KEUTAMAAN SURAT AL
FATIHAH
(Bersandarkan kepada dalil-dalil yang shahih)
Banyak sekali tersebar diberbagai kitab tentang keutamaan
surat dalam Al-Qur’an, diantaranya ada yang shahih dan ada yang dha’if. Maka
dalam kesempatan yang terbatas ini kita akan sedikit membahas seputar keutamaan
surat al-Fatihah yang bersandar kepada dalil-dalil yang shahih.[1]
Allah mengutus malaikat yang belum pernah turun kebumi,
dan turun melewati pintu langit yang belum pernah dibuka.[2]
عَنِ
ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ بَيْنَمَا جِبْرِيلُ قَاعِدٌ عِنْدَ النَّبِىِّ -صلى الله
عليه وسلم- سَمِعَ نَقِيضًا مِنْ فَوْقِهِ فَرَفَعَ رَأْسَهُ فَقَالَ هَذَا بَابٌ
مِنَ السَّمَاءِ فُتِحَ الْيَوْمَ لَمْ يُفْتَحْ قَطُّ إِلاَّ الْيَوْمَ فَنَزَلَ
مِنْهُ مَلَكٌ فَقَالَ هَذَا مَلَكٌ نَزَلَ إِلَى الأَرْضِ لَمْ يَنْزِلْ قَطُّ
إِلاَّ الْيَوْمَ فَسَلَّمَ وَقَالَ أَبْشِرْ بِنُورَيْنِ أُوتِيتَهُمَا لَمْ
يُؤْتَهُمَا نَبِىٌّ قَبْلَكَ فَاتِحَةُ الْكِتَابِ وَخَوَاتِيمُ سُورَةِ
الْبَقَرَةِ لَنْ تَقْرَأَ بِحَرْفٍ مِنْهُمَا إِلاَّ أُعْطِيتَهُ.
“Dari Ibnu
‘Abbas –radhiyallahu ‘anhu- beliau berkata: saat Jibril duduk disamping Nabi
–shallallahu ‘alaihi wa sallam- mendengar suara[3] dari atasnya maka dia
menengadahkan kepalanya dan berkata: -suara- ini adalah salah satu pintu langit
yang dibuka hari ini, belum pernah dibuka kecuali hari ini. Maka turunlah
seorang malaikat , dia berkata: ini adalah seorang malaikat yang turun kebumi,
dimana dia sama sekali belum pernah kebumi kecuali hari ini, kemudian malaikat
itu mengucap salam dan berkata: berilah dengan kabar gembira dengan dua cahaya
ini yang telah diberikan padamu, yang tidak pernah diberikan kepada nabi
sebelummu, surat al-Fatihah dan akhir ayat al-Baqarah, tidaklah engkau
membacanya kecuali akan diberikan.” (H.R. Muslim)
Diturunkan
dari bawah perbendaharaan ‘Arsy.
عَنْ أَبِي أُمَامَةَ قال :
أَرْبعُ آياتٍ مِنْ كَنْزِ الْعَرْشِ لَيْسَ يَنْزِلُ مِنْهُ شَيْءٌ غيرُهن غيرُ
أمِّ الكِتَابِ فَإِنَّهُ يَقُوْلُ: وَإنَّهُ فِي أُمِّ الْكِتَابِ لَدَيْنَا
لعَلِيٌّ حَكِيْمٌ ، وآيةُ الْكُرْسِي ، وَخَاتِمَةُ سُوْرَةِ الْبَقَرَةِ،
وَاْلكَوْثَر.
“Dari Abu
Umamah beliau berkata: ada empat ayat yang turun dari perbendaharan ‘Arsy,
tidak ada yang turun darinya selain yang empat ini. Surat al-Fatihah, ayat
kursi, akhir surat al-Baqarah, dan surat al-Kautsar.” (H.R at-Thabarâniy,
dengan syawahid yang menguatkan keshahihannya seperti al-Baihaqiy dll)[4]
Iblis
menjerit saat diturunkannya surat al-Fatihah.
عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ
: رَنَّ إِبْلِيسُ حِيْنَ أُنزِلَتْ فَاتِحَةُ الْكِتَابِ
“Dari Abu
Hurairah –radhiyallahu ‘anhu- beliau berkata: Iblis menjerit saat turunnya
surat al-Fatihah.” (H.R Ibnu Abi Syaibah dengan sanad yang shahih)[5]
Tidak
pernah diturunkan pada kitab lain.
عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ ،
أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ خَرَجَ عَلَى أُبَيِّ بْنِ
كَعْبٍ ، فَقَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : يَا أُبَيُّ
وَهُوَ يُصَلِّي ، فَالتَفَتَ أُبَيٌّ وَلَمْ يُجِبْهُ ، وَصَلَّى أُبَيٌّ
فَخَفَّفَ ، ثُمَّ انْصَرَفَ إِلَى رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ ، فَقَالَ : السَّلاَمُ عَلَيْكَ يَا رَسُولَ اللهِ ، فَقَالَ رَسُولُ
اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : وَعَلَيْكَ السَّلاَمُ ، مَا مَنَعَكَ
يَا أُبَيُّ أَنْ تُجِيبَنِي إِذْ دَعَوْتُكَ فَقَالَ : يَا رَسُولَ اللهِ إِنِّي
كُنْتُ فِي الصَّلاَةِ ، قَالَ : أَفَلَمْ تَجِدْ فِيمَا أُوحِي إِلَيَّ أَنْ
{اسْتَجِيبُوا لِلَّهِ وَلِلرَّسُولِ إِذَا دَعَاكُمْ لِمَا يُحْيِيكُمْ} قَالَ :
بَلَى وَلاَ أَعُودُ إِنْ شَاءَ اللَّهُ ، قَالَ : تُحِبُّ أَنْ أُعَلِّمَكَ
سُورَةً لَمْ يَنْزِلْ فِي التَّوْرَاةِ وَلاَ فِي الإِنْجِيلِ وَلاَ فِي
الزَّبُورِ وَلاَ فِي الفُرْقَانِ مِثْلُهَا ؟ قَالَ : نَعَمْ يَا رَسُولَ اللهِ ،
قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : كَيْفَ تَقْرَأُ فِي
الصَّلاَةِ ؟ قَالَ : فَقَرَأَ أُمَّ القُرْآنِ ، فَقَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى
اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : وَالَّذِي نَفْسِي بِيَدِهِ مَا أُنْزِلَتْ فِي
التَّوْرَاةِ وَلاَ فِي الْإِنْجِيلِ وَلاَ فِي الزَّبُورِ وَلاَ فِي الفُرْقَانِ
مِثْلُهَا ، وَإِنَّهَا سَبْعٌ مِنَ الْمَثَانِي وَالقُرْآنُ الْعَظِيمُ الَّذِي
أُعْطِيتُهُ. هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ.
“Dari Abu
Hurairah –radhiyallahu ‘anhu- bahwasanya Rasulullah –shallallahu ‘alaihi wa
sallam- keluar menemui Ubai bin Ka’ab, beliau berkata: Wahai Ubai…!, sementara
Ubai sedang shalat dan menengok tanpa menjawab seruan itu, lalu dia
menyegerakan shalatnya kemudian menemui Rasulullah –shallallahu ‘alaihi wa
sallam- dan berkata: Salam untukmu wahai Rasulullah, Rasulullahpun menjawab: wa
‘alaikassalam, apa yang menghalangimu tidak menjawab seruanku wahai Ubai? Ubai
menjawab: Wahai Rasulullah, tadi aku sedang shalat. Rasulullah menjawab:
tidakkah kau temui wahyu yang turun kepadaku (penuhilah seruan Allah dan Rasul
saat menyeru kalian sesuatu yang memberi kalian kehidupan), Ubai berkata: Iya,
aku tak akan mengulanginya lagi In Syaa Allah, Rasulullah bersabda: apakah
engkau suka jika aku beritahu sebuah surat yang tidak turun dalam taurat,
injil, zabur atau furqan, yang semisalnya? Iya wahai Rasulullah, kemudian berkata:
aku berharap engkau tidak keluar dari pintu itu sampai engkau memberitahuku,
maka Rasulullah berdiri dan akupun berdiri bersamanya berbincang denganku dan
tanganku memegang tangannya, dan aku sengaja mengulur waktu, takut beliau
keluar sebelum mengabarkan kepadaku tentang surat itu. saat aku mendekati
pintu, aku berkata: wahai Rasulullah, surat yang engkau janjikan kepadaku?
