Rabu, 07 Oktober 2020

Tujuh Sunnah Harian yang Dilakukan Rasulullah SAW

 Tujuh Sunnah Harian yang Dilakukan Rasulullah SAW

 

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Imam Muhammad bin Ismail al-Bukhari berkata, “Orang muslim yang paling utama adalah orang yang menghidupkan sunnah-sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam yang telah ditinggalkan (manusia), maka bersabarlah wahai para pencinta sunnah (Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam), karena sesungguhnya kalian adalah orang yang paling sedikit jumlahnya (di kalangan manusia).”

Hendaknya kita selalu menjaga tujuh sunnah Nabi setiap hari. Ketujuh sunnah Nabi SAW itu adalah sebagai berikut.

1. Shalat Tahajjud

Shalatlah Tahajjud, karena kemuliaan seorang mukmin terletak pada shalat Tahajjud-nya.

2. Membaca Alquran Sebelum Matahari Terbit

Bacalah Al-Qur’an sebelum terbit matahari. Alangkah baiknya sebelum mata melihat dunia, sebaiknya mata membaca Al-Qur’an terlebih dahulu dengan penuh pemahaman.

3. Jangan Tinggalkan Masjid Terutama di Waktu Subuh

Sebelum melangkah kemana pun langkahkan kaki ke masjid, karena masjid merupakan pusat keberkahan, bukan karena panggilan muadzin tetapi panggilan Allah yang memanggil orang beriman untuk memakmurkan masjid Allah.

4. Shalat Dhuha

Jaga Shalat Dhuha, karena kunci rezeki terletak pada shalat dhuha. Seperti yang diriwayatkan Tirmidzi, "Shalat Dhuha itu mendatangkan rezeki dan menolak kemiskinan, dan tidak ada yang memelihara shalat kecuali orang-orang bertobat.”

5. Bersedekah

Jagalah sedekah setiap hari. Allah menyukai orang yang suka bersedekah, dan malaikat Allah selalu mendoakan kepada orang yang bersedekah setiap hari.

6. Menjaga Wudhu

Jagalah wudhu karena Allah menyayangi hamba yang berwudhu. Khalifah Ali bin Abi Thalib berkata, “Orang yang selalu berwudhu senantiasa ia akan merasa selalu shalat walau ia sedang tidak shalat, dan dijaga oleh malaikat dengan dua doa, "ampuni dosanya dan sayangi dia, ya Allah”.

7. Istighfar

Amalkan istighfar setiap saat. Dengan beristighfar masalah yang terjadi karena dosa kita akan dijauhkan oleh Allah. Rasulullah SAW bersabda : ”Perumpamaan orang yang berdzikir kepada Tuhannya dan orang yang tidak berdzikir, seperti orang yang hidup dan orang yang mati.” (HR. Bukhari)

Itulah ketujuh sunnah Rasulullah SAW yang selalu dilakukan setiap hari. Mari kita amalkan sunnah harian Rasulullah tersebut dalam kehidupan sehari-hari. (*)

Editor: Deasy Mayasari

https://www.timesindonesia.co.id

 

1 komentar:

ayo segera bergabung dengan saya di D3W4PK
hanya dengan minimal deposit 10.000 kalian bisa menangkan uang jutaan rupiah
ditunggu apa lagi ayo segera bergabung, dan di coba keberuntungannya
untuk info lebih jelas silahkan di add Whatshapp : +8558778142
terimakasih ya waktunya ^.^

Posting Komentar