Selasa, 08 Desember 2020

Indahnya Keutamaan Berjalan ke Masjid untuk Ibadah

 Indahnya Keutamaan Berjalan ke Masjid untuk Ibadah

 

Sobat Moslem, setiap kebaikan yang kita lakukan karena Allah SWT, Insya Allah akan dibalas dengan kebaikan yang berkali-kali lipat.

Tidak hanya sholat berjamaah di masjid yang akan mendapatkan pahala dan keutamaan.

Bahkan, berjalan ke masjid untuk melaksanakan sholat berjamaah juga akan Allah balas dengan pahala yang berlipat-lipat. Berdasarkan hadits dari Abu hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda,

“Shalatnya seseorang dalam jamaah akan dilipatgandakan (pahalanya) 25 kali dibanding sholatnya di rumah atau di tokonya, yakni bila ia berwudhu dengan sebaik-baiknya, lalu keluar menuju masjid hanya karena sholat bukan hal lain, maka pada setiap langkah derajatnya dinaikkan dan dosanya dihapuskan…”. (HR. Bukhari dan Muslim)

Keutamaan Berjalan Ke Masjid untuk Sholat

Ada ketulusan niat dan keikhlasan yang terpacar dalam setiap langkah seorang hamba yang berjalan ke masjid.

Bahkan kita saja perlu mengakui tak ada yang lebih indah adanya pancaran ikhlas dalam perjalanan melakukan ibadah untuk menghadap pada Sang Pencipta.

Berikut beberapa keutamaan melangkahkan kaki menuju masjid bagi kita, yaitu:

Setiap langkah akan ditinggikan derajat dan dihapuskan dosa

Ada beberapa hadits yang menjelaskan soal poin di mana kita akan ditinggikan derajatnya serta dihapuskan dosanya bila berjalan menuju masjid untuk ibadah.

“Jika dia berwudhu dengan menyempurnakan wudhunya kemudian keluar dari rumahnya menuju masjid, dia tidak keluar kecuali untuk melaksanakan sholat berjama’ah, maka tidak ada satu langkah pun dari langkahnya kecuali akan ditinggikan satu derajat, dan akan dihapuskan satu kesalahannya.” (HR. Al-Bukhari no. 131 dan Muslim no. 649).

Maka, hendaklah wudhu dilakukan di rumah, sehingga pada saat kita menuju masjid sudah dalan keadaan wudhu yang sempurna.

Setiap langkah menuju masjid adalah sedekah

Sejatinya sedekah bukan sekadar mengeluarkan atau menyumbangkan harta, ada makna yang lebih luas dalam hal ini yakni sedekah mencakup segala amal atau perbuatan baik.

Adapun setiap langkah kita hendak beribadah amalannya pun sebaik kita bersedekah. Sebuah hadits berbunyi,

“Setiap langkah berjalan untuk menunaikan sholat adalah sedekah.” (HR. Muslim no. 2382)

Menjadi tamu istimewa Allah di surga kelak

Dambaan setiap muslim beriman ialah kembali ke sisi Allah dalam keadaan yang bahagia dan diterima di surga-Nya.

Pahala orang yang senantiasa melangkahkan kaki ke masjid berkaitan dengan sebuah hadits,

“Barangsiapa menuju masjid pada waktu pagi hari atau sore hari maka Allah akan memberikan jamuan hidangan baginya di surga pada setiap pagi dan sore.” (HR. Al-Bukhari no. 148 dan Muslim no. 669)

Mendapatkan cahaya yang sempurna di hari kiamat

Hari kiamat sudah digambarkan dalam Alquran seperti apa kedatangannya, dan ada sebagian orang yang tak luput mendapatkan cahaya yang baik. Rasulullah bersabda,

“Berilah kabar gembira bagi orang-orang yg berjalan kaki dalam kegelapan malam menuju masjid-masjid akan mendapat cahaya yang sempurna pada hari kiamat nanti.” (Shahih Sunan Abu Dawud 561 & Shahih sunan At Tirmidzi 223, Mustadrak Al Hakim 1/332, shahih berdasarkan syarat Bukhori Muslim).

Begitu luar biasanya kasih sayang Allah bagi orang-orang yang mau melangkahkan kakinya berjalan ke masjid hendak melaksanakan sholat, sehingga Allah menjanjikan kepada mereka berbagai macam keutamaan tersebut.

Hanya orang-orang yang berimanlah yang mampu melakukannya, karena sangat yakin bahwa janji Allah pasti akan dipenuhi oleh-Nya.

https://umma.id

 

 

0 komentar:

Posting Komentar