Rabu, 30 Maret 2022

Berapa Batas Waktu Tercepat Khatam Al Quran?

Berapa Batas Waktu Tercepat Khatam Al Quran?

 

Saat bulan suci Ramadan, kaum muslim berlomba lomba untuk membaca Al-Quran. Selain untuk mendapatkan banyak pahala, membaca Al-Quran juga dapat memberi kita syafaat di hari kiamat nanti. Pada umumnya saat bulan suci Ramadan umat Islam mengkhatamkan Al-Quran dalam satu bulan. Misal dalam satu bulan 30 hari, maka satu hari membaca Al-Quran satu juz. Namun tahukah sahabat umma, berapa batas waktu tercepat kita boleh mengkhatamkan Al-Quran? Berikut ini ada sebuah hadis riwayat Imam Tirmidzi yang menjelaskan perkara tersebut.

Dari Abdullah bin Amru bin Ash. Suatu hari, dia bertanya kepada Rasulullah SAW.

"Wahai Rasulullah, berapa lama aku sebaiknya membaca Alquran?''

Beliau menjawab, ''Khatamkanlah dalam satu bulan.'' Abdullah berkata lagi, ''Sungguh aku mampu lebih dari itu, wahai Rasulullah?''

Beliau menjawab, ''Khatamkanlah dalam dua puluh hari.'' Abdullah berkata lagi, ''Aku masih mampu lebih dari itu, wahai Rasulullah.''

Beliau menjawab, ''Khatamkanlah dalam lima belas hari.'' Abdullah berkata lagi, ''Aku masih mampu lebih dari itu, wahai Rasulullah.''

Beliau menjawab, ''Khatamkanlah dalam sepuluh hari.'' Abdullah menjawab, ''Aku masih lebih mampu lagi, wahai Rasulullah.''

Beliau menjawab, ''Khatamkanlah dalam lima hari.'' Abdullah menjawab, ''Aku masih lebih mampu lagi, wahai Rasulullah.'' Namun beliau tidak memberikan izin. (HR Tirmidzi).

Dari hadis tersebut kita tidak diperbolehkan oleh Rasulullah SAW untuk mengkhatamkan Al-Quran lebih cepat dari lima hari. Agar kita bisa meresapi, mempelajari makna dan bacaan Al-Quran dengan sebaik mungkin. Tidak asal membaca dengan ngebut dan cepat selesai. Semoga kita semua bisa khatam Al-Quran dalam bulan suci Ramadan tahun ini ya sahabat umma.

https://umma.id

 

 

0 komentar:

Posting Komentar