Senin, 05 Oktober 2020

3 Keutamaan Surat Al Insyirah, Melapangkan Hati dan Membuka Rezeki

 3 Keutamaan Surat Al Insyirah, Melapangkan Hati dan Membuka Rezeki


JAKARTA, iNews.id – Alquran merupakan petunjuk bagi manusia sekaligus mukjizat yang diturunkan Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW. Alquran juga obat dan penenang jiwa. Seluruh surat dalam Alquran memiliki keistimewaan masing-masing.

Salah satunya Surat Al Insyirah atau Alm Nasyroh yang artinya melapangkan. Surat ini termasuk surah Makkiyah dengan jumlah delapan ayat. Surat itu turun sesudah Surat Adh-Dhuha.

Ibnu Katsir dalam kitab Tafsir Ibnu Katsir mengatakan, dari Anas Ibnu Malik pernah menceritakan bahwa Nabi SAW duduk dan di hadapannya terdapat sebuah batu, maka beliau bersabda:

“Seandainya kesulitan datang, lalu masuk ke dalam batu ini, niscaya kemudahan akan datang dan masuk ke dalamnya, lalu mengusirnya. Dan Allah Swt. menurunkan firman-Nya: Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan, sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan". (Alam Nasyrah: 5-6).

Abu Hurairah berkata bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda: "Pertolongan diturunkan dari langit sesuai dengan kadar pembiayaan, dan kesabaran diturunkan sesuai dengan kadar musibah".

Termasuk di antara nasihat yang bersumber dari Imam Syafii disebutkan sebagai berikut:

Bersabarlah dengan kesabaran yang baik, maka alangkah dekatnya jalan kemudahan itu. Barang siapa yang merasa dirinya selalu berada dalam pengawasan Allah dalam semua urusan, niscaya ia akan selamat.

Barang siapa yang membenarkan janji Allah, niscaya tidak akan tertimpa oleh musibah. Dan barang siapa yang berharap kepada Allah, maka akan terjadilah seperti apa yang diharapkan.

Syeikh Muhammad Haqqi An Nazili dalam kitabnya Khazinatul Asror, seperti dikutip Pustaka Ilmu Sunni-Salafiyah (PISS-KTB) mengungkapkan beberapa keutamaan Surat Al Insyirah.

1.Barang siapa membaca surat alam nasyrah maka laksana sowan kepada Rasulullah yang mana Rasulullah dalam keadaan susah maka Rasulullah menjadi bergembira.

2. Barang siapa membaca Surat Alam Nasyrah setiap habis shalat lima waktu maka Allah memudahkan urusannya dan melapangkan atau menghilangkan kesedihannya dan mendapatkan rizki dari jalan yang tidak di sangka-sangka.

3. Sebagian ulama berkata membaca surat alam nasyroh itu memudahkan rizki, melapangkan dada, menghilangkan kesulitan dalam segala urusan dan menghilang rasa malas dalam beribadah dan kegagalan dalam mata pencaharian.

https://jateng.inews.id

1 komentar:

ayo segera bergabung dengan saya di D3W4PK
hanya dengan minimal deposit 10.000 kalian bisa menangkan uang jutaan rupiah
ditunggu apa lagi ayo segera bergabung, dan di coba keberuntungannya
untuk info lebih jelas silahkan di add Whatshapp : +8558778142
terimakasih ya waktunya ^.^

Posting Komentar