Kamis, 01 Oktober 2020

15 Kebiasaan Nabi Muhammad Yang bisa kita teladani

 15 Kebiasaan Nabi Muhammad Yang bisa kita teladani

 

 

 

15 Kebiasaan Nabi Muhammad dalam kehidupan sehari-hari yang bisa kita teladani

Blogger Kediri- Nabi Muhammad SAW merupakan Nabi akhir Zaman, dimana tidak ada Nabi lagi yang di utus kepada umat manusia setelah kepergian Nabi Muhammad SAW. Sosok yang sangat mulia di mata umatnya dengan kepribadian yang sangat baik dan bisa diteladani menjadikan Nabi Muhammad sebagai kekasih Allah SWT.

Sikap dan kebiasaan yang dimiliki oleh Nabi Muhammad sering dijadikan contoh yang baik bagi umatnya

Seperti yang kita ketahui, segala hal atau ketentuan yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW merupakan sunnah Nabi. Apabila anda menjalankannya, maka anda akan mendapatkan pahala. Jika tidak menjalankan sunnah Nabi, anda pun tidak akan berdosa. Amalan-amalan yang diajarkan Nabi Muhammad SAW harus diteladani oleh umat muslim.

Aktivitas dalam kehidupan sehari-hari anda biasanya kurang bermakna dan menimbulkan banyak mudharat bagi diri sendiri maupun orang lain. Biasanya hal itu disebabkan karena suatu tindakan yang kurang baik misal terbiasa bangun kesiangan sehingga melalaikan sholat subuh, makan kekenyangan sehingga menjadikan tubuh terasa malas untuk melakukan berbagai hal serta kebiasaan buruk lain.

Jika anda mengamalkan kebiasaan Rasulullah SAW, kehidupan anda akan menjadi lebih baik dan bermakna. Selain mendapatkan amal kebaikan , meneladani kebiasaan Nabi Muhammad juga mendatangkan rezeki dan menjaga kesehatan jasmani maupun rohani

Berikut ini adalah kebiasaan Nabi Muhammad SAWdalam kesehariannya yang bisa anda teladani

1. Jujur

Kejujuran merupakan salah satu sifat teladan yang dimiliki oleh Nabi Muhammada SAW. Sifat tauladan yang satu ini harus melekat di hati semua orang dalam kehidupan sehari-hari. Dimanapun Nabi Muhammad SAW berada, beliau tidak pernah berbohong sekalipun.

Kejujuran menjadi kunci dari kesuksesan untuk menggapai apapun. Jika seseorang tidak jujur dalam mengatakan kebenaran pada seseorang, maka dosa yang besar akan menantinya

2. Takut Terhadap Allah

Rasa takut kepada Allah menjadikan Nabi Muhammad SAW selalu patuh dan taat kepada Nya. Beliau selalu mengingat Allah sebelum melakukan tindakan apapun, sehingga kebiasaan ini akan mencegah anda dari perbuatan dosa

3. Tidak Sombong

Salah satu sifat teladan Nabi Muhammad SAW yang harus anda ikuti adalah tidak sombong. Apapun yang menjadi keunggulan diri anda sebaiknya digunakan untuk hal yang bermanfaat dan tidak digunakan untuk menyombongkan disertai maksud merendahkan orang lain.

Seperti halnya Nabi Muhammad SAW yang memiliki banyak kelebihan, tetapi beliau tidak sombong dengan kelebihan yang dimilikinya.

Kesombongan menjadikan kehidupan anda jauh dari rasa syukur dan mematikan hati nurani. Apalagi dalam kehidupan akhirat nantinya, pastinya anda diminta untuk mempertanggung jawabkan segala kelebihan yang diberikan kepad anda didunia baik itu kelebihan harta maupun kelebihan ilmu.

Apabila kelebihan harta yang didapat didunia hanya untuk ditimbun berarti anda termasuk orang yang pelit seperti Qarun . Saya yakin masyarakat cenderung mengucilkan orang yang sombong

4. Sopan Santun

Keteladanan Nabi Muhammad SAW dalam kehidupannya selalu bersikap sopan dan santun terhadap orang lain. Beliau selalu menyapa orang yang lebih tua ketika sedang berjalan di depannya. Bahkan ketika beliau bertindak pun sangat lemah lembut terutama saat berbicara.

