BOLEHKAH DOA MUFROD
DALAM AL-QUR’AN DIGANTI JAMAK?
A. Pertanyaan :
Ustad Drs. H.M. Umar Said dari SMKN 1 Kendal bertanya :
Assalamualaikum, Pak Kyai nyuwun pirso :
Saya sering mendengar para bapak kyai berdoa, jika doanya mengambil dari ayat al- Qur’an kok lafadz / kalimatnya dirubah dari lafadz
mufrod diganti jamak, bagaimana hukumnya ? Misalnya Robbighfir li wa liwadiyya
warham huma kama robbayani shoghiro, diganti Robbanaghfirlana wa liwalidainaa
warhamhum kama robbaunaa shighoro. Jika
hukumnya boleh, lebih afdhol yang mana pak Kyai ? Sebab saya cari ma’khodz nya
kok belum ketemu. Mattr nuwun.
B. Jawaban :
Ada hadist yang diriwayatkan oleh sahabat Tsauban RA
sebagai berikut :
عَنْ
ثَوْبَانَ رضي الله عنه، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ:«لَا يَؤُمُّ عَبْدٌ فَيَخُصَّ نَفْسَهُ بِدَعْوَةٍ دُونَهُمْ، فَإِنْ
فَعَلَ فَقَدْ خَانَهُمْ» [رواه الترمذي وحسنه: 357].
Dari
Tsauban RA berkata : Rasululloh SAW bersabda : “Tidak boleh seorang hamba
mengimami doa lalu mengkhususkan dirinya tanpa menyertakan para makmum. Maka
kalau dia melakukan itu berarti dia mengkhianati mereka” (H.R. Turmudzi : 357).
Berdasarkan
hadits ini, maka tidak boleh orang yang menjadi imam dalam berdoa membaca
lafadz mufrod atau dlomir mufrod (mutakallim wahdahu). Oleh karena itu para
ulama membolehkan pembacaan doa ma’tsur dalam Al-Qur’an dengan mengubah lafadz
mufrod menjadi jamak atau dlomir mutakallim wahdahu menjadi dlomir mutakallim
ma’al ghoir.
Akan tetapi
supaya tidak termasuk kategori merubah Al-Qur’an, maka supaya diniati sedang
membaca doa bukan sedang tilawatil-Qur’an.
Hal itu
sama dengan orang yang punya hadast besar (janabat) diperbolehkan membaca
shighot basmalah ketika memulai makan dan menbaca shighot hamdalah ketika
selesai makan, dengan diniati membaca dzikir bukan membaca Al-Qur’an.
C.
Referensi :
الأدعية في القرآن تأتي تارة
بصيغة الجمع (ربنا) وتارة بصيغة المفرد (رب) فهل يغير الداعي الصيغة أم يدعو بها
كما هي؟!
لا يخلو الداعي من حالين:
الأولى: أن يدعو بمفرده،
وحينئذ لا يغير صيغة الجمع الواردة في الدعاء القرآني إلى المفرد، ويكون في
الإتيان بضمير الجمع تعظيم لله تعالى؛ وذلك لأن جملة من دعوات الأنبياء عليهم
السلام كانت بصيغة الجمع كدعوات الخليل عليه السلام في أواخر سورة إبراهيم.
قال ابن القيم رحمه الله
تعالى: وهذا كما يقول العبد للملك المعظم شأنه نحن عبيدك ومماليكك وتحت طاعتك ولا
نخالف أمرك فيكون هذا أحسن وأعظم موقعا عند الملك من أن يقول أنا عبدك
ومملوكك.[بدائع الفوائد: 2/39].
الثانية: أن يدعو بجماعة
يؤمنون على دعائه في صلاة أو غيرها، فيغير الصيغة من المفرد إلى الجمع؛ لأنه يدعو
وليس يقرأ القرآن.
نحو دعائه ب (رَبِّ زِدْنِي
عِلْمًا) [طه: 114] يجعلها (ربنا زدنا علما) ونحو دعاء الخليل عليه السلام (رَبِّ
هَبْ لِي حُكْمًا وَأَلْحِقْنِي بِالصَّالِحِينَ (83) وَاجْعَلْ لِي لِسَانَ
صِدْقٍ فِي الْآَخِرِينَ (84) وَاجْعَلْنِي مِنْ وَرَثَةِ جَنَّةِ النَّعِيمِ) [الشعراء:
83-85] يجعلها (ربنا هب لنا حكما وألحقنا بالصالحين، واجعل لنا ألسن صدق في
الآخرين، واجعلنا من ورثة جنة النعيم) وهكذا..لأنه إن دعا بصيغة المفرد الواردة في
القرآن اختص هو بهذا الدعاء دون من يُؤمِّنون على دعائه، وهذا فيه حرمان لهم، ولا
يحل له أن يستأثر بالدعاء دونهم.
(Muhammad
Danial Royyan)
0 komentar:
Posting Komentar