Sabtu, 21 April 2018

Dzikir Ringan Namun Berat di Timbangan


Dzikir Ringan Namun Berat di Timbangan


Dzikir Ringan Tapi Berat Timbangan 2 Kalimat Ringan Di Lisan Bacaan  Paling Berat Timbangan Dhikir Djikir

Dzikir ini ringan, pasti mudah kita amalkan. Ini adalah rangkaian dari kajian Riyadhus Sholihin dari Kitab Al-Adzar.

(Hadits no. 1408) Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,


كَلِمَتَانِ خَفِيفَتَانِ عَلَى اللِّسَانِ ، ثَقِيلَتَانِ فِى الْمِيزَانِ ، حَبِيبَتَانِ إِلَى الرَّحْمَنِ سُبْحَانَ اللَّهِ وَبِحَمْدِهِ ، سُبْحَانَ اللَّهِ الْعَظِيمِ


“Dua kalimat yang ringan di lisan, namun berat dalam timbangan (amalan) dan dicintai oleh Ar-Rahman, yaitu subhanallahi wa bihamdih, subhanallahil ‘azhim (Maha Suci Allah, segala pujian untuk-Nya. Maha Suci Allah Yang Maha Mulia).” (HR. Bukhari, no. 6682 dan Muslim, no. 2694)

Penjelasan:

Boleh menggunakan kalimat bersajak selama tidak menyusah-nyusahkan diri.
Penetapan sifat cinta (mahabbah) bagi Allah.

Adanya mizan (timbangan) dan amalan manusia akan ditimbang pada hari kiamat.
Amalan itu punya berat dalam timbangan. Bisa jadi yang ditimbang adalah amalan itu sendiri yang dibentuk lalu ditimbang, bisa jadi pula catatan amalan, atau bisa pula kedua-duanya.

Besarnya kasih sayang Allah karena amalan yang ringan dibalas dengan balasan yang banyak.

Kita didorong untuk membiasakan dzikir ini karena begitu ringan di lisan.

Imam Bukhari sangatlah cerdas. Kitab shahihnya, ia awali dengan hadits niat yang menuntut kita untuk ikhlas dalam beramal. Sedangkan penutup kitab shahihnya, beliau tutup dengan hadits ini untuk menunjukkan bahwa penutup kehidupan adalah dengan dzikir pada Allah. Ini menunjukkan akan baiknya akhir amalan. Kita juga memohon pada Allah husnul khotimah, akhir hidup yang baik.

Oleh Muhammad Abduh Tuasikal, MSc 

Referensi:
Bahjah An-Nazhirin Syarh Riyadh Ash-Shalihin. Syaikh Salim bin ‘Ied Al-Hilali. Penerbit Dar Ibnul Jauzi. 2:445.

Alfawaid Al-Mustambatoh min Ahadits Kitab At-Tauhid min Kitab At-Tajrid Ash-Sharih. Syaikh ‘Abdurrahman bin Nashir Al-Barrak. (berupa makalah daurah saat penulis belajar di Riyadh-KSA. Diterjemahkan oleh penulis dalam buku Sembilan Mutiara Faedah, Penerbit Rumaysho – hubungi 085200171222).



0 komentar:

Posting Komentar