Sikap seperti itu harus anda tiru dalam kehidupan sehari-hari. Sopan dan santun merupakan sifat Nabi Muhammad SAW yang membuatnya sangat disegani dan justru terlihat lebih berwibawa.

Dimana sifat ini sangat dihargai dan dijunjung tinggi oleh orang lain. Sebab itulah mengapa sifat sopan santun wajib diajarkan oleh orang tua kepada anak sedini mungkin untuk membangun karakter yang baik.

Kesombongan tidak menjadikan anda di hormati oleh orang lain, sebaliknya sikap sopan dan lemah lembut membuat anda terlihat begitu mulia

5. Beribadah

Nabi Muhammad SAW juga memiliki keteladanan yang sangat mulia yaitu dalam hal menjalankan ibadah. Nabi Muhammad SAW tidak pernah lalai dalam menjalankan ibadah kepada Allah SWT. Setiap hari beliau terus beribadah kepada Allah SWT dan menjadikannya panutan bagi umatnya.

Shalat menjadi salah satu kunci ibadah yang wajib dijalankan umat Islam untuk menuju ke surga Allah. Nabi Muhammad SAW mencontohkan cara beribadah kepada Allah SWT supaya umatnya sebagai sarana berkomunikasi dengan Allah SWT.

6. Tidak Tertuju Hanya Pada Dunia

Keteladanan yang ada pada Nabi Muhammad SAW selanjutnya adalah bagaimana dirinya dalam menjalankan hidup sehari-harinya. Yang diutamakan bukanlah kehidupan dunia semata, melainkan kehidupan akhirat sebagai tolak ukur di kehidupan akhir nanti. Baginya kehidupan di dunia hanyalah sementara, berbeda ketika hidup di akhirat yang nantinya akan kekal selamanya.

Apabila di dunia yang dicari hanyalah kemewahan dan keindahannya saja, kehidupan akhirat anda tidak akan baik nantinya. Anda harus mengumpulkan bekal ilmu dan ibadah yang banyak supaya bisa hidup dengan tenang di akhirat nanti.

7. Berdo’a Sebelum Melakukan Apapun

Apakah anda selalu berdo’a sebelum melakukan aktivitas apapun? Tidak semuanya pasti, ada hal yang terlewatkan terutama saat sedang terburu-buru. Do’a merupakan harapan yang dipanjatkan kepada Allah SWT agar segala aktivitas yang dilakukan mendapat ridho dari NYA. Tanpa berdoa maka hasilnya kurang berkah

Begitu juga dalam kehidupan Nabi Muhammad SAW. Beliau selalu berdo’a sebelum melakukan tindakan apapun. Seperti halnya ketika beliau ingin makan, maka beliau brdo’a terlebih dahulu dan baru memakan makanan yang sudah disediakan. Setelah itu, Nabi Muhammad SAW juga akan membacakan do’a setelah makan sebagai rasa syukur atas nikmat yang diberikan.

8. Menghormati Kedua Orang Tua

Ridho orang tua merupakan ridho Allah SWT, murka orang tua juga merupakan murka Allah SWT. Meskipun nasib Nabi Muhammad SAW yang tidak memiliki kedua orang tua disaat sudah besar, beliau tetap mengajarkan kepada umatnya supaya menghormati orang tua.

Bentuk menghormati kedua orang tua ada banyak hal yang bisa anda lakukan, misalnya ketika masuk ke dalam rumah, anda mengucapkan salam dan mencium tangan orang tua, merawat orang tua ketika sakit dengan sepenuh hati, dan lain-lain. Dengan begitu, kehidupan anda akan menjadi lebih baik.

9. Mempunyai ahklak yang bagus

Hal lain yang harus anda pelajari dari Nabi Muhammad Saw adalah akhlaknya yang baik.

