Selasa, 17 Mei 2022

Sayyidul Istighfar Rajanya Doa dan Dzikir Terbaik

Sayyidul Istighfar Rajanya Doa dan Dzikir Terbaik

 

SEPUTARLAMPUNG.COM – Beberapa riwayat mengatakan bahwa sayyidul istighfar merupakan doa dan dzikir terbaik.

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari dan An-Nasa’i, disebutkan bahwa membaca Sayyidul Istighfar memiliki keutamaan yang luar biasa. Apalagi jika dibaca pada setiap pagi dan petang.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

“Barangsiapa mengucapkannya di waktu siang dengan penuh keyakinan lalu meninggal pada hari itu, sebelum waktu sore, maka ia termasuk penghuni surga. Barangsiapa membacanya di waktu malam dengan penuh keyakinan lalu meninggal sebelum masuk waktu pagi, maka ia termasuk penghuni surga.” (HR. Bukhari dan An-Nasa’i).

Istighfar adalah salah satu cara bagi umat muslim untuk memohon ampunan Allah. Salah satunya bisa dengan merutinkan bacaan Sayyidul Istighfar, yang diajarkan oleh Rasulullah Shallallahu “alaihi wasallam.

Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman dalam surah Al-Baqarah ayat 199 yang bunyinya sebagai berikut:

“Dan beristighfarlah kalian kepada Allah. Sesungguhnya Allah itu Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”

Doa Sayyidul Istighfar

“Allahumma anta Rabbi, La Ilaha illa anta, Khalaqtani wa ana abduka, wa ana ‘ala ahdika wa wa’dika, mas tatha’tu, audzu bika min syarri ma shana’tu, abu’u laka bi ni’matika wa abu’u laka bi dzanbi, faghfir li , fainnahu la yaghfirudz dzunuba illa anta.”

Artinya: Ya Allah, Engkaulah Pemeliharaku. Tiada sesembahan kecuali Engkau. Engkau ciptakan aku dan aku adalah hamba-Mu. Dan aku berada pada kesepakatan dan perjanjian dengan-Mu, semampuku. Aku berlindung kepada Engkau dari keburukan yang aku perbuat. Aku bertaubat kepada-Mu dengan karunia-Mu dan aku bertaubat kepada-Mu dengan dosaku. Maka, ampunilah aku karena tiada yang mampu mengampuni dosa kecuali Engkau.

Selain Sayyidul istighfar, masih ada beberapa bacaan istighfar yang bisa diamalkan untuk memohon ampunan dari Allah Azza wa Jalla.

Berikut beberapa bacaan istighfar menggunakan bahasa latin dan artinya yang diambil dari berbagai sumber.

1. Istighfar pendek

Istighfar pendek ini biasanya dibaca oleh Rasulullah Shallallahu “alaihi wasallam saat sedang menjalankan ibadah Shalat. Berikut bacaan istighfar pendek :

“Astaghfirullah.”

Artinya: Aku memohon ampun kepada Allah.

2. Istighfar Rasulullah Shallallahu “alaihi wasallam sebelum wafat

Setelah peristiwa Fathu Mekkah (penaklukan kota Mekkah), Rasulullah Shallallahu “alaihi wasallam juga senantiasa berdzikir, sebelum akhirnya wafat. Berikut bacaan istighfar Rasulullah Shallallahu “alaihi wasallam:

“Subhanallahi wabihamdih, astaghfirullaha wa atuubu ilaih.”

Artinya: Maha Suci Allah dan segala puji bagi-Nya. Aku memohon ampun kepada Allah dan bertaubat kepada-Nya.

3. Istighfar Pelebur Dosa

Allah Azza wa Jalla adalah Sang Maha Pengampun lagi Menyukai Pengampunan. Allah akan senantiasa mengampuni dosa setiap hamba yang mau bertaubat dengan penuh keikhlasan. Bahkan jika dosa besar sakalipun. Berikut bacaan istighfar pelebur dosa:

“Astaghfirullah, alladzi la ilaha illa huwal hayyul qayyumu wa atuubu ilaih.”

Artinya: Aku memohon ampun kepada Allah, Dzat yang tidak ada sesembahan kecuali Dia. Yang Maha Hidup lagi Maha Berdiri Sendiri. Dan aku bertaubat kepada-Nya.

4. Istighfar Majelis

Rasulullah Shallallahu “alaihi wasallam selalu mengucapkan istighfar sebanyak 100 kali sebelum meninggalkan tempat duduk dalam mejelis. Berikut bacaan istighfar majelis yang diucapkan oleh Rasulullah Shallallahu “alaihi wasallam:

“Rabbighfirli wa tub ‘alaiya, innaka antat tawwabur rahiim.”

Artinya: Wahai Pemeliharaku, ampunilah aku dan berilah taubat kepadaku. Sesungguhnya Engkau adalah Dzat yang Maha Menerima Taubat lagi Maha Penyayang.

5. Istighfar sebelum salam dalam shalat

Setiap selesai menunaikan shalat, biasanya kita akan mengucapkan istighfar, yang dilakukan sebelum salam pada tahiyat akhir. Berikut bacaan istighfar sebelum salam dalam shalat:

“Allahumma inni dhalamtu nafsi dhulman katsira, wala yaghfirudz dzunuba illa anta, faghfirlii maghfiratan min indik, warhamnii innaka antal ghafurur rahiim.”

Artinya: Ya Allah, sesungguhnya aku telah dhalim kepada diriku dengan kedhaliman yang banyak dan tidak ada yang mengampuni dosa kecuali Engkau. Ampunilah aku dengan ampunan dari-Mu dan rahmatilah aku. Sesungguhnya Engkau Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

6. Istighfar Nabi Adam AS

Nabi Adam AS pun senantiasa membaca istighfar setiap kali melakukan kesalahan. Berikut bacaan istighar Nabi Adam AS:

“Robbana dholamna anfusana, wa illam taghfir lana wa tarhamna, lanakuunanna minal khasirin.”

Artinya: Wahai Pemelihara kami, sesungguhnya kami telah berbuat dhalim terhadap diri-diri kami. Jika Engkau tidak mengampuni dan merahmati kami, sungguh kami termasuk golongan orang-orang yang rugi.

Demikianlah bacaan Sayyidul istighfar dan bacaan istigfar lainnya menggunakan bahasa latin lengkap dengan artinya. Mari kita perbanyak memohon ampunan Allah Subhanahu Wa Ta’ala dengan membaca istighfar.***

 

Rika Widiastuti

https://seputarlampung.pikiran-rakyat.com

 

0 komentar:

Posting Komentar