Beliau bersabda: bagaimana engkau membaca dalam shalat? Maka beliau membaca
Ummu al-Kitab, maka Rasulullah bersabda: demi yang jiwaku ditangannya, tidak
pernah diturunkan ditaurat, injil, zabur dan furqan semisal surat ini, dia
adalah tujuh ayat yang diulang-ulang dan Al-Qur’an yang agung, yang diberikan
kepadaku.” (H.R at-Tirmidziy, beliau berkata: ini hadits hasan shahih)
Surat yang
paling agung, paling utama dan paling baik.
عَنْ أَبِي سَعِيدِ بْنِ
الْمُعَلَّى قَالَ: كُنْتُ أُصَلِّي فِي الْمَسْجِدِ فَدَعَانِي رَسُولُ اللَّهِ
صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَلَمْ أُجِبْهُ فَقُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ
إِنِّي كُنْتُ أُصَلِّي فَقَالَ أَلَمْ يَقُلْ اللَّهُ (اسْتَجِيبُوا لِلَّهِ
وَلِلرَّسُولِ إِذَا دَعَاكُمْ لِمَا يُحْيِيكُمْ ( ثُمَّ قَالَ لِي
لَأُعَلِّمَنَّكَ سُورَةً هِيَ أَعْظَمُ السُّوَرِ فِي الْقُرْآنِ قَبْلَ أَنْ
تَخْرُجَ مِنْ الْمَسْجِدِ ثُمَّ أَخَذَ بِيَدِي فَلَمَّا أَرَادَ أَنْ يَخْرُجَ
قُلْتُ لَهُ أَلَمْ تَقُلْ لَأُعَلِّمَنَّكَ سُورَةً هِيَ أَعْظَمُ سُورَةٍ فِي
الْقُرْآنِ قَالَ الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ هِيَ السَّبْعُ
الْمَثَانِي وَالْقُرْآنُ الْعَظِيمُ الَّذِي أُوتِيتُهُ
“Dari Abu
Said bin al-Mu’alla –radhiyallahu ‘anhu- berkata: aku pernah shalat dimasjid,
lalu Rasulullah –shallallahu ‘alaihi wa sallam- memanggilku namun aku tidak
menjawabnya, aku berkata: wahahi Rasulullah sesungguhnya tadi aku sedang
shalat, beliau berkata: bukankan Allah berfirman (penuhilah seruan Allah dan
Rasul saat menyeru kalian sesuatu yang memberi kalian kehidupan) kemudian
beliau bersabda: aku akan mengajarkan kepadamu sebuah surat yang paling agung
dalam Al-Qur’an sebelum engkau keluar dari masjid, kemudian beliau memegang
tanganku, dan tatkala beliau hendak keluar masjid aku berkata kepadanya:
bukankan engkau berkata aku akan mengajarkanmu sebuah surat yang paling agung
dalam Al-Qur’an, beliau berkata: alhamdulillahi rabbil’âlamîn, ini adalah
sabu’lmatsâniy dan Al-Qur’an yang agung yang didatangkan kepadaku” (H.R Ahmad
dan al-Bukhariy)
عَنْ أَنَسٍ بن مَالِكٍ
قَالَ: كَانَ النَّبِي صَلّىَ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي مَسِيْرٍ لَهُ
فَنَزَلَ وَنَزَلَ رَجَلٌ إِلَى جَانِبِه إِلَيّهِ النبي صلى الله عليه وسلم
فَقَالَ: أَلَا أُخْبِرُكَ بِأَفْضَلِ الْقُرْآنِ قال: فَتَلَا عَلَيْهِ: الحَمْدُ
لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ.
“Dari Anas
bin Malik –radhiyallahu ‘anhu- berkata: dahulu Rasulullah turun dari sebuah
perjalanan, da ada seorang lelaki yang menghampiri Rasulullah dan nabipun
menengok kepadanya lalu bersabda: maukah aku kabarkan kepadamu yang paling
utama dalam Al-Qur’an? Maka Rasulullah –shallallahu ‘alaihi wa sallam- membaca
: alhamdulillahi rabbil’alamin.” (H.R an-Nasa’i dalam kitab Fadhâil Al-Qur’an,
dishahihkan oleh al-Hakim dan Ibnu Hibban)[6]
عَنْ ابْنِ جَابِرٍ قَالَ
انْتَهَيْتُ إِلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَقَدْ
أَهْرَاقَ الْمَاءَ فَقُلْتُ السَّلَامُ عَلَيْكَ يَا رَسُولَ اللَّهِ فَلَمْ
يَرُدَّ عَلَيَّ فَقُلْتُ السَّلَامُ عَلَيْكَ يَا رَسُولَ اللَّهِ فَلَمْ يَرُدَّ
عَلَيَّ فَقُلْتُ السَّلَامُ عَلَيْكَ يَا رَسُولَ اللَّهِ فَلَمْ يَرُدَّ عَلَيَّ
فَانْطَلَقَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَمْشِي وَأَنَا
خَلْفَهُ حَتَّى دَخَلَ عَلَى رَحْلِهِ وَدَخَلْتُ أَنَا الْمَسْجِدَ فَجَلَسْتُ
كَئِيبًا حَزِينًا فَخَرَجَ عَلَيَّ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ قَدْ تَطَهَّرَ فَقَالَ عَلَيْكَ السَّلَامُ وَرَحْمَةُ اللَّهِ
وَعَلَيْكَ السَّلَامُ وَرَحْمَةُ اللَّهِ وَعَلَيْكَ السَّلَامُ وَرَحْمَةُ
اللَّهِ ثُمَّ قَالَ أَلَا أُخْبِرُكَ يَا عَبْدَ اللَّهِ بْنَ جَابِرٍ بِخَيْرِ
سُورَةٍ فِي الْقُرْآنِ قُلْتُ بَلَى يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ اقْرَأْ الْحَمْدُ
لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ حَتَّى تَخْتِمَهَا
“Dari Ibnu
Jabir –radhiyallahu ‘anhu- berkata: aku sampai kepada Rasulullah saat beliau
sedang menuangkan air, aku berkata: assalâmu’alaika ya Rasullah, beliau tidak
menjawabnya, beliau pergi berjalan dan aku dibelakangnya hingga beliau masuk
ketempatnya dan aku masuk masjid duduk dalam keadaan sedih. Lalu Rasulullah
–shallallahu ‘alaihi wa sallam- keluar dan beliau telah bersuci, beliau
bersabda: wa ‘alaikassalam wa rahmatullah , wa ‘alaikassalam wa rahmatullah, wa
‘alaikassalam wa rahmatullah, kemudian beliau bersabda: maukah aku kabarkan
kepadamu sebaik-baik surat dalam Al-Qur’an wahai Abdullah bin Jabir? Aku
berkata: Mau wahai Rasulullah, beliau bersabda: bacalah Alhamdulillahi
rabbil’alamîn sampai selesai.” (H.R Ahmad, al-Baihaqi, ibnu katsir mengatakan
para imam besar berhujjah dengan ini)[7]
Rukun
sahnya shalat dan dianjurkan membaca amin setelahnya.
عَنْ عُبَادَةَ بْنِ
الصَّامِتِ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ لَا
صَلَاةَ لِمَنْ لَمْ يَقْرَأْ بِفَاتِحَةِ الْكِتَابِ
“Dari
‘Ubadah bin Shamit, bahwasanya Rasulullah -shallallahu ‘alaihi wa sallam-
bersabda: tidak –sah- shalat seseorang yang tidak membaca surat Fatihah.” (H.R
al-Bukhariy)
Dalam
hadits lain Rasulullah –shallallahu ‘alaihi wa sallam- bersabda:
مَنْ صَلَّى صَلَاةً
مَكْتُوْبَةً فَلْيَقْرَأْ بِأُمِّ الْقُرْآنِ وَقُرْآنٍ مَعَهَا, فَإِذَا
انْتَهَى إِلَى أُمِّ الْكِتَابِ فَقَدْ أَجْزَأَتْ عَنْهُ وَمَنْ كَانَ مَعَ
اْلِإمَامِ فَلْيَقْرَأْ إِذَا سَكَتَ وَمَنْ صَلَّى صَلَاةً فَلَمْ يَقْرأُ
فِيْهَا فَهِيَ خِدَاجٌ فَهِيَ خِدَاجٌ ثَلَاثَ مَرَّاتٍ.
“Siapa saja
yang shalat wajib maka bacalah ummu Al-Qur’an dan Al-Qur’an bersamanya, jika
dia selesai dari ummu Al-Qur’an maka sudah cukup baginya, dan siapa saja yang
shalat bersama imam maka bacalah saat diam, siapa saja shalat tanpa membacanya
maka shalatnya tidak sempurna, tidak sempurna beliau katakan tiga kali.” (H.R Hakim,
al-Baihaqi, ad-Daruqutniy dll)[8]
Munajat
antara hamba dan Rabbnya.
عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ,
فَإِنِّى سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يَقُولُ قَالَ اللَّهُ
تَعَالَى قَسَمْتُ الصَّلاَةَ بَيْنِى وَبَيْنَ عَبْدِى نِصْفَيْنِ وَلِعَبْدِى
مَا سَأَلَ فَإِذَا قَالَ الْعَبْدُ ( الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ ).
قَالَ اللَّهُ تَعَالَى حَمِدَنِى عَبْدِى وَإِذَا قَالَ (الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ
). قَالَ اللَّهُ تَعَالَى أَثْنَى عَلَىَّ عَبْدِى. وَإِذَا قَالَ (مَالِكِ
يَوْمِ الدِّينِ). قَالَ مَجَّدَنِى عَبْدِى – وَقَالَ مَرَّةً فَوَّضَ إِلَىَّ
عَبْدِى – فَإِذَا قَالَ (إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ ). قَالَ
هَذَا بَيْنِى وَبَيْنَ عَبْدِى وَلِعَبْدِى مَا سَأَلَ. فَإِذَا قَالَ (اهْدِنَا
الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ صِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ
الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلاَ الضَّالِّينَ ). قَالَ هَذَا لِعَبْدِى وَلِعَبْدِى
مَا سَأَلَ.
“Dari Abu
Hurairah –radhiyallahu ‘anhu- bahwasanya aku mendengar Rasulullah –shallahu
‘alaihi wa sallam- bersabda: Allah Ta’âla berfirman: Aku membagi shalat antara
aku dan hambaku dua bagian dan untuk hambaku apa yang dia pinta. Jika seorang
hamba membaca: الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ,
Allah berkata: hambaku telah memujiku, jika seorang hamba membaca الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ, Allah berkata:
hambaku telah menyanjungku, dan saat membaca مَالِكِ
يَوْمِ الدِّينِ, Allah berkata: hambaku telah mengagungkanku, jika seorang
hamba membaca: إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ
نَسْتَعِينُ, Allah berkata: ini batas bagian antara aku dan hambaku, dan
untuk hambaku apa yang dia pinta. Jika seorang hamba membaca
اهْدِنَا الصِّرَاطَ
الْمُسْتَقِيمَ صِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوبِ
عَلَيْهِمْ وَلاَ الضَّالِّين
Allah
berkata: ini untuk hambaku dan untuk hambaku apa yang dia pinta.” (Hadits Qudsi
riwayat Muslim)
Berhasiat
untuk ruqyah, mengobati keracunan, ma’tuh dan segala penyakit.
عَنْ أَبِي سَعِيدٍ
الْخُدْرِيِّ قَالَ كُنَّا فِي مَسِيرٍ لَنَا فَنَزَلْنَا فَجَاءَتْ جَارِيَةٌ
فَقَالَتْ إِنَّ سَيِّدَ الْحَيِّ سَلِيمٌ وَإِنَّ نَفَرَنَا غَيْبٌ فَهَلْ
مِنْكُمْ رَاقٍ فَقَامَ مَعَهَا رَجُلٌ مَا كُنَّا نَأْبُنُهُ بِرُقْيَةٍ
فَرَقَاهُ فَبَرَأَ فَأَمَرَ لَهُ بِثَلَاثِينَ شَاةً وَسَقَانَا لَبَنًا فَلَمَّا
رَجَعَ قُلْنَا لَهُ أَكُنْتَ تُحْسِنُ رُقْيَةً أَوْ كُنْتَ تَرْقِي قَالَ لَا
مَا رَقَيْتُ إِلَّا بِأُمِّ الْكِتَابِ قُلْنَا لَا تُحْدِثُوا شَيْئًا حَتَّى
نَأْتِيَ أَوْ نَسْأَلَ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَلَمَّا
قَدِمْنَا الْمَدِينَةَ ذَكَرْنَاهُ لِلنَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ فَقَالَ وَمَا كَانَ يُدْرِيهِ أَنَّهَا رُقْيَةٌ اقْسِمُوا وَاضْرِبُوا
لِي بِسَهْمٍ.
“Dari Abu
Said al-Khudriy –radhiyallahu ‘anhu- berkata: dahulu saat kami singgah dalam
sebuah perjalanan ada seorang wanita yang berkata: pemimpin kami terkena sengatan,
sementara tidak ada orang disekitar kami. Apakah diantara kalian ada yang bisa
meruqyah? Kemudian berdiri seorang laki-laki yang kami tidak pernah tahu kalau
dia bisa meruqyah, dan pergilah bersama wanita itu meruqyahnya. Dan sembuh,
kemudian memerintahkannya untuk memberi kambing sebanyak 30 ekor dan memberi
minum kami dengan air susu. Saat lelaki tadi kembali, kami berkata kepadanya:
apakah engkau mahir meruqyah atau pernah meruqyah? Dia berkata: tidak, aku
hanya meruqyahnya dengan membaca ummu al-Kitab. Kami berkata: janganlah kalian
melakukan sesuatu sampai kita mendatangi atau bertanya kepada Nabi, saat kami
tiba dimadinah dan menceritakan kejadian ini kepada Rasulullah beliau bersabda:
tidaklah dia mengetahui kalau itu adalah ruqyah, sekarang bagilah dan beri aku
satu bagian.” (H.R al-Bukhariy dan Muslim)
Dalam
riwayat lain Rasulullah –shallahu ‘alaihi wa sallam- bersabda:
فَاتِحَةُ الْكِتَابِ شِفَاءٌ
مِنَ السُّمِ
“Fatihatu
al-Kitab (surat al-Fatihah) adalah obat untuk menawarkan racun”. (H.R
al-Baihaqi, Abu Syaikh)[9]
عَنِ الشَّعْبِيِّ ، عَنْ
خَارِجَةَ بْنِ الصَّلْتِ التَّمِيمِيِّ ، عَنْ عَمِّهِ ، قَالَ : أَقْبَلْنَا
مِنْ عِنْدِ رَسُولِ اللهِ صلى الله عليه وسلم ، فَأَتَيْنَا عَلَى حَيٍّ مِنَ
الْعَرَبِ ، فَقَالُوا : إِنَّا أُنْبِئْنَا أَنَّكُمْ قَدْ جِئْتُمْ مِنْ عِنْدِ
هَذَا الرَّجُلِ بِخَيْرٍ ، فَهَلْ عِنْدَكُمْ مِنْ دَوَاءٍ أَوْ رُقْيَةٍ فَإِنَّ
عِنْدَنَا مَعْتُوهًا فِي الْقُيُودِ ؟ قَالَ : فَقُلْنَا : نَعَمْ قَالَ :
فَجَاءُوا بِمَعْتُوهٍ فِي الْقُيُودِ ، قَالَ : فَقَرَأْتُ عَلَيْهِ فَاتِحَةَ
الْكِتَابِ ثَلاَثَةَ أَيَّامٍ غُدْوَةً ، وَعَشِيَّةً ، كُلَّمَا خَتَمْتُهَا
أَجْمَعُ بُزَاقِي ثُمَّ أَتْفُلُ فَكَأَنَّمَا نَشَطَ مِنْ عِقَالٍ ، قَالَ :
فَأَعْطَوْنِي جُعْلاً ، فَقُلْتُ : لاَ ، حَتَّى أَسْأَلَ رَسُولَ اللهِ صلى الله
عليه وسلم ، فَقَالَ : كُلْ فَلَعَمْرِي مَنْ أَكَلَ بِرُقْيَةِ بَاطِلٍ لَقَدْ
أَكَلْتَ بِرُقْيَةِ حَقٍّ.
“Dari
asy-Sya’biy dari Kharijah binti as-Shalt dari pamannya –radhiyallahu ‘anhu- ,
bahwasanya ia melewati sebuah kaum, kemudian mereka mendatanginya dan berkata:
engkau dari sisi orang ini (Rasulullah) dengan membawa kebaikan, maka obatilah
orang ini untuk kami. Kemudian didtatangkan kepadanya orang gila yang sedang
dalam keadaan terikat. Lalu dia mengobatinya dengan ummu Al-Qur’an selam tiga
hari tiap pagi dan sore. Setiap kali ia menyelesaikan bacaannya, ia
mengumpulkan ludahnya kemudia meludah. Maka orang tersebut seolah-olah terlepas
dari ikatannya –hingga sembuh- lalu mereka memberinya sesuatu. Kemudian paman
Kharijah datang kepada Nabi –shallallahu ‘alaihi wa sallam- dan menceritakan
peristiwa tersebut kepada beliau. Nabi –shallallahu ‘alaihi wa sallam-
bersabda: makanlah, maka orang yang makan dari ruqyah yang batil –dia telah
berdosa- dan sungguh engkau makan dari ruqyah yang hak.” (H.R Abu Dawud dan
Ahmad).
Al-Fatihah
obat untuk seluruh penyakit.
عَنْ عَبْدِ المَلِك بن
عُمَيْر قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عليه وسلم فِي فَاتِحَةِ
الْكِتَابِ شِفَاءٌ مِن كُلِّ دَاءٍ.
“Dari
Abdulmalik bin ‘Umair, berkata: Rasulullah –shallallahu ‘alaihi wa sallam-
bersabda: pada Fatiha al-Kitab terdapat obat untuk segala penyakit.” (H.R
ad-Darimiy dan al-Baihaqi)[10]
Allahu
A’lam
Disusun oleh Imron Rosyid Astawijaya
_________________________________
[1] Lihat: DR. Muhammad bin Rizq bin Thurhûniy, Mausû’ah
Fadhâil Suwar wa Âyât Al-Qur’an, (Dammam KSA: Dâr Ibnu al-Qayyim, Cet. 1409 H)
h. 21- 89, Jilid I.
[2] Lihat: Ibnu Katsir Abu al-Fidâ’ bin Umar bin Katsir
w. 774 H, Tafsîr Al-Qur’an al-‘Adzhim (Riyadh: Dâr Thayyibah, Cet. 2009 M) h.
106, Jilid I.
[3] Naqîdh adalah suara pintu saat dibuka, lihat: Imam
an-Nawawiy Abu Zakariya Yahya bin Syaraf w. 676 H, Syarhu Shahih Muslim (Kairo:
Dâr al-Hadits, Cet. 4 2001 M) h. 352, Jilid 3.
[4] Lihat: Mausû’ah Fadhâil Suwar Âyât Al-Qur’an, h.
24-26.
[5] Lihat: Mausû’ah Fadhâil Suwar Âyât Al-Qur’an, h. 27.
[6] Lihat: Mausû’ah fadhâil Suwar wa Âyât Al-Qur’an, h.
37
[7] Lihat: Mausû’ah Fadhâil Suwar wa Âyât Al-Qur’an,
h.38.
[8] Dengan syawahid yang lain, lihat: Mausû’ah Fadhâil
Suwar wa Âyâti Al-Qur’an, h. 59-61.
[9] Lihat: Mausû’ah Fadhâil Suwar…, h. 81.
[10] Hadits ini dihasankan dengan syawahid, lihat:
Mausû’ah Fadhâil …, h. 86.
1 komentar:
Untuk mempermudah kamu bermain guys www.fanspoker.com menghadirkan 6 permainan hanya dalam 1 ID 1 APLIKASI guys,,,
dimana lagi kalau bukan di www.fanspoker.com
WA : +855964283802 || LINE : +855964283802
Posting Komentar