Apalagi seperti yang sudah kita ketahui bahwa Nabi Muhammad diutus ke dunia adalah untuk menyempurnakan akhlak manusia yang saat itu berada pada masa-masa kebodohan

Selain moral yang rusak, akidah pun juga menyimpang jauh dari kebenaran

Bahkan terdapat hadis dari Nabi Muhammad yang inti dari hadis tersebut yaitu orang mukmin yang paling sempurna imannya itu adalah mereka yang mempunyai akhlak yang baik bahkan ditegaskan dengan kata “paling baik akhlaknya”

Akhlak yang baik terdapat disemua elemen yang ada di dunia ini, mulai dari menjaga lisan supaya tidak menyakiti hati orang lain, berhati-hati dalam bertindak, menyenangkan orang lain dan sebagainya.

10. Tidak pernah kasar terhadap istri

Nabi Muhammad Saw. mempunyai akhlah yang baik bahkan kepada istrinya sendiri. Beliau tidak pernah sekalipun bersikap kasar hingga memukul istrinya sendiri

Jangankan memukul istrinya sendiri, bahkan terdapat sebuah hadis yang pada intinya menyebutkan bahwa Nabi Muhammad sendiri tidak pernah memukul pembantu dan orang lain.

11. Amanah

Rasulullah dalam hal apapun selalu amanah, sehingga bukan jadi hal yang aneh apabila mendapat gelar Al-Amin alias orang yang dapat dipercaya.

Nabi Muhammad Saw selalu berusaha menjaga amanah yang diberikan, jika sebuah urusan dipercayakan kepada Rasul maka Rasulullah akan melakukannya sebaik mungkin.

Menjunjung tinggi sifat amanah dalam kehidupan dapat membuat orang-orang merasa nyaman mempercayakan urusan tertentu kepada anda

Contohnya saat anda berjualan pasti pembeli akan menanyakan hal-hal seputar spesifikasi barang tersebut apakah masuk dalam kriteria mereka atau tidak, jika anda berbohong misal mengatakan bawang KW sebagai asli pasti membuat pembeli anda merasa kecewa

12. Membahagiakan istri

Rasulullah merupakan orang yang sangat romantis, baik, dan perhatian terhadap istrinya sehingga jika anda mendengar mengenai cerita-cerita mengenai tingkah Rasul kepada istrinya pasti anda akan kagum dan bahagia.

Banyak sekali hal baik yang dilakukan Rasul kepada istrinya, bahkan sebagian besar dianggap sebagai hal yang sangat romantis bagi kalangan muda saat ini yang memang sedang usia yang jatuh cinta sehingga tak jarang menjadi sedikit baper terhadap Rasulullah.

Beberapa hal yang dilakukan Rasul untuk membahagiakan istrinya seperti :

- Makan berdua bersama istri

Rasulullah sering makan berdua bersama istri, bukan hanya sekedar makan bersama seperti yang sering dilakukan saat ini namun makan bersama tersebut yaitu satu piring berdua bahkan satu gelas.

Hal itu juga terdapat pada salahsatu hadis dari Ibnu Hibban yang intinya yaitu Rasulullah meminum air pada sebuah gelas dimana gelas tersebut adalah gelas bekas istrinya. Tidak hanya itu saja, bahkan Rasul meletakkan bibirnya tepat pada bekas bibir istrinya.

Kejadian seperti itu sangatlah romantis dan dapat membahagiakan istrinya.

- Memuji istri

Semua orang memang akan merasa senang jika dipuji apalagi jika dipuji oleh orang yang disayangnya. Hal itu diterapkan oleh Rasulullah kepada istrinya yaitu dengan memujinya.

Dari hal tersebut pastinya kita sudah mengetahui bahwa terkadang untuk membahagiakan seorang istri tidak usah terlalu banyak beraneka macam. Dengna memujinya, istri pasti sudah akan merasa senang namun tetap jangan melupakan hal yang lainnya.

- Mencium istri

Jika kamu sekarang sudah menikah, pastikan kamu sering mencium istri atau dicium oleh suami karena memang dengan hal tersebut hubungan akan semakin lebih harmonis dan bahagia.

