Selasa, 01 Desember 2020

Empat Amalan yang Sering Diremehkan, Simak Pengaruhnya Bagi Hidup Kita

 Empat Amalan yang Sering Diremehkan, Simak Pengaruhnya Bagi Hidup Kita


RINGTIMES BANYUWANGI – Setiap muslim hendaknya memperhatikan amalan-amalan wajib maupun sunnah, baik itu amalan kecil maupun besar yang akan membawa manfaat bagi kehidupan kita di dunia maupun di akhirat kelak.

Namun terkadang, amalan-amalan kecil acapkali kita tinggalkan karena dianggap hal sepele. Pada kenyataannya, amalan-amalan yang sering kita diremehkan itu memiliki pengaruh besar dalam kehidupan kita.

Seperti yang di jelaskan oleh Syekh Ali Jaber di Chanel Youtube @Masjid Daarut Tauhid. Ia menjelaskan enam amalan penting yang sering diremehkan.

Berikut enam amalan penting seperti yang dijelaskan Syekh Ali Jaber;

1. Membaca Alquran

Alasan tidak bisa membaca dan tidak mengetahui artinya sehingga banyak orang yang tidak membaca Alquran.

“Seperti yang dijanjikan oleh Allah SWT dan Rasulullah SAW. Setiap satu huruf 10 kebaikan, bukan setiap amal. Semua hitungannya dengan amal, Salat lima waktu dapat amal, Salat duha dapat pahalanya, Salat qiyamul lail ada pahalanya, sunnah fajar sesudah adzan sebelum Salat itu pahalanya sama dengan dunia dan seisinya”.

2. Doa Adzan

Merupakan panggilan Allah, dalam sehari kita mendengarkan adzan 5 kali, namun seringkali kita menjumpai beberapa orang yang sangat sibuk dengan Hpnya dan pekerjaanya.

Barang siapa kata Rasulullah SAW mengikuti perkataan muadzin, karena ketika mengucap kita harus bergerak menuju masjid untuk datang terhadap panggilan Allah.

Menurut hadist yang diriwayatkan Imam Bukhari, selepas itu kita bershalawat kepada Nabi Muhammad SAW. Kemudian kita ucap doa Adzan.

Jadi, jangan sampai ketika mendengar adzan kita sia-siakan doa tersebur, meski hanya sederhana dan pasti semua orang menghafalnya. Karena jika kita mengikuti perkataan muadzin, kita akan mendapatkan syafaat Rasulullah SAW di akhirat nanti.

3. Jangan Tinggalkan Sunnah Qobliyah Subuh

Meski kita malas ketika menjalankan sunnah qobliyah ba’diyah, dan malas saat menjalankan sunnah-sunnah, minimal jangan tinggalkan sunnah Subuh karena pahalanya lebih besar dari pada dunia dan isinya.

Seperti kata Rasulullah dalam hadist yang shahih, meskipun kita telat bangun atau bahkan kesiangan saat akan menjalankan Salat Subuh, boleh mengambil air wudhu dan melaksanakan sunnahnya, kemudian Subuhnya tetapi jangan terlalu sering.

 4. Ayat Kursi

Jangan sampai kita meninggalkan Ayat Kursi seusai sholat wajib maupun sebelum tidur.

Ketika kita membaca Ayat Kursi selepas Salat wajib, kita akan mendapatkan pahala yakni mampu membawa kita ke Surga tanpa halangan apapun kecuali menunggu mati. ***

Sophia Tri Rahayu

https://ringtimesbanyuwangi.pikiran-rakyat.com

 

1 komentar:

Untuk mempermudah kamu bermain guys www.fanspoker.com menghadirkan 6 permainan hanya dalam 1 ID 1 APLIKASI guys,,,
dimana lagi kalau bukan di www.fanspoker.com
WA : +855964283802 || LINE : +855964283802

Posting Komentar