Rabu, 13 Mei 2020

Ahli Gizi Ungkap Khasiat Minum Rendaman Air Kurma dan Daging Buahnya


Ahli Gizi Ungkap Khasiat Minum Rendaman Air Kurma dan Daging Buahnya


BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Dewasa ini, air mineral yang ditambahkan potongan buah atau yang popular disebut infused water merupakan tren baru di kalangan masyarakat.

Namun bagi umat Islam, air infus bukanlah hal yang baru.
Di masanya, Rasulullah SAW sangat menyukai air rendaman kurma yang disebut air naqi, terkenal pula dengan sebutan air nabeez.

Rissa Saputri SGz, Ahli Gizi RSUD dr H Moch Ansari Saleh, menjelaskan, cara membuat air naqi adalah dengan merendam beberapa butir kurma yang sudah dibuang bijinya, dengan air mineral di dalam wadah tertutup selama kurang lebih 12 jam.

Mengapa kita sebaiknya menyebut air rendaman kurma sebagai air naqi? Rasulullah tidak menganjurkan umat Islam untuk mengkonsumsi air nabeez yang telah mengalami fermentasi karena akan menjadi anggur dan memiliki efek memabukkan.

Dijelaskan Rissa, berdasarkan penelitian Indrayani, dkk (2018) yang berjudul “How do Muslims consume dates?” menjelaskan bahwa istilah Nabeez lebih sering digunakan untuk menyebut air buah yang telah difermentasi dan memiliki efek memabukkan, sedangkan istilah Naqi lebih sering digunakan untuk menyebut air rendaman kurma yang belum difermentasi.

Dari ‘Amr bin ‘Auf bin Zaid al-Muzani RA, Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang menghidupkan satu sunnah dari sunnah-sunnahku, kemudian diamalkan oleh manusia, maka dia akan mendapatkan (pahala) seperti pahala orang-orang yang mengamalkannya, dengan tidak mengurangi pahala mereka sedikit pun“.

Mengkonsumsi air Naqi disertai niat menghidupkan Sunnah Rasulullah SAW sangat dianjurkan bagi umat muslim, terutama di bulan Ramadhan untuk mendapatkan keberkahan dan pahala yang berlipatganda.

Pada dasarnya, air Naqi memiliki kandungan dan manfaat yang sama dengan kurma.
Perbedaan hanya terletak dari cara mengambil manfaatnya saja.

"Mengkonsumsi air Naqi, manfaat kurma didapat dengan lebih mudah yaitu dengan minum airnya saja," papar Risa yang tercatat sebagai mahasiswa Pascasarjana Fakultas Kedokteran, Keperawatan, dan Kesehatan Masyarakat (FK-KMK) Univ Gadjah Mada Yogyakarta.

Namun, sebaiknya daging buah kurma di dalam air Naqi juga tetap dikonsumsi, karena cara terbaik untuk mendapatkan manfaat buah adalah dengan memakannya langsung.

Kurma merupakan sumber energi terbaik karena mengandung karbohidrat tinggi dan mudah diserap oleh tubuh sehingga baik dikonsumsi pada saat berbuka puasa.

Kurma mengandung serat, kaya antioksidan, vitamin A, vitamin C, vitamin B kompleks, dan 17 jenis mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.

Berbagai penelitian juga membuktikan khasiat kurma terhadap berbagai manfaat seperti meningkatkan daya tahan tubuh, produksi sel darah merah, mencegah sembelit, mengontrol gula darah, menjaga pembuluh darah dan jantung, berperan sebagai prebiotic yaitu makanan bagi bakteri baik di usus, dan sangat bermanfaat dalam pencegahan dan pengobatan kanker.

(banjarmasinpost.co.id/dea)

Penulis: Salmah
Editor: Edinayanti
Rissa Saputri



1 komentar:

ayo segera bergabung dengan saya di D3W4PK
hanya dengan minimal deposit 10.000 kalian bisa menangkan uang jutaan rupiah
ditunggu apa lagi ayo segera bergabung, dan di coba keberuntungannya
untuk info lebih jelas silahkan di add Whatshapp : +8558778142
terimakasih ya waktunya ^.^

Posting Komentar