Dengan mencium istri pastilah istri akan semakin merasa tenang dan nyaman berada didekatmu.

Contohlah Rasulullah yang sering mencium istrinya sehingga keadaan rumah tangga akan semakin harmonis dan pastinya hubunganpun akan semakin mesra.

13. Makan menggunakan tangan kanan

Jika kamu ingin mulai membiasakan diri untuk menerapkan sedikit demi sedikit yang dilakukan oleh Rasul, maka kamu harus melakukan hal yang sangat sepele ini.

Kamu harus makan menggunakan tangan kanan, tidak hanya makan saja namun juga minum karena memang itulah yang dilakukan oleh Nabi Muhammad Saw.

Tidak hanya makan dengan tangan kanan saja, namun Rasulullah juga sangat berhati-hati dalam makan. Beliau menggunakan suapan yang kecil dan berusaha menjaga makanan supaya tidak ada yang terjatuh.

Dari situ saja pasti kamu sudah tau apa yang harus kamu lakukan. Kamu sebisa mungkin jangan menyisakan makanan. Untuk memudahkannya kamu harus mengambil makanan secukupnya saja dan jangan berlebihan.

14. Tidak berlebihan dalam marah

Saat kamu sedang marah, pastinya kamu akan merasa sangat jengkel apalagi kita sebagai manusia biasa.

Nah, sebenarnya jika kamu ingin mengikuti sifat dari Nabi Muhammad Saw. kamu harus bisa menjaga diri dari yang namanya marah berlebihan karena Rasulullah tidak akan marah jika tidak ada penyebabnya.

Kemarahan Rasul sendiri juga merupakan sebuah kebenaran karena biasanya disebabkan oleh perkara yang tidak diharapkannya entah menyalahi dari kebenaran maupun menyimpan dari ajaran Agama itu sendiri.

Selain itu, Nabi Muhammad Saw. saat marah tidaklah berkata kasar seperti kebanyakan manusia saat ini. Namun sebaliknya, beliau malah mendoakan orang yang sedang dimarahinya dan itulah akhlak yang sangat terpuji.

15. Menerapkan adab tidur

Tidur yang merupakan hal yang sepele bagi kalangan manusia saat ini ternyata dulunya Rasulullah sangat memperhatikannya bahkan saat mau tidur pun beliau menyiapkan hal-hal didalamnya.

Rasulullah selalu berdoa terlebih dahulu sebelum tidur dan saat hendak tidur pun Rasul meletakkan tangan kanannya menjadi dibawah pipi sebelah kanan alias tidurnya Nabi miring ke kanan.

Selain itu, saat beliau bangun tidur tidaklah langsung melakukan pekerjaan. Namun, beliau juga membaca doa selepas bangun tidur.

Hal ini pastinya bisa kamu terapkan dengan mudah mulai hari ini untuk menjaga adab tidur kita karena Nabi Muhammad Saw. sangat memperhatikan bagaimana tidur beliau dan pastinya sangat bagus untuk kita contoh ssaat ini.

Banyak sekali kebiasaan Nabi Muhammad Saw. yang pastinya tidak akan muat untuk disebutkan satu persatu pada artikel kali ini. Namun, dari beberapa hal diatas saja sudah bisa kamu terapkan secara bertahap.

Namun, pastinya kamu saat menerapkannya jangan lupa untuk tetap istiqomah karena yang istiqomahlah yang akan mendapatkan kemenangan. Oleh sebab itu, kamu harus bisa merasakan kenikmatan saat mulai mengikuti kebiasan-kebiasan abi Muhammad Saw.

Itulah beberapa keteladanan yang dilakukan Nabi Muhammad SAW, dimana anda harus mengikuti ajaran yang dicontohkan dan disampaikan oleh Nabi Muhammad SAW. Dengan begitu, kehidupan anda akan menjadi lebih baik.

 

Oleh Blog Orang IT

Helmy Kurniawan

https://medium.com

 

0 komentar:

Posting Komentar