Kamis, 18 Agustus 2022

Bersyukur Kepada Allah

Bersyukur Kepada Allah

 

Luar biasa, ketika mengikuti salah satu pengajian yang diselenggarakan oleh teman-teman entrepreneur yang berhubungan dengan syukur kepada Allah SWT. Ada satu sumber yang selalu disampaikan oleh teman-teman pengajian yaitu “nikmat Allah yang mana lagi yang engkau dustakan?”. Hmmm…. Hal ini benar-benar memberikan sebuah peringatan kepada setiap umat muslim apalagi pada para entrepreneur muda muslim.

Saya benar-benar terdiam dengan ayat tersebut dan sejatinya saya seringkali melupakan nikmat Allah SWT yang diberikan kepada saya sebagai seorang entrepreneur. salah satu nikmat yang paling utama adalah bagaimana Allah SWT sudah memberikan islam kepada saya sebagai agama saya dan menjadikan fikiran untuk menggunakan Alqur’an dan hadis Rasulullah untuk menjadi dasar saya menjalani hidup dan bisnis ini.

Hmmm… saya jadi teringat bagaimana saya membangun bisnis ini sejak tahun 2009 yang dimulai dari membangun sebuah portal dan memberikan pelayanan kepada orang lain berupa pemikiran saya. Allah sudah memberikan berbagai nikmat kemampuan untuk berfikir dan membuat sebuah produk dari ilmu yang sudah diberikan oleh Allah SWT. Sampai saat ini, nikmat berupa pemikiran itu masih saya manfaatkan untuk layanan kepada orang lain.

Oleh karena itu, saya mengingatkan diri sendiri dan teman-teman entrepreneur muda muslim lainnya, marilah kita selalu bersyukur atas nikmat Allah yang sudah diberikan kepada kita. nikmat yang pastinya tidak akan pernah bisa dituliskan, meskipun pensilnya seluruh pohon di dunia dan air laut menjadi tinta untuk menuliskannya. Tidak akan pernah cukup untuk menuliskan berapa banyak nikmat yang sudah diberikan Allah SWT kepada kita.

Disinilah seorang entrepreneur muda muslim harus berfikir tentang besarnya nikmat Allah SWT dan bersyukur. Entrepreneur muda muslim harus selalu mengucapkan syukur Alhamdulillah kepada Allah SWT. Zikir yang diperbanyak dengan mengingat Allah SWT karena hati setiap entrepreneur akan tenang dan pastinya akan selalu dekat dengan Allah.

Bentuk lainnya adalah selalu menjauhi larangan Allah SWT yang sudah jelas-jelas dituliskan dalam Alquran dan dijelaskan di sunnah Rasul. Apalagi bagi para entrepreneur yang banyak mendapatkan godaan untuk melakukan tindakan yang merugikan diri ataupun orang lain. Yang terakhir adalah memanfaatkan nikmat Allah SWT ini berbuat baik pada diri dan orang lain melalui bisnis yang dijalankan oleh para entrepreneur. disinilah yang saya pahami sebagai seorang entrepreneur muda muslim bersyukur kepada Allah SWT.

 

Penulis : Dr. Meriza Hendri, S.IP, MM

merizahendri.com

https://opop.jabarprov.go.id

 

0 komentar:

Posting Komentar