Rabu, 20 Mei 2020

Keutamaan Malam Lailatul Qadar, Malam Pahala 1000 Bulan


Keutamaan Malam Lailatul Qadar, Malam Pahala 1000 Bulan


Tidak terasa, ternyata kita sudah memasuki 10 hari terakhir di bulan Ramadhan tahun ini. Di sepertiga waktu terakhir puasa inilah hadirnya malam yang sangat istimewa. Apa sih keutamaan malam Lailatul Qadar ini?

Lailatul Qadar menjadi malam yang istimewa karena ibadah yang dilakukan pada malam tersebut sama dengan pahala ibadah selama 1000 bulan.  Hal ini tercantum dalam Al-Quran Surah Al-Ma’un ayat 1-5 yang artinya:

“Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Quran) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.”

Mudah bukan untuk meraih keutamaan malam Lailatul Qadar ini? Belum tentu! Ternyata malam istimewa ini tersembunyi di 10 hari terakhir bulan Ramadhan. Rasulullah SWT bersabda: “Carilah malam Lailatul Qadar di malam ganjil dari sepuluh terakhir bulan Ramadhan.” (HR. Imam Bukhari).

Alam turut bertasbih menyambut malam mulia ini-toppng.com
Pentingnya malam ini juga disebutkan dalam hadits Rasulullah Saw lainnya:
Barang siapa melaksanakan shalat pada malam Lailatul Qadar karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni (HR. Bukhari).

APA SAJA KEUTAMAAN MALAM LAILATUL QADAR

Malam yang lebih baik dari seribu bulan
Seperti yang tela disebutkan sebelumnya, malam Lailatul Qadar adalah malam yang istimewa. Segala kebaikan yang dilakukan pada malam ini akan mendapatkan balasan beberapa kali lipat. Bayangkan saja jika 1 rakaat shalat yang kamu lakukan di malam Lailatul Qadar setara dengan shalat selama 1000 bulan?

Turunnya malaikat ke bumi

Keutamaan malam Lailatul Qadar lainnya adalah turunnya para malaikat, termasuk malaikat Jibril. Padahal malaikat Jibril telah selesai melaksanakan tugasnya untuk menyampaikan wahyu setelah Rasulullah Saw meninggal.

Keistimewaan malam yang penuh kemuliaan ini ternyata mempengaruhi kondisi alam. Bumi seolah berhenti, kebisingan mendadak hening, hembusan angin solah berhenti, hingga bintang pun tak terdengar. Tingginya keutamaan malam Lailatul Qadar membuat alam seperti mencoba untuk bersujud untuk meraih kebaikan dari malam ini.

Amalan di malam Lailatul Qadar

Banyak sekali amalan yang bisa dilakukan di malam Lailatul Qadar. Untuk meraih malam yang istimewa ini, ada beberapa amalan malam Lailatul Qadar yang bisa kamu lakukan, antara lain:

·         I’TIKAF

Agar ibadah yang dilakukan pada 10 hari terakhir Ramadhan ini bisa dilakukan dengan lebih khusyuk, banyak umat muslim yang berdiam diri atau beritikaf di masjid. Selama beritikaf, umat muslim dapat melakukan berbagai kegiatan ibadah seperti shalat, zikir, atau membaca Al-Quran.

·         PERBANYAK DOA

Di 10 hari terakhir Ramadhan kali ini, kamu bisa memperbanyak doa, khususnya di sepertiga malam terakhir. Tundukkan kepala dan panjatkan doa seperti yang diajarkan oleh Rasulullah Saw. Sesuai dengan hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah, dan disahihkan oleh Al-Albani, yang berbunyi:

Aisyah berkata, “Wahai Rasulullah, apa pendapatmu jika aku ketepatan mendapatkan malam Lailatul Qadar, apa yang harus aku ucapkan?”, Beliau menjawab: “Ucapkanlah, Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu anna” (Ya Allah, sesungguhnya Engkau maha pemaaf mencintai kemaafan, maka maafkanlah aku).”

·         MEMBACA AL-QURAN

Dengan melantunkan ayat-ayat Ilahi ini bisa menjadi salah satu bentuk amalan untuk meraih keutamaan malam Lailatul Qadar. Walau kamu hanya dapat membaca satu ayat Al-Quran, di malam Lailatul Qadar, kebaikan yang kamu terima seperti membaca satu ayat tersebut selama lebih dari 80 tahun.

Jangan patah semangat jika kamu masih terbata-bata saat membaca Al-Quran. Satu huruf yang kamu baca dari kitab suci umat Islam ini akan mendapatkan balasan kebaikan yang sama.

·         MEMPERBANYAK TAUBAT

Manusia adalah ladangnya dosa. Tak ada satu pun yang luput dari kesalah dalam hidupnya. Karena itu, jadikan momen di sepertiga terakhir bulan Ramadhan ini untuk memohon ampunan Allah SWT atas kesalahan yang pernah kita lakukan, baik besar maupun kecil.

Ustad Adi Hidayat menjelaskan dalam kanal Youtubenya bahwa orang yang bertobat di malam Lailatul Qadar akan dihapuskan dosanya di masa lalu. Bertaubat yang dimaksudkan adalah dengan memohon ampunan pada Allah SWT tanpa berusaha untuk mengulangi kesalahan tersebut.

·         MENDIRIKAN SHALAT MALAM

Salah satu bentuk ibadah terbaik untuk meraih keutamaan malam Lailatul Qadar adalah dengan mendirikan shalat malam. Ibadah ini lebih utama dilakukan setelah kamu tidur dulu sejenak. Sebelum waktu sahur, bangun dari tidur, berwudu, dan dirikanlah shalat malam.

Jangan lewatkan momen malam Lailatul Qadar ini. Perbanyak ibadah untuk meraih keutamaan malam Lailatul Qadar di Ramadhan kali ini. Jangan lupa berdoa agar kondisi Indonesia semakin membaik dan pandemi virus Corona segera berakhir.




0 komentar:

Posting Komentar