Rabu, 13 November 2019

10 Manfaat Air Daun Pandan Untuk Kesehatan


10 Manfaat Air Daun Pandan Untuk Kesehatan


Daun pandan. Minum air daun pandan ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan. (Health Benefits of Pandan Leaves)

JawaPos.com – Daun pandan mudah ditemui dan memiliki berbagai khasiat. Biasa digunakan untuk resep masakan, khususnya hidangan kue atau camilan sebagai pewarna dan pewangi. Namun pandan juga sering digunakan sebagai minuman karena rasa dan aromanya yang khas.

Dilansir dari Rhymbahills Tea, Sabtu (13/4), daun pandan seperti rumput tinggi yang tumbuh di Asia. Tapi, di balik wanginya yang khas, daun pandan mengandung nutrisi penting, termasuk saponin, polifenol, tanin, pigmen, dan alkaloida. Sehingga selain aroma makanan atau minuman, pandan juga memiliki manfaat lain bagi kesehatan.

Caranya mendapatkan manfaatnya untuk kesehatan, cukup minum air daun pandan. Coba tambahkan air pandan dalam minuman Anda dengan campuran jahe atau lemon. Bisa juga raih manfaatnya dengan cara merebus daun pandan dan aplikasikan pada kulit. Setidaknya ada 10 manfaat dengan meminum air daun pandan.

Turunkan Tekanan Darah

Darah tinggi atau hipertensi adalah risiko penyakit jantung dan stroke. Daun pandan membantu tubuh rileks dan bisa mengatasi stres yang menailkan tekanan darah.

Atasi Masalah Kulit

Banyak kosmetik yang menggunakan daun pandan sebagai salah satu kandungan. Daun pandan bisa membantu seseorang dengan kulit sensitif.

Atasi Masalah Rambut

Bukan diminum, tetapi manfaat air pandan dioleskan ke kulit kepala bisa menghilangkan ketombe dan mengatasi masalah rambut rontok.
rambut, daun pandan,

Daun pandan juga bisa digunakan untuk perawatan rambut. (iStockphoto)

Mengatasi Masalah Saraf

Minum air rebusan daun pandan bisa mengobati beberapa masalah saraf yaitu dengan meminumnya 2 kali sehari. Rebuslah 3 lembar daun pandan.

Rematik

Bukan diminum pula, tetapi rebusan daun pandan dicampur dengan minyak kelapa bisa dioleskan pada tubuh yang sakit.

Meningkatkan Nafsu Makan

Karena aromanya wangi bisa meningkatkan nafsu makan. Cobalah letakkan daun pandan pada campuran nasi atau air putih di hidangan.

Atasi Masalah Pencernaan

Idealnya seseorang harus buang air besar setiap hari. Dengan bantuan daun pandan akan memudahkan atau melancarkan pencernaan seseorang.

Detoksifikasi Hati

Rebusan daun pandan bisa menteralisir racun dalam tubuh. Sehingga akan membersihkan atau detoksifikasi pada organ khususnya hati.

Anti Nyeri

Daun pandan punya sifat anti inflamasi atau peradangan dan nyeri. Bisa mengatasi sakit kepala, sakit telinga, sakit dada, radang sendi.

Atur Gula Darah

Bisa membantu manajemen gula darah (diabetes). Namun cobalah konsultasi dengan dokter atau ahli gizi.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah
Reporter : Marieska Harya Virdhani


1 komentar:

DEWAPK^^ agen judi terpercaya, ayo segera bergabungan dengan kami
dicoba keberuntungan kalian bersama kami dengan memenangkan uang jutaan rupiah
ditunggu apa lagi segera buka link kami ya :)

Posting Komentar