Senin, 11 Mei 2020

7 Manfaat Nabeez atau Air Rendaman Kurma bagi Kesehatan


7 Manfaat Nabeez atau Air Rendaman Kurma bagi Kesehatan


Nabeez atau air rendaman kurma bisa sehatkan tubuh dan cegah berbagai penyakit. Simak manfaat infused water kurma selengkapnya!

Kurma adalah tanaman palma yang biasanya berwarna cokelat. Meskipun tidak diketahui tempat pertumbuhan asalnya, tanaman ini diprediksi budi dayanya berasal dari daratan di sekitar Teluk Persia atau Teluk Arab.

Buah dalam bahasa Inggris date palm ini sering disebut-sebut sebagai buah daratan Timur yang kaya akan khasiatnya, loh. Tidaklah mengherankan bahwa kurma dijadikan sebagai makanan pokok di sejumlah daerah Timur Tengah dan Afrika Selatan.

Juga, tidak sedikit orang yang menjadikan kurma sebagai salah satu produk kesehatan. Salah satunya adalah campuran infused water.

Infused water kurma atau populernya bernama air nabeez merupakan air rendaman kurma yang memiliki sejumlah khasiat dan manfaat.

Barangkali, Toppers merasa asing dengan penggunaan kurma sebagai campuran infused water, namun sebenarnya manfaat air rendaman kurma sudah dikenal sejak dahulu kala.
Apa saja manfaat infused water kurma atau air nabeez? Simak bermacam manfaatnya sebagai berikut!

Manfaat Infused Water Kurma

1. Detoksifikasi Tubuh

Manfaat pertama, namun bukan yang utama dari air nabeez, adalah membantu tubuh dan sistem pencernaan. Manfaat air nabeez ini akan mengurangi kadar racun yang  ada di dalam tubuh. Pasalnya, air nabeez mengandung alkali dan memiliki sifat detoksifikatif.

Dengan meminum air rendaman kurma, tubuh akan menjadi semakin bersih dari racun-racun yang berisiko menimbulkan bahaya dan penyakit.

Selain itu, air nabeez mampu membantu tubuh untuk membuang kandungan asam lambung yang berlebihan, serta memulihkan sekaligus membersihkan sistem pencernaan tubuh.

2. Kaya Nutrisi

Nutrisi yang terkandung di dalam kurma jumlahnya tidak sedikit, melainkan sebaliknya; banyak. Ada folat, asam pantotenat, vitamin A, vitamin C, vitamin K, kalium, sodium, fosfor, magnesium, zat besi, dan masih banyak lagi.

Bahkan, kandungan kalori kurma lebih tinggi dari buah segar lainnya, lho. Karena nutrisinya yang sangat baik dan banyak, manfaat air rendaman kurma tidak perlu diragukan lagi.

Plus, minuman bernutrisi nan manis alami ini mampu menyegarkan dahaga dan tubuh. Toppers pun akan mendapatkan tenaga ekstra untuk menjalankan aktivitas harian.

3. Melawan Kolesterol Jahat

Serat tinggi yang dimiliki infused water kurma menjadikan minuman bernutrisi ini sebagai rendaman air kurma yang ampuh untuk melawan kolesterol jahat atau LDL (Low-Density Lipoprotein).

Pengonsumsian infused water menjadi salah satu cara sehat, lezat, dan nikmat untuk mengurangi kadar kolesterol jahat. Apalagi, kolesterol jahat berisiko menyebabkan serangan jantung, stoke, dan penyakit jantung lainnya.

Sementara itu, infused water kurma pun memiliki kandungan serat yang tinggi, sehingga ampuh mengatasi masalah konstipasi, seperti sembelit dan sejenisnya.

4. Meningkatkan Fungsi Otak

Sebelumnya telah dikatakan bahwa salah satu kandungan kurma adalah kalium. Ya, kurma memang mengandung kalium dan inilah yang amat membuatnya begitu istimewa.

Kandungan kalium pada kurma sangatlah banyak. Hasilnya, tubuh akan lebih mudah menyerap oksigen dan menyebarkannya ke otak.

Penyerapan dan penyebaran oksigen yang baik di dalam otak akan meningkatkan fungsi organ vital ini. Aktivitas otak akan semakin membaik, termasuk proses mengingat, berpikir, merespons, dan sebagainya.

5. Stabilisasi Tekanan Darah

Bagi kamu yang bermasalah dengan tekanan darah, rutinlah meminum infused water kurma. Manfaat infused water kurma perihal menstabilkan tekanan darah sudah teruji secara klinis.

Ahli kesehatan dan ahli gizi pun menganjurkan minuman ini untuk dikonsumsi secara rutin. Sumber manfaatnya terletak pada kandungan potassium yang banyak ditemukan di dalam kurma.

Jadi, hal itu dapat membantu proses stabilisasi tekanan darah dan mengatur performa jantung. Potassium sangatlah dibutuhkan tubuh. Tanpa potasium yang cukup, tubuh akan mudah kelelahan.

6. Meningkatkan Resistensi Tubuh

Air rendaman kurma pun mengandung suatu mineral yang disebut iron atau zat besi. Zat besi bekerja untuk membantu proses penyerapan protein, metabolisme tubuh, mengatur produksi hemogloblin dan sel darah merah, serta meningkatkan resistensi tubuh.

Kondisi tubuh yang baik akan meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga tubuh akan semakin kuat melawan berbagai risiko penyakit.

7. Baik bagi Ibu Hamil

Kurma dapat menguatkan dan melenturkan otot-otot yang terdapat pada bagian uterus. Nantinya, kurma dapat mempermudah pelebaran mulut rahim, sehingga mengurangi induksi persalinan.

Selain itu, nutrisi yang terkandung di dalam kurma pun bagus untuk memperkaya air susu ibu. Oleh karena itu, ibu yang menyusui direkomendasikan untuk mengonsumsi kurma atau meminum air rendaman kurma.

Di luar dari tujuh manfaat tersebut, sebenarnya kurma masih memiliki sejumlah manfaat lainnya. Juga, manfaat kurma bukan hanya sebatas pada produk kesehatan saja, tetapi juga digunakan sebagai bahan dasar produk-produk kecantikan.

Konsumsilah minuman bernutrisi ini secara rutin, lalu dapatkan sejumlah manfaat infused water kurma terhadap tubuhmu, Toppers!

Penulis: Ichsan Andi Lubis


1 komentar:

ayo segera bergabung dengan saya di D3W4PK
hanya dengan minimal deposit 10.000 kalian bisa menangkan uang jutaan rupiah
ditunggu apa lagi ayo segera bergabung, dan di coba keberuntungannya
untuk info lebih jelas silahkan di add Whatshapp : +8558778142
terimakasih ya waktunya ^.^

Posting Komentar