Senin, 19 Oktober 2020

Keutamaan Membaca Shalawat, Ibadah yang Sangat Dianjurkan di Hari Jumat

 Keutamaan Membaca Shalawat, Ibadah yang Sangat Dianjurkan di Hari Jumat

 

 

PORTAL JEMBER – Hari Jumat adalah hari terbaik bagi seorang muslim. Karena, hari Jumat memiliki banyak keutamaan dan kebaikan dari Allah SWT.

Ada sejumlah ibadah yang sangat dianjurkan seorang muslim melaksanakannya di hari Jumat. Seperti, membaca Surat Al Kahfi dan memperbanyak membaca shalawat atas Nabi Muhammad SAW.

Khusus shalawat, perintah itu disampaikan Allah SWT dalam Al Quran Surat Al Ahzab ayat 56:

 

إِنَّ اللَّهَ وَمَلائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ يا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيماً

 

“Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman! Bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya.”

Dari ayat tersebut, terungkap betapa utamanya membaca shalawat atas Nabi. Karena Allah SWT dan malaikat saja membaca shalawat atas Nabi.

Dalam hadits yang diriwayatkan Ibnu Mas’ud, Rasulullah Muhammad SAW bersabda:

 

أَوْلَى النَّاسِ بِيْ يَوْمَ الْقِيَامَةِ أَكْثَرُهُمْ عَلَيَّ صَلاَةً

 

“Manusia yang paling utama terhadap diriku pada hari kiamat, ialah manusia yang paling banyak bershalawat untukku.” (HR. Turmudzî).

Baca Juga: Khusus Zona Hijau Masuk Sekolah Mulai 13 Juli 2020, Siswa Hanya Masuk 3 Hari dalam Seminggu

Dalam hadis lainnya disebutkan:

 

عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ عَمْرِو بْنِ الْعَاصِ ، أَنَّهُ سَمِعَ النَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم يَقُولُ : إِذَا سَمِعْتُمُ الْمُؤَذِّنَ فَقُولُوا مِثْلَ مَا يَقُولُ ثُمَّ صَلُّواعَلَيَّ ، فَإِنَّهُ مَنْ صَلَّى عَلَيَّ صَلاَةً ، صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ بِهَا عَشْرًا ، ثُمَّ سَلُوا اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ لِي الْوَسِيلَةَ ، فَإِنَّهَا مَنْزِلَةٌ فِي الْجَنَّةِ لاَ تَنْبَغِي إِلاَّ لِعَبْدٍ مِنْ عِبَادِ اللهِ تَعَالَى ، وَأَرْجُو أَنْ أَكُونَ أَنَا هُوَ ، فَمَنْ سَأَلَ اللَّهَ لِي الْوَسِيلَةَ ، حَلَّتْ عَلَيْهِ الشَّفَاعَةُ.

 

“Diriwayatkan dari Abdullah bin ‘Amr bin al-‘Ash, bahwasanya dia mendengar Nabi SAW bersabda: ‘Bila kalian mendengar seorang muadzin maka ucapkanlah seperti apa yang dia ucapkan kemudian bershalawatlah padaku. Karena sesungguhnya barangsiapa yang bershalawat kepadaku satu kali, maka Allah akan bershalawat kepadanya sebanyak sepuluh kali. Kemudian mintalah wasilah pada Allah SWT untukku. Karena sesungguhnya wasilah itu adalah sebuah tempat di surga yang pantas hanya bagi seorang hamba dari hamba-hamba Allah SWT dan aku berharap akulah hamba tersebut. Barangsiapa yang memintakan wasilah kepada Allah SWT untukku, dia akan mendapatkan syafaat.” (HR Abu Daud)

Dari dua hadits tersebut jelas bahwa sesiapa yang memperbanyak shalawat, ia akan menjadi orang yang paling utama di mata Nabi kelak di hari kiamat. Selain itu, orang tersebut berhak mendapatkan syafaat dari beliau.

Perlu diketahui, sesungguhnya Nabi Muhammad SAW telah menyuruh kita semua untuk memperbanyak shalawat kepadanya kapan saja dan di mana saja.

Ada sebuah hadis yang diriwayatkan dari Abu Hurairah, dalam hadis itu Rasulullah SAW bersabda:

 

لاَ تَجْعَلُوا بُيُوتَكُمْ قُبُورًا ، وَلاَ تَجْعَلُوا قَبْرِي عِيدًا ، وَصَلُّوا عَلَيَّ فَإِنَّ صَلاَتَكُمْ تَبْلُغُنِي حَيْثُ كُنْتُم

 

“Janganlah kamu menjadikan rumah-rumahmu sebagai kuburan, dan janganlah kamu menjadikan kuburanku sebagai persidangan hari raya. Bershalawatlah kepadaku, karena sesungguhnya shalawatmu akan sampai kepadaku di mana saja kamu berada.” (HR. Nasai)

Mengenai keutamaan membaca shalawat di hari Jumat, terungkap dari hadits berikut:

 

عَنْ أَوْسِ بْنِ أَوْسِ عَنِ النَّبِي صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ قَالَ : إِنَّ مِنْ أَفْضَلِ أَيَّامِكُمْ يَوْمَ الْجُمْعَةِ فِيْهِ خُلِقَ آدَمُ عَلَيْهِ السَّلاَمُ وَفِيْهِ قُبِضَ وَفِيْهِ النَّفْخَةُ وَفِيْهِ الصَّعْقَةُ فَأَكْثِرُوْا عَلَيَّ مِنَ الصَّلاَةَ فَإِنَّ صَلاَتَكُمْ مَعْرُوْضَةً عَلَي

 

Artinya: “Diriwayatkan dari Aus bin Aus, dari Nabi SAW. Beliau bersabda, ‘Sesungguhnya termasuk paling utama dari hari-harimu adalah hari Jumat. Di hari itu Nabi Adam as. diciptakan dan diwafatkan. Di hari itu ditiupnya sangkakala yang pertama dan yang kedua kalinya. Maka perbanyaklah shalawat atasku. Karena sesungguhnya shalawatmu diperlihatkan kepadaku…” (HR. Nasai)

Keutamaan lainnya adalah, seperti dalam hadits riwayat Muslim dari Abu Hurairah:

 

مَنْ صَلَّى عَلَىَّ وَاحِدَةً صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ عَشْرًا

 

“Barangsiapa bershalawat untukku sekali, niscaya Allah bershalawat untuknya sepuluh kali.” (HR. Muslim)

Rasulullah juga bersabda:

 

مَنْ صَلَّى عَلَيَّ صَلاَةً وَاحِدَةً صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ عَشْرَ صَلَوَاتٍ ، وَحَطَّ عَنْهُ بِهَا عَشْرَ سَيِّئَاتٍ ، وَرَفَعَهُ بِهَا عَشْرَ دَرَجَاتٍ

 

“Barangsiapa bershalawat kepadaku satu kali, maka Allah akan bershalawat kepadanya sebanyak sepuluh kali dan Allah akan menghapus sepuluh keburukan darinya serta mengangkatnya sepuluh darajat.” (HR Nasai dari Anas bin Malik)

Dengan mengetahui keutamaan membaca shalawat, semoga kita selalu tergerak untuk membacanya.***

https://portaljember.pikiran-rakyat.com

 

0 komentar:

Posting Komentar