Sabtu, 02 November 2019

9 Orang yang Doanya Mudah Dikabulkan Allah


9 Orang yang Doanya Mudah Dikabulkan Allah



Siapa saja yang doanya mudah dikabulkan?

Dream - Terkadang, banyak manusia yang tidak sabar menunggu hasil dari doa yang dipanjatkan. Mereka menunggu kapan doa tersebut dikabulkan. Allah SWT, secara umum telah mengkhususkan doa siapa saja yang dapat dikabulkan.

Setidaknya terdapat sembilan orang yang doanya mustajab. Pertama, orang yang terkena musibah dan sangat membutuhkan. Janji itu termuat dalam Alquran Surat An Naml ayat 62.
Allah berfirman, " Atau siapakah yang memperkenankan (doa) orang yang dalam kesulitan apabila ia berdoa kepada-Nya, dan yang menghilangkan kesusahan dan yang menjadikan kamu (manusia) sebagai khalifah di bumi? Apakah di samping Allah ada tuhan (yang lain)? Amat sedikitlah kamu mengingati (Nya)" (QS An-Naml 62).

Ayat ini menunjukkan bahwa orang yang berada dalam kesulitan bila berdoa akan dikabulkan oleh Allah, baik seorang kafir, apalagi seorang Muslim. Tetapi Allah hanya mengabulkan doa orang fajir -orang yang banyak melakukan perbuatan dosa- dan orang kafir dalam masalah darurat keduniaan, bukan perkara akhirat. Ini tertuang dalam ayat,

" Maka apabila mereka (orang kafir) naik kapal mendoa kepada Allah dengan memurnikan keta’atan kepada-Nya, maka tatkala Allah menyelamatkan mereka sampai ke darat, tiba-tiba mereka (kembali) mempersekutukan (Allah)” (Al-Ankabut: 65).

Doa orang terzalimi

Ke dua, sebagaimana diriwayatkan Bukhari dan Muslim, dalam hadis Ibnu Abbas mengisahkan bagaimana Mu'adz pernah diutus oleh Rasulullah.

" Serta takutlah kepada doa orang yang terzalimi, sesungguhnya tak ada hijab antara do’anya dengan Allah (doanya terkabul)"

Ke tiga, kedua orangtua yang mendoakan anaknya. Dalam hadis riwayat Abu Daud dan Tirmidzi, dari Abu Hurairah, Rasulullah bersabda, " Tiga doa yang dikabulkan, tidak diragukan pengabulannya; doanya orangtua (maksudnya untuk anaknya), doanya seorang musafir, dan doanya yang terzalimi."

Ke empat, doa pemimpin yang adil. Dalam hadis yang diriwayatkan Tirmidzi, Rasulullah pernah bersabda, " Ada tiga orang yang doanya tidak ditolak, pemimpin yang adil, orang yang berpuasa sampai dia berbuka, dan doa orang yang didzalimi, Allah angkat di atas awan pada hari kiamat."

Doa anak yang berbakti kepada orang tuanya

Anak yang Berbakti kepada Orangtua

Ke lima, doa anak yang berbakti kepada dua orangtuanya. Berbakti pada orangtua menjadi faktor utama dikabulkannya doa seorang Muslim.

Diriwayatkan Muslim, Umar berkata, " Saya mendengar Rasulullah bersabda, 'Akan datang padamu semua seorang bernama Uwais bin ‘Amir beserta sepasukan mujahidin dari ahli Yaman, ia dari keturunan Murad dari Qaran. Ia mempunyai penyakit supak lalu sembuh dari penyakitnya itu kecuali di suatu tempat sebesar uang dirham. Ia juga mempunyai seorang ibu. Ia amat berbakti padanya. Andaikata orang itu bersumpah atas nama Allah, pasti Allah akan melaksanakan sumpahnya itu, dengan sebab amat berbaktinya terhadap ibunya itu. Maka jikalau engkau kuasa meminta padanya agar ia memintakan pengampunan, kepada Allah, untukmu, maka lakukanlah itu! Mohonkanlah pengampunan kepada Allah, untukku. Uwais lalu memohonkan pengampunan untuk Umar'."

Ke enam, doa orang yang sedang berpuasa mudah dikabulkan. Terutama, ketika orang tersebut sedang berbuka.

Dari Imam Tirmidzi diriwayatkan, " Ada tiga orang yang doanya tidak ditolak: Pemimpin yang adil, orang yang berpuasa sampai dia berbuka, dan doa orang yang dizalimi, Allah angkat di atas awan pada hari kiamat."

Doa untuk saudaranya

Ke tujuh, seorang Muslim yang berdoa untuk saudaranya. Dalam hadis yang diriwayatkan Abu Darba, Rasulullah bersabda, " Sesungguhnya doa seorang Muslim kepada saudaranya tanpa sepengetahuannya adalah dikabulkan, dan di sisi kepalanya ada malaikat, yang ditugaskan kepadanya. Setiap kali berdoa kepada saudaranya dengan kebaikan para Malaikat, berkata, ‘Amiin, dan bagimu yang semisalnya’."

Ke delapan, doa orang yang melakukan perjalanan. Seorang yang menjalani perjalanan untuk tujuan ibadah seperti ibadah haji dan menuntut ilmu, Insya Allah dikabulkan doanya.

Ke sembilan, doa umat Muslim untuk kebaikan. Diriwayatkan Tirmidzi, " Tidaklah seorang berdoa kepada Allah melainkan Allah akan mengabulkan apa-apa yang dimintanya atau mencegah darinya keburukan yang akan menimpanya dan setara dengan apa yang dimintanya, selama dia tidak meminta untuk suatu perbuatan dosa atau memutus silaturrahim."

Sumber: wahdah.or.id


0 komentar:

Posting Komentar