya dibuat oleh Rasulullah. Misalnya: "Allahumma shalli ‘ala Muhammadinin nabiyyil ummiyyi wa’ala alihii wa sallim". (Artinya: Ya Allah, limpahkanlah rahmat dan salam kepada Muhammad, Nabi yang ummi).

2. Shalawat Ghairu Ma’tsurah, yaitu sholawat yang dibuat oleh para ulama dan orang-orang salih (salihin) yang tidak diragukan dalam keilmuan dan ketakwaannya.

Contoh: Shalawat Munjiyat yang dikarang Syaikh Abdul Qadir Al-Jailani dan Shalawat Fatih karya Syaikh Ahmad At-Tijani.

Adapun sholawat yang berfaidah membuka pintu rezeki di antaranya:

1. Sholawat Khawwash

 

صلى الله علی محمد

 

(Shollâllâhu ‘alâ Muhammad)

Artinya: "Semoga Allah melimpahkan rahmat kepada Nabi Muhammad,"

Siapa yang rutin membaca sholawat ini, maka ia akan dicintai orang-orang mukmin, rezekinya diluaskan, ditinggikan derajatnya,dan selamat dari malapetaka.

 

2. Sholawat Ta’dzhimul Qiyam

 

اللهم صَلِّ عَلى مُحَمَّدٍ وَّعَلى الِه وَسَلِّم

 

(Allahumma shalli 'ala Muhammadin wa 'ala aalihi wa sallim)

Artinya: "Ya Allah, limpahkanlah rahmat dan keselamatan kepada Nabi Muhammad dan keluarganya,"

Diriwayatkan dari sahabat Anas bin Malik radhiyallahu anhu bahwa Nabi Shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Barangsiapa mengucapkan Allahumma sholli 'ala Muhammadin wa 'ala aalihi wasallim ketika ia berdiri, maka dosa-dosanya akan diampuni sebelum ia duduk. Barang siapa mengucapkannya ketika duduk, maka dosa-dosanya akan diampuni sebelum ia berdiri,"

3. Sholawat Adrikni (Adrikiyah)

 

اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ قَـدْ ضَاقَتْ حِيْلَــتِى أَدْرِكْـنِى يَارَسُوْلَ اللّـهِ

 

(Allahumma sholli 'ala Sayyidina Muhammadin qod dhoqot hiilati adrikni yaa Rasulallah)

Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah rahmat dan keselamatan kepada jungjungan kami, Nabi Muhammad. Sungguh sempit upayaku, temukanlah (tolonglah) aku, wahai Rasulullah,”.

Khasiat dan keutamannya:

- Mendapatkan apa yang diinginkan.

- Menurut Asy-Syaikh 'Isa Al-Barawy semua hajatnya akan dikabulkan oleh Allah dengan cepat.

4. Shalawat Ulul 'Azmi

 

اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَآدَمَ وَنُوْحٍ وَإِبْرَاهِيْمَ وَمُوْسَى وَعِيْسَى وَمَا بَيْنَهُمْ مِنَ النَّبِيِّيْنَ وَالْمُرْسَلِيْنَ صَلَوَاتُ اللهِ وَسَلاَمُهُ عَلَيْهِمْ أَجْمَعِيْنَ.

 

(Allahumma sholli wa sallim wa barik ‘ala Sayyidina Muhammadin wa adama wa nuhin wa Ibrahima wa Musa wa ‘Isa wama bainahum minan nabiyyina wal mursalina sholawatullahi wa salamuhu ‘alaihim ajma’in).

Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah rahmat, salam dan keberkahan kepada junjungan kami, Nabi Muhammad, Nabi Adam, Nabi Nuh, Nabi Ibrahim, Nabi Musa, Nabi 'Isa dan seluruh nabi dan rasul di antara mereka. Semoga rahmat dan salam Allah selalu tercurah kepada mereka semua,”.

Adapun keutamannya ialah mendapat keselamatan dunia akhirat, menolak segala bala, mendatangkan rahmat Allah serta meluaskan rezeki.

 

(put)

Pristia Astari

https://muslim.okezone.com

 

0 komentar:

Posting Komentar