Salah Satu Dzikir Pagi yang Istimewa
Bab Keutamaan Dzikir dan Dorongan untuk Berdzikir
Hadits #1433
وعن أم
المؤمنين جُويْريَةَ بنت الحارِث رَضِيَ اللهُ عنها: أنَّ النَّبيَّ – صلى الله
عليه وسلم – خرجَ مِنْ عِنْدِهَا بُكْرَةً حِيْنَ صَلَّى الصُّبْحَ وَهِيَ في
مَسْجِدِها ، ثُمَّ رَجَعَ بَعدَ أنْ أضْحَى وَهِيَ جَالِسَةٌ ، فقالَ : (( مَا
زِلْتِ عَلَى الحالِ الَّتي فَارقَتُكِ عَلَيْهَا ؟ )) قالت : نَعَمْ ، فَقَالَ
النَّبيُّ – صلى الله عليه وسلم – : (( لَقَدْ قُلْتُ بَعْدَكِ أرْبَعَ كَلِمَاتٍ
ثَلاثَ مَرَّاتٍ ، لَوْ وُزِنَتْ بِمَا قُلْتِ مُنْذُ اليَوْمِ لَوَزَنَتْهُنَّ :
سُبْحَانَ الله وَبِحَمْدِهِ عَدَدَ خَلْقِهِ ، وَرِضَا نَفْسِهِ ، وَزِنَةَ
عَرْشِهِ ، وَمِدَادَ كَلِمَاتِهِ )) . رواه مسلم .
وفي روايةٍ لَهُ : ((
سُبْحانَ الله عَدَدَ خَلْقِهِ ، سُبْحَانَ الله رِضَا نَفْسِهِ ، سُبْحَانَ اللهِ
زِنَةَ عَرْشِهِ ، سُبْحَانَ الله مِدَادَ كَلِمَاتِهِ ))
وفي رواية الترمذي: (( ألا
أُعَلِّمُكِ كَلِمَاتٍ تَقُولِينَهَا؟ سُبحَانَ الله عَدَدَ خَلْقِهِ؛ سُبحَانَ
الله عَدَدَ خَلْقِهِ ، سُبحَانَ الله عَدَدَ خَلْقِهِ ، سُبْحَانَ اللهِ رِضَا
نَفْسِهِ ، سُبْحَانَ اللهِ رِضَا نَفْسِهِ ، سُبْحَانَ الله رِضَا نَفْسِهِ ،
سُبْحَانَ الله زِنَةَ عَرْشِهِ ، سُبْحَانَ اللهِ زِنَةَ عَرشِهِ ، سُبْحَانَ
الله زِنَةَ عَرشِهِ ، سُبْحَانَ الله مِدَادَ كَلِمَاتِهِ ، سُبْحَانَ الله
مِدَادَ كَلِمَاتِهِ ، سُبْحَانَ الله مِدَادَ كَلِمَاتِهِ )) .
Dari
Juwairiyyah radhiyallahu ‘anha, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah
keluar dari sisinya pada pagi hari setelah shalat Shubuh, sedangkan Juwairiyyah
berada di tempat shalatnya. Setelah itu, beliau pulang setelah tiba waktu Dhuha
sedangkan Juwairiyyah masih dalam keadaan duduk. Lalu beliau bertanya, “Apakah
engkau tetap dalam keadaan ketika aku tinggalkan?” Ia menjawab, “Ya.” Nabi
shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sungguh, aku telah mengucapkan
setelahmu empat kalimat sebanyak tiga kali, yang jika ditimbang dengan yang
engkau ucapkan sejak tadi tentu akan menyamai timbangannya yaitu,
“SUBHAANALLOHI WA BI-HAMDIH, ‘ADADA KHOLQIH, WA RIDHOO NAFSIH, WA ZINATA
‘ARSYIH, WA MIDAADA KALIMAATIH. (artinya: Mahasuci Allah. Aku memuji-Nya
sebanyak makhluk-Nya, sejauh kerelaan-Nya, seberat timbangan ‘Arsy-Nya, dan
sebanyak tinta tulisan kalimat-Nya).” (HR. Muslim) [HR. Muslim, no. 2726]
Dalam
riwayat lain disebutkan bacaan dzikirnya, “SUBHANALLOHI ‘ADADA KHOLQIH,
SUBHANALLOHI RIDHO NAFSIH, SUBHANALLOHI ZINATA ‘ARSYIH, SUBHANALLOHI MIDAADA
KALIMAATIH” (artinya: Mahasuci Allah, sebanyak makhluk-Nya, Mahasuci Allah
sejauh kerelaan-Nya, Mahasuci Allah seberat timbangan ‘Arsy-Nya, dan sebanyak
tinta tulisan kalimat-Nya)
Dalam
riwayat Tirmidzi disebutkan, “Maukah kuberitahukan kalimat yang engkau bisa
mengucapkannya?” SUBHANALLOHI ‘ADADA KHOLQIH, SUBHANALLOHI ‘ADADA KHOLQIH,
SUBHANALLOHI ‘ADADA KHOLQIH, SUBHANALLOHI RIDHO NAFSIH, SUBHANALLOHI RIDHO
NAFSIH, SUBHANALLOHI RIDHO NAFSIH, SUBHANALLOHI ZINATA ‘ARSYIH, SUBHANALLOHI
ZINATA ‘ARSYIH, SUBHANALLOHI ZINATA ‘ARSYIH, SUBHANALLOHI MIDAADA KALIMAATIH,
SUBHANALLOHI MIDAADA KALIMAATIH, SUBHANALLOHI MIDAADA KALIMAATIH.
Faedah dari
Hadits:
1-
Disunnahkan bagi wanita memiliki tempat shalat untuk ia shalat di rumahnya
karena sebaik-baik shalat bagi wanita adalah di rumahnya di bagian paling
dalam.
Dari Ummu
Salamah radhiyallahu ‘anha, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
خَيْرُ مَسَاجِدِ النِّسَاءِ
قَعْرُ بُيُوتِهِنَّ
“Sebaik-baik
masjid bagi para wanita adalah di bagian dalam rumah mereka.” (HR. Ahmad, 6:
297. Syaikh Syu’aib Al-Arnauth mengatakan bahwa hadits ini hasan dengan
berbagai penguatnya).
Istri dari
Abu Humaid As-Sa’idi, yaitu Ummu Humaid pernah mendatangi Nabi shallallahu
‘alaihi wa sallam, lalu berkata, “Wahai Rasulullah, saya sangat ingin sekali
shalat berjamaah bersamamu.” Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam lantas
menjawab,
قَدْ عَلِمْتُ أَنَّكِ
تُحِبِّينَ الصَّلاَةَ مَعِى وَصَلاَتُكِ فِى بَيْتِكِ خَيْرٌ لَكِ مِنْ صَلاَتِكِ
فِى حُجْرَتِكِ وَصَلاَتُكِ فِى حُجْرَتِكِ خَيْرٌ مِنْ صَلاَتِكِ فِى دَارِكِ
وَصَلاَتُكِ فِى دَارِكِ خَيْرٌ لَكِ مِنْ صَلاَتِكِ فِى مَسْجِدِ قَوْمِكِ
وَصَلاَتُكِ فِى مَسْجِدِ قَوْمِكِ خَيْرٌ لَكِ مِنْ صَلاَتِكِ فِى مَسْجِدِى
“Aku telah
mengetahui hal itu bahwa engkau sangat ingin shalat berjamaah bersamaku. Namun
shalatmu di dalam kamar khusus untukmu (bait) lebih utama dari shalat di ruang
tengah rumahmu (hujrah). Shalatmu di ruang tengah rumahmu lebih utama dari
shalatmu di ruang terdepan rumahmu. Shalatmu di ruang luar rumahmu lebih utama
dari shalat di masjid kaummu. Shalat di masjid kaummu lebih utama dari shalat
di masjidku ini (Masjid Nabawi).” Ummu Humaid lantas meminta dibangunkan tempat
shalat di pojok kamar khusus miliknya, beliau melakukan shalat di situ hingga
berjumpa dengan Allah (meninggal dunia, pen.). (HR. Ahmad, 6:371. Syaikh
Syu’aib Al-Arnauth mengatakan bahwa hadits ini hasan.)
2- Istri
Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam sangat semangat untuk memperbanyak dzikir.
Ini dikarenakan di rumah mereka hidup dengan ayat Quran dan hikmah (sunnah Nabi
shallallahu ‘alaihi wa sallam).
3-
Disunnahkan bagi suami ketika keluar rumah dan kembali lagi menanyakan keadaan
keluarganya.
4-
Hendaklah suami mengajak keluarganya untuk ibadah dan melakukan ketaatan.
5- Hadits
ini menunjukkan keutamaan dzikir dan orang yang berdzikir tidak termasuk orang
yang lalai.
6- Ada
keutamaan dzikir seorang diri.
7- Besarnya
keutamaan dzikir pagi.
Referensi:
Bahjah
An-Nazhirin Syarh Riyadh Ash-Shalihin. Cetakan pertama, Tahun 1430 H. Syaikh
Salim bin ‘Ied Al-Hilali. Penerbit Dar Ibnul Jauzi. 2:458.
—
Oleh: Muhammad Abduh Tuasikal
Artikel Rumaysho.Com
0 komentar:
Posting